Home / Berita / WORKSHOP RIP DAN PENGABMAS POLKESRAM 2020

WORKSHOP RIP DAN PENGABMAS POLKESRAM 2020

 

Dir1Di dalam rencana pengembangan Poltekkes Kemenkes Mataram sebagaimana tercantum dalam dokumen Rencana Induk Pengembangan (RIP) Tahun 2014-2031 menyebutkan bahwa tahapan kedua yaitu tahun 2020-2025 adalah tahap Penjaminan Mutu Menuju Daya Saing Nasional. Untuk mendukung tercapainya hal tersebut maka dibutuhkan dokumen mutu menuju daya saing nasional, di anataranya seperti kebijakan mutu, manual mutu dan standar mutu dimana salah satunya adalah standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Hingga saat ini, standar penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Poltekkes Kemenkes Mataram telah ada sebanyak 8 (delapan) buah untuk masing-masing dan telah memenuhi Standar Nasional Pendidikan Tinggi sebagaimana amanat Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Namun, jumlah standar ini dirasakan masih perlu untuk ditambah agar dapat mewujudkan tahap berikutnya yaitu tahap ke-2 dalam RIP.

analisRencana Induk Penelitian (RIP) merupakan arahan kebijakan dalam pengelolaan penelitian dalam jangka waktu tertentu. Rencana Induk Penelitian Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Mataram dibuat untuk dapat memberikan arah dan fokus penelitian, baik penelitian – penelitian individual/mandiri/kolaborasi antar jurusan yang dilakukan secara melembaga (direktorat, jurusan, prodi) atau kolaborasi dengan institusi lain seperti Badan Litbangkes RI, Universitas Swasta dan Lembaga pemerintah/ swasta lainnya. RIP ini diharapkan mampu mensinergikan penelitian – penelitian di Poltekkes Kemenkes Mataram agar terjadi kesinambungan, keterkaitan, dan relevansi.

gizi1Lebih lanjut RIP Poltekkes Kemenkes Mataram dipersiapkan guna percepatan arah pengembangan dan pembangunan sumber daya yang mendukung penelitian dan inovasi Ipteks dalam rangka menuju penelitian yang berkelanjutan. Untuk itu, RIP penelitian dan pengabdian kepada masyarakat perlu disesuaikan dengan visi misi Poltekkes Kemenkes Mataram tahun 2018-2022 sebagaimana tercantum dalam Rencana Strategis Poltekkes Kemenkes Mataram Tahun 2020-2024, yaitu “Menjadikan Perguruan Tinggi Kesehatan Vokasi Yang Utama dalam Pengembangan Kompetensi SDM dengan Multidisiplin Ilmu Yang Expert, Inovatif dan Interpreneur, Berdaya Guna dalam Peningkatan Pelayanan Kesehatan dan Penurunan Stunting bagi Masyarakat Sehat, Produktif dan Berkeadilan Tahun 2022. Oleh karena maka RIP dan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat juga harus pula dilakukan revisi dengan menyesuaikan pada visi misi yang baru untuk selalu dapat tetap up to date.

perawatBerdasarkan hal tersebut maka pada tanggal 16-18 Desember 2020 bertempat di Poltekkes Kemenkes Mataram telah diadakan Workshop “Penyusunan Standar Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Yang Unggul, Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2018-2022 dan Monitoring Evaluasi RIP 2014-2020”.  Workshop yang berlangsung di Ruang Auditorium Lantai 2 Polkesram tersebut dihadiri oleh seluruh unsur pengelola di Direktorat maupun di Jurusan serta seluruh koordinator dosen dari masing-masing prodi di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram.

daring2Total keseluruhan peserta sebanyak 75 orang baik melalui tatap muka langsung (luring) maupun secara virtual (daring) khususnya bagi narasumber dan bagi peserta yang berasal dari Bima. Pada Workshop kali ini bertindak sebagai narasumber adalah pakar di berbagai bidang disiplin ilmu di antaranya adalah Prof. DR. Ir. Era Purwanto, M.Eng (Poltek Elektronika Negeri Surabaya), Prof. DR Kusnanto, S.Kp, M.Kes (Universitas Airlangga Surabaya) dan DR Jenny JS Sondakh, S.Si.T, M.Clin.Mid (Poltekkes Kemenkes Malang). Sedangkan tema yang diambil dalam workshop selama 3 hari tersebut adalah “Dengan Dokumen yang Unggul kita Wujudkan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Berdaya Saing Nasional”

daring1Dalam acara pembukaan yang dilaksanakan pada hari Rabu 16 Desember 2020 ketua Panitia (H. Jubair, SKM, M.Kes) menyampaikan bahwa hasil kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi institusi, dosen, dan tenaga kependidikan khususnya dan civitas akademika di Poltekkes Kemenkes Mataram pada umumnya. Sedangkan output dari kegiatan yag dibiayai oleh DIPA Poltekkes Kemenkes Mataram tahun 2020 ini berupa Laporan Workshop Penyusunan Standar Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Yang Unggul, Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2018-2022 dan Monitoring Evaluasi RIP 2014-2029.

dirSelanjutnya dalam sambutan  singkat berupa arahan yang disampaikan Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Drmawan, S.Pd, M.Kes), ditekankan agar seluruh peserta dapat mengikuti WS dengan baik dan terlibat secara aktif dalam workshop ini. Menurutnya penguatan pilar dari tridharma Perguruan Tinggi yaitu Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat harus dilakukan secara maksimal oleh seluruh unsur-unsur yang ada di Polkesram. Sinergi antara dosen, mahasiswa serta stakeholder mutlak diperlukan agar tujuan institusi dapat mudah untuk dicapai dengan tetap berlandaskan pada RIP Penelitian dan Pengabmas yang telah disusun.

bidanPada hari pertama WS materi penting telah disampaikan oleh narasumber yang diharapkan dapat dipergunakan sebagai bekal di dalam menyusun rencana  yang hendak dibuat. Sedangkan pada hari ke dua yaitu pada hari kamis 17 Desember 2020 lebih ditekankan pada kajian masing-masing bidang. Dalam hal ini untuk lebih memfokuskan bidang kajian telah dibentuk kelompok-kelompok kerja dengan didampingi oleh para pakar.

DiskusiUntuk memudahkan proses diskusi kelompok kerja dibagi ke dalam beberapa kelas/room. Di antaranya pada Kelompok I (Room 1) yang membahas tentang RIP Penelitian dan Pengabmas dengan pendamping Prof. DR. Ir. Era Purwanto, M.Erg. Untuk Kelompok II (Room 2) yang membahas tentang  Standar Penelitian dan PKM dengan pendamping Prof. DR. Kusnanto, SKp., M.Kes. Sedangkan bagi Kelompok III yang berada di Room 3 dan membahas tentang Monev RIP Penelitian dan PKM sebagai pendamping adalah Dr. Jenny JS Sondakh, S.Si.T., M.Clin.Mid.

bersamaWorkshop yang masih berlanjut hingga Hari Jumat 18 Desember 2020 ini diharapkan dapat menghasilkan keluaran berupa dokumen dan Laporan Workshop Penyusunan Standar Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Yang Unggul, Rencana Induk Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2018-2022 dan Monitoring Evaluasi RIP 2014-2029 yang dapat dipergunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan penelitian dan Pengabmas di Poltekkes Kemenkes Mataram sesuai harapan bersama. SW

 

4409total visits,4visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar