Home / Berita / International Webinar Kebidanan Poltekkes Mataram

International Webinar Kebidanan Poltekkes Mataram

 

 

1Jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram, kembali mengadakan webinar berskala Internasional,  pada hari Rabu, 30 Maret 2022, Pukul 12.30 Wita, bertempat di hotel Santika Kota Mataram, Lombok, NTB. Kegiatan Webinar Internasional tersebut bertemakan The Role Of Midwives in The Future in Facing Global Challenges

2Kegiatan webinar internasional ini dapat meningkatkan kemampuan profesi bidan khususnya, melalui berbagi kegiatan atau peluang dalam upaya meningkatkan pengetahuan secara global, terkait berbagai isu terkini mengenai  pendidikan, keilmuan, pelayanan kebidanan dan keterampilan di masa depan. “Midwifery has an important contribution to make to high quality maternal and newborn care and subsequent reductions in maternal and newborn mortality” dengan pernyataan WHO tersebut memberikan pandangan bahwa bidan memiliki konstribusi yang penting terhadap kesehatan ibu dan anak, sehingga bidan diaharpan mampu meningkatkan kompetensinya dalam mempersiapkan diri  menghadapi tantangan global.

3Webinar international di awali oleh pembukaan acara  yang dipandu oleh MC kami yakni Nina Zalfa Khairunisa, STr,Keb dengan apik menyampaikan teknis acara webinar kepada partisipan, MC kali ini merupakan alumni dari Jurusan Kebidanan serta putri kampus Poltekkes Kemenkes Mataram. Acara pertama diawali  oleh sambutan bapak direktur Poltekkes Kemenkes Mataram, yaitu bapak Awan Dramawan, S.Pd., M.Kes. Beliau sekaligus membuka acara  webinar ini secara resmi, beliau menyampaikan ucapan syukur dan terimakasih kepada panitia penyelenggara webinar internasional yaitu Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram yang telah secara apik mempersiapkan acara, sekaligus mengucapakan terimakasih dan selamat datang untuk para narasumber atas perkenanya menyampaikan ilmu serta pengalamanannya untuk meningkatkan keilmuan khususnya untuk para bidan serta mahasiswa kebidanan dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan dan kesempatan dalam pelaksanaan pendidikan, keilmuan, pelayanan kebidanan dan keterampilan kebidanan di masa depan secara global.

4okAcara Webinar International pada hari ini, terbagi menjadi dua sesi, dimana sesi pertama dipandu oleh moderator pertama yakni ibu Ni Putu Ari Pirgayanti beliau merupakan dosen bahasa dan budaya Indonesia Universitas Sofia, Bulgaria. Beliau menjelaskan secara apik kepada para narasumber terkait ketentuan penyampaian materi , Sesi satu webinar international ini, diisi oleh 3 pemateri kita yang berasal dari luar negeri, dimana pemateri pertama yakni mengenai Global Experts in Primary Reproductive Health yang dibawakan oleh Dr. Zoe Bradfield beliau adalah lecturer school of nursing, midwifery, and paramedicine and the Vice President of the Australian College of Midwives, the peak body for Midwifery in Australia. Selesai penyampaian materi moderator menyimpulkan dan membuka sesi tanya jawab yang di sambut pertanyaan dari para partisipan di kolom chat zoom.  Pemateri ke dua menyampaikan materi tentang The power of birth, the power of midwives yang dibawakan oleh Dr. Claire Feeley beliau adalah Midwife, Lecturer and researcher at King’s College London collaborate with the University of Centre of Implementation Science, Centre for Healthcare Innovative Research, and WHO; collaborate consultancy for ICM and advocate, selanjutnya  moderator menyimpulkan dan membuka sesi tanya jawab dengan atusias partisipan yang luar biasa dari berbagai daerah di Indonesia. Selanjutnya, memasuki pemateri ketiga, materi yang disampaiakn mengenai Safe practice in midwifery care yang dibawakan oleh Dr. Zainab Hj. Mohd Shafie dimana beliau adalah Head of Nursing School at University Sultan Zainal Abidin;President of Malaysian Nursing Counsil Public Institution of Higher Learning. Diakhir sesi moderator menyimpulkan keseluruhan materi yang telah disampaikan dan tentu saja diakhiri juga dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan tersebut diambil dari peserta yang bertanya melalui live chat zoom dan youtube serta google form pertanyaan yang telah disiapkan panitia.

5Selanjutnya sesi kedua dipandu oleh moderator kedua yaitu ibu Dr. Sudarmi, SST.,M.Biomed beliau adalah dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram, pematerinya adalah berasal dari dalam negeri yakni dari Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram. Pemateri pertama pada sesi kedua yaitu Ibu Syajaratuddur Faiqah, S.Si.T., M.Kes. Beliau adalah Ketua dan dosen Jurusan Kebidanan, pada kesempatan kali ini beliau membawakan materi tentang Role of midwives in monitoring of growth and development of child . Selanjutnya pemateri terakhir pada kegiatan Webinar International ini diakhiri oleh Ibu Iin Rumintang,SST., M.Keb dengan Materi  “Role of midvies to improve breastfeeding  in Covid-19 pandemic. beliau adalah Kepala Prodi Sarjana Terapan Kebidanan sekaligus dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram. Bu Ude’ sapaan akrab dari moderator kedua ini, sekaligus mengakhiri  sesi kedua dengan kegiatan diskusi dengan para partisipan yang sangat antusias.

6Jumlah peserta Webinar International  yang diselenggarakan oeleh Jurusan Kebidanan Ini, yang teregistrasi sebanyak 1031 pendaftar dari berbagai daerah baik didalam maupun luar negeri. Dimana pada saat pelaksanaan menggunakan media zoom yaitu 300 peserta dan mencapai 731 tayangan pada youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=sgAK1mfN6Vk

7Pelaksanaan webinar International Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram ini, telah terselenggara dengan lancar. Keberhasilan kegiatan ini tidak terlepas dari kerja keras para panitia penyelenggara, kerjasama antara Ibu/Bapak Dosen dari Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram bersama IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Pusat, Organisasi mahasiswi Jurusan Kebidanan ( HMJ, HIMA Prodi DIII dan STr,Keb ), serta seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Mataram. Dengan terselenggaranya acara Webinar ini, Jurusan kami berharap semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan profesi bidan pada khususnya.

8Kegiatan webinar Internasional ditutup dengan promosi pelaksanaan BIAS (Bulan Ilmiah dan Aksi Seni) 2022 tingkat Internasional yang diselenggarakan oleh Organisasi Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram (HMJ, HIMA Prodi DIII dan STr,Keb), menyelenggarakan berbagai mata lomba diantaranya Fotografi, puisi. Video anak kreatif, poster,essay, video edukasi, senam kreasi dan olimpiade midwivery. Kegiatan BIAS Internasional ditujukan untuk seluruh kalangan baik mahasiswa kebidanan, pelajar tingkat dasar maupun tingkat atas, institusi kesehatan dan masyarakat umum dapat ikut berpartisipasi, informasi lebih lanjut dapat dilihat pada youtube hmjkebidanan dan Instagram: hmjkebidananmtr, himad3kebidanan dan himad4bidan. INTERNATIONAL BIAS, JOIN US “Exploring Your Skill”,. (FA)

 

407total visits,1visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar