Home / KKN Mahasiswa / PEMBUKAAN PEMBEKALAN KKN 2021

PEMBUKAAN PEMBEKALAN KKN 2021

 

2021-02-03_112307Direktur Poltekkes Mataram, H. Awan Dramawan, S.Pd.M.Kes membuka dengan resmi Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Mahasiswa Poltekkes Mataram tahun 2021, tepatnya hari ini, Senin, 1 Pebruari 2021, di Gedung Auditorium Poltekkes Mataram Kemenkes RI. Kegiatan yang hendak dilaksanakan pada musim pandemi covid-19 ini tidak menurunkan semangat seluruh peserta mahasiswa KKN, justru kegiatan ini dapat dijadikan sebagai ujung tombak dalam peranannya untuk mensosialisasikan penanganan COVID-19  kepada masyarakat luas yang bertemakan ʺIndonesia Sehat Melalui Layanan Kesehatan Berbasis Gotong Royongʺ yang diambil dan disesuaikan dengan tema Kemenkes RI. Kegiatan KKN yang terstruktur ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kolaborasi yang baik bagi dosen dan mahasiswa sekaligus dapat memberikan kontribusi untuk pemecahan masalah kesehatan yang ada di masyarakat.

2021-02-03_112630KKN kali ini merupakan implementasi Inter Profesional Education (IPE) dan Inter Professional Collaboration (IPC). Inter professional education merupakan suatu proses dimana sekelompok mahasiswa dengan latar belakang profesi kesehatan yang berbeda melakukan pembelajaran bersama dalam periode tertentu, berinteraksi sebagai tujuan yang utama, serta untuk berkolaborasi dalam upaya promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif dan jenis pelayanan kesehatan yang lain. Pada awal tahun 1988 WHO menekankan bahwa apabila profesi kesehatan belajar bersama dan belajar berkolaborasi sebagai mahasiswa, maka mereka cenderung bekerja sama lebih efektif dalam tim atau tugas tertentu. Melalui proses pembelajaran IPE diharapkan berbagai profesi kesehatan dapat menumbuhkan kemampuan antar profesi, dapat merancang hasil pembelajaran yang memberikan kemampuan berkolaborasi, meningkatkan praktik pada masing-masing profesi dengan mengaktifkan setiap profesi untuk meningkatkan praktik agar saling melengkapi. Para profesi kesehatan dapat membentuk suatu aksi secara bersama untuk meningkatkan pelayanan dan memicu perubahan, menerapkan analisis kritis untuk berlatih kolaboratif, meningkatkan hasil untuk individu, keluarga dan masyarakat, menanggapi sepenuhnya kebutuhan klien.

2021-02-03_112408Melalui KKN IPE dan IPC mahasiswa memperoleh pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Secara lebih nyata, KKN IPE dan IPC merupakan media penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat secara sistematis dalam program pemberdayaan masyarakat. KKN IPE dan IPC juga diharapkan menjadi pendorong pengembangan riset terapan secara mutualistik dalam rangka membantu menyelesaikan permasalahan masyarakat.

2021-02-03_112544Pada acara pembukaan ini, Ketua Pelaksana KKN Terpadu Poltekkes Mataram, Wadir I (H. Jubair, SKM., M.Kes) melaporkan seluruh rangkaian rencana kegiatan yang telah, sedang, dan akan dilaksanakan selanjutnya. Haji Jubair (nama akrab) melaporkan dasar hukum, tujuan, bentuk, dan output kegiatan KKN ini. Lebih lengkapnya Haji Jubair menyampaikan bahwa KKN ini bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa untuk berinteraksi, bekerjasama dan bersinergis dalam menyelesaikan masalah dengan berbagai elemen, tataran dan tingkatan instituen, namun karena pelaksanaannya mengambil lokasi di puskesmas dan memerlukan keterlibatan masyarakat maka realisasinya di lapangan harus sekaligus bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di wilayah kerja puskesmas yang bersangkutan. KKN yang dilaksanakan secara terpadu dari semua jurusan di Poltekkes Mataram ini adalah untuk mengintegrasikan kegiatan tri dharma perguruan tinggi dan juga merupakan implementasi pelaksanaan IPE dan IPC di lapangan.

2021-02-03_112444Haji Jubair lebih lanjut menyampaikan bahwa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai maka, KKN Terpadu IPE dan IPC Poltekkes Mataram memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memberikan bantuan tenaga dan pikiran untuk merencanakan serta melaksanakan pembangunan kesehatan, membantu mengubah cara berpikir, bersikap dan bertindak yang lebih meningkat sejalan dengan program pembangunan kesehatan, memperoleh perubahan-perubahan yang diperlukan bagi peningkatan pembangunan kesehatan, dan terbentuknya kader-kader yang akan menjadi penerus pembangunan kesehatan.

2021-02-03_112808Sedangkan sasaran lokasi KKN kali ini jauh lebih luas dibandingkan dengan KKN sebelumnya, yaitu di seluruh Provinsi NTB pada 60 (enam Puluh) puskesmas di Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa dan rencananya akan dilaksanakan sejak acara pelepasan pada tanggal 4 Pebruari sampai dengan 5 Maret 2021.

P2021-02-03_112513ada kesempatan yang sama Haji Awan Dramawan dengan tegas menghimbau agar Seluruh Mahasiswa KKN dan yang terlibat dalam mendukung kegiatan lapangan untuk tetap berhati-hati  dan waspada, tetap mematuhi seluruh protokol kesehatan, tidak menggunakan pakaian dan perhiasan yang menjolok dan berlebihan, serta berupaya untuk memanfaatkan  ATM dan hanya membawa uang seperlunya. (MI).

8069total visits,9visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar