Home / Kegiatan Jurusan / BIAS JURUSAN KEBIDANAN

BIAS JURUSAN KEBIDANAN

 

Gambar1Salah satu even terbesar yang diselenggarakan setiap tahun oleh  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Himpunan Mahasiswa Prodi (HIMA) D3 dan D4 Kebidanan Politeknik Kesehatan Mataram adalah diselenggarakannya  kegiatan Bulan Ilmiah dan Aksi Seni (BIAS) Tingkat Nasional. Pelaksanaan BIAS yang bertemakan “Mewujudkan Prestasi, Meningkatkan Kompetensi dan Tetap Berkreasi Dalam Seni Di Era Covid 19” di tahun ini, sekalipun masih dalam situasi Pandemi Covid 19 namun tidak mengurungkan semangat Organisasi Kemahasiswaan Jurusan Kebidanan untuk tetap melaksanakan even skala Nasional tersebut. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu SDM, menumbuhkan rasa solidaritas terhadap sesama bagi  mahasiswa dan masyarakat Indonesia, mewadahi minat bakat remaja agar dapat disalurkan dengan benar, menjadi ajang aktualisasi positif bagi pelajar, dan terutama adalah untuk memperkenalkan kampus Poltekkes Kemenkes Mataram khususnya Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram kepadai seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.

Gambar2Kegiatan BIAS Tingkat Nasional  adalah sebuah pagelaran kreatifitas mahasiswa yang memadukan antara berbagai unsur kesenian dan unsur  pendidikan dalam sebuah pagelaran yang menghibur. Kegiatan BIAS Tingkat Nasional ini dilaksanakan selama lebih dari 5 bulan (3 Agustus hingga 30 Desember 2020). Panitia Penyelanggara BIAS Tingkat Nasional pada tahun ini diketuai oleh Islawati yang merupakan mahasiswa tingkat III Prodi DIII Kebidanan dan merupakan salah satu Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan. Rangkaian acara BIAS Jurusan Kebidanan Tingkat Nasional dimulai sejak acara pembukaan pada tanggal 3 Agustus 2020 yang bertempat di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram.

Pembukaan BIAS dilaksanakan secara daring (Online) dengan diawali dengan sambutan pembukaan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd.,M.Kes). Selanjutnya disampaikan sambutan Ketua Jurusan Kebidanan (Syajaratuddur Faiqah, S.SiT.,M.Kes). Kegiatan pembukaan tersebut dapat dilihat (streaming) di Chanel Yotube  https://youtu.be/sUdawIbYpsg.

flyerTerdapat 8 (delapan) mata lomba yang dipertandingkan dalam kegiatan BIAS tahun ini di antaranya : Lomba Fotografi Se Indonesia untuk Pelajar, Mahasiswa dan Umum se Indonesia dengan Juri (Ari Khusuma, S.Si., M.Biomed dan Sandi Canggih Swasana, S.Kep. Ns). Berikutnya ada Lomba Puisi Se Indonesia untuk Siswa SMA dan Mahasiswa se Indonesia dengan juri (Ermin Johan, S.Pd dan Erien Luthfia, M.Keb), Lomba Tik-Tok Se dengan Juri Ni Nengah Arini Murni, SST., M.Kes dan Hj Yuni Widiastuti, SST, Lomba Essay untuk Pelajar SMA dan Mahasiswa/I Se Indonesia dengan Juri Intan Gumilang Pratiwi, M.Keb dan I Gusti Ayu Putu Sri Wahyuni, SST., MPH. Lomba berikutnya berupa Lomba Poster untuk Umum, SMA/SMK/MA/sederajat/Mahasiswa dengan Juri Syajaratuddur Faiqah, S.SiT., M.Kes dan Imtihanatun Najahah, SST., M.Kes, Lomba Senam Kreasi untuk Kelompok Senam Pelajar/Mahasiswa/Umum Se Indonesia dengan Juri Dewi Puspa Ariyanti, S.Keb., Bd, Lomba Video Anak Kreatif untuk seluruh Anak  Indonesia dengan Juri Ni Putu Dian Ayu A , SST., M.Tr.Keb dan Ni Nyoman Yuniari, SST.,Keb serta Lomba Midwifery Olympiad untuk Mahasiswa Jurusan Kebidanan Se Indonesia dengan Juri Mutiara Rachmawati Suseno, M.Keb dan Fitra Arsy Nur Cory’ah, SST., M.Keb.

Lomba yang pertama kali diadakan yaitu lomba Essay yang diselenggarakan pada tanggal 4 Agustus 2020 hingga 12 Oktober 2020 dan melalui daring. Lomba ini diikuti oleh 10 tim yaitu 1 tim yang merupakan perwakilan dari Poltekkes RS dr.Soepraoen, 5 tim perwakilan dari STIKES Hamzar Lombok Timur, 1 tim dari Universitas Airlangga, 1 tim dari Poltekkes Kemenkes Mataram, 1 tim dari Universitas Ahmad Dahlan dan 1 tim perwakilan dari Universitas Bhakti Kencana. Selanjutnya pada tanggal 5 Agustus 2020 hingga 5 September 2020, diadakan Lomba Poster yang diselenggarakan melalui daring dan diikuti oleh 8 orang peserta yaitu 3 peserta yang merupakan perwakilan dari STIKES Hamzar Lombok Timur, 1 peserta dari Poltekkes Kemenkes Mataram, 1 peserta dari Universitas Bhakti Kencana, 2 peserta dari Universitas Muhammadiyah Mataram, dan 1 peserta perwakilan dari SMKN 3 Mataram.

Pada tanggal 06 Agustus 2020 hingga 24 September 2020 masih dalam rangkaian BIAS, diadakan Lomba  puisi melalui daring. Lomba ini diikuti oleh 18 orang peserta dengan perincian 4 orang perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Mataram, 6 orang dari Poltekkes Malang, 1 orang dari Institut Teknologi Sains Malang, 1 orang dari Poltekkes Surabaya, 5 orang dari STIKES Hamzar Lombok Timur, dan 1 orang perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Mataram.

zoomSelanjutnya masih dalam rangkaian kegiatan yang sama pada tanggal 7 Agustus 2020 hingga 16 Oktober 2020, diadakan Lomba Tik Tok yang dilakukan secara daring melalui media sosial. Lomba  diikuti oleh 8 tim di antaranya 2 tim perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Malang, 4 tim dari Stikes Hamzar Lombok Timur, 1 tim perwakilan dari Universitas Bhakti Kencana PSDKU Mataram, dan 1 tim perwakilan dari Universitas Muhammadiyah Mataram. Lomba berikutnya adalah lomba video anak kreatif, namun dalam omba video anak kreatif ini hanya diikuti oleh 1 peserta yang berasal dari Sleman dan dilaksanakan pada tanggal 08 Agustus 2020 hingga 05 Oktober 2020.

Lomba berikutnya berupa lomba Senam Kreasi yang diselenggarakan pada tanggal 9 Agustus 2020 hingga 9 September 2020. Lomba ini diikuti oleh 5 tim dengan perincian 3 tim perwakilan dari STIKES Hamzar Lombok Timur, 1 tim dari Poltekkes Palembang dan 1 tim perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Mataram. Pada tanggal 10 Agustus 2020 hingga 1 Oktober 2020 masih dalam rangkaian BIAS, diadakan Lomba Midwifery Olympiad melalui daring. Lomba ini diikuti oleh 10 tim dari perwakilan insitusi dengan perincian 1 tim perwakilan dari Poltekkes RS dr.Soepraon, 5 tim dari STIKES Hamzar Lombok Timur, 1 tim dari Universitas Airlangga, 1 tim  dari Poltekkes Kemenkes Mataram, 1 tim dari Universitas Ahmad Dahlan, dan 1 tim perwakilan dari Universitas Bhakti Kencana.

Lomba berikutnya adalah Lomba Fotografi yang diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 2020 hingga 13 Oktober 2020. Lomba ini diikuti oleh 7 orang peserta dari perwakilan insitusi dengan perincian 1 orang peserta perwakilan dari Politeknik Kemenkes Mataram, 5 orang peserta dari STIKES Hamzar Lombok Timur dan 1 orang peserta perwakilan dari  Poltekkes RS dr. Soepraoen Kesdam V/ Brawijaya. Panitia mempromosikan kegiatan lomba ke beberapa  institusi kesehatan maupun non kesehatan serta sekolah-sekolah Se Indonesia. Selain itu dari bagian humas juga mempromosikan melalui media sosial, sehingga banyak dari kalangan mahasiswa, pelajar dan umum yang berminat untuk mengikuti lomba-lomba tersebut. Hasil lomba dalam rangka BIAS diumumkan pada tanggal 30 Desember 2020 melalui daring (Zoom Meeting).

 DirPenutupan BIAS Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring dan daring (zoom) pada hari Rabu, 30 Desember 2020, pada pukul 09.30 WITA, Kegiatan luring dilaksanakan di Kampus B (Jurusan Kebidanan) Poltekkes Kemenkes Mataram yang dihadiri oleh Direktur Politeknik Kesehatan Mataram (Awan Dramawan S.pd. M.Kes), Ketua Jurusan Kebidanan (Syajaratuddur Faiqah, S.Si.T.,M.Kes), Kaprodi DIII Kebidanan (Ati Sulianty, SST.,M.Kes), Kaprodi DIV Kebidanan (Imtihanatun Najahah, SST.,M.Kes), Kaprodi Profesi Bidan (Bq.Iin Rumintang, SST.,M.Keb), Sekjur Kebidanan (Bq.Yuni Fitri Hamidyanti, S.Si.T,M.Keb), Koordinator Kemahasiswaan Prodi DIV Kebidanan (Fitra Arsy Nur Cory’ah, SST.,M.Keb) dan Prodi DIII Kebidanan (Yuniari, SST.,Keb), Para Dewan Juri, Dosen Jurusan Kebidanan serta  tamu undangan lainnya. Pelaksanaan secara daring (Via Zoom Meeting) dihadiri pula oleh Wadir III (Cembun, A.Per.Pen.,MPH), Para Ketua jurusan, Koordinator Kemahasiswaan dilingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram, Para Dosen Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram, Poltekkes Kemenkes RS dr. Soepraoen Malang, Poltekkes Kemenkes Palembang, Poltekkes RS DR. Soepraoean Kesdam V/ Brawijaya Malang, Poltekkes Kemenkes Jakarta 3, Poltekkes Kemenkes Surabaya, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, Poltekkes Kemenkes Malang, Institut Teknologi Sains dan Kesehatan dr. Soepraoean Malang, Stikes Hamzar Lombok Timur, Universitas Airlangga, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Bhakti Kencana Mataram, Universitas Muhammadiyah Mataram, Sekolah Tinggi Kesehatan Sleman Yogyakarta, STIKES Karya Husada Kediri, SMK 3 Mataram, serta perwakilan dari masing-masing organisasi kemahasiswaan, BEM, HMJ Analis Kesehatan, Gizi dan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mataram dan Para Mahasiswa Jurusan Kebidanan. Peserta yang hadir secara daring yaitu sebanyak 81 orang dan 18 orang panitia BIAS.

Acara penutupan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes Mataram yang dipandu oleh MC Madarina Fildza Amalia (Mahasiswa Prodi DIV Kebidanan Tingkat IV), selanjutnya pembacaan Do’a oleh Wahyuni Hasanah (mahasiswi Prodi D III Kebidanan tingkat II).  Acara selanjutnya berupa pengumuman lomba-lomba yang disampaikan oleh Ketua Jurusan Kebidanan (Syajaratuddur Faiqah, S,Si.T.,M.Kes) Poltekkes Kemenkes Mataram.

juara lombaPeserta lomba yang berhak mendapatkan juara antara lain Lomba Essay : Juara 1 Stikes Hamzar Lombok Timur (Surini, Rina gusnani, dan Ihlasin Mukinin), Juara 2 Universitas Airlangga (Farihatuz Zakiyah, Siti Khotijah, dan Aurellia Cahya Maharani) dan Juara 3 Poltekkes RS. Dr. Soepraoen (Safila Cahaya Restia, dan Ayu Maslukha Amali). Untuk Lomba Poster : Juara 1 Stikes Hamzar Lombok Timur (Widayana Pratiwi), Juara 2 Poltekkes Kemenkes Mataram (Dila Soviana), Juara 3 Stikes Hamzar Lombok Timur (Anggi hidayat). Pada Lomba Puisi untuk Juara adalah 1 Poltekkes Kemenkes Surabaya (Lailatul Mutammamah), Juara II Poltekkes Kemenkes Malang (Vira Nabila), Juara III Stikes Hamzar Lombok Timur (Paikah Ulandari). Juara Lomba Tiktok : Juara 1 Poltekkes Kemenkes Malang (Khozainatul Ilma, Brilliant Karunia Ramadani, Arvia Belina Yuniyanti), Juara 2 Stikes hamzar Lombok Timur (Yuliati Astuti, Fitriani, Sundusiah, Mita Wardani dan Nurhaera S ), Juara 3 Stikes Hamzar Lombok Timur (Harindah, Deniyanto Kusuma, Paikah Wlandari).

Selanjutnya untuk Lomba Video Kreatif : Sleman Yogyakarta (Abdurrahman Zufar). Untuk Lomba Midwifery Olimpiad : Juara 1 Poltekkes Kemenkes Surabaya (Bilqis Nur Mustofa, Fanni Noor Arafanti, dan Tiassholina Nuarika Rahayu), Juara 2 Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Aghniya Misty Mufidah, Ismi Nuraini, Nurul Afni Octavian), Juara 3 Poltekkes Kemenkes Mataram (Wafa Rahmasari, Nurul Izatulaini, dan Ida Royani), Fotografi : Juara 1 Stikes Hamzar Lombok Timur (Domanilah Ali Hida), Juara 2 Poltekkes Kemenkes Mataram (Ahmad Hulaipi Ma’sum), Juara 3 : Poltekkes RS dr. Soepraoen Kesdam V/ Brawijaya (Roro Febita Salsabila), Senam Kreasi : Juara 1 GNL Poltekkes Kemenkes Palembang (Decky Zulkarnain, Aldi Putra Dinata, Ramadhanti,  Amelia Ramadhona, R.A Putriramanoza), Juara 2 Nursing Squad Stikes Hamzar Lombok Timur (Harniwati, Mardiana, Dian Susilawati, Harindah, Diniyati Nurmala Sari, Nuriftahir Vatiani), Juara 3: Tegining Squad Poltekkes Kemenkes Mataram (Baiq Nurmala Wulandari, Dini Dwi Rahayu, Susi Susanti, Baiq Nadia Nizan, dan Baiq nurdiana).

bersamaAcara selanjutnya  berupa sambutan sekaligus arahan dalam rangka penutupan kegiatan BIAS Tingkat Nasional Tahun 2020 dengan ketukan sebanyak 3 kali oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (Awan Dramawan, S.Pd.,M.Kes). Direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini menyampaikan dengan bangga dan sangat mengapresiasi kegiatan BIAS Tingkat Nasional yang dilaksanakan oleh Jurusan Kebidanan dapat dilaksanakan sebagai bagian dari ajang promosi Poltekkes Kemenkes Mataram terutama di masa pandemic Covid-19 seperti saat ini. Selain itu Pak Dir (sapaan akrabnya..) berharap bahwa kegiatan serupa dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dan dimasukan dalam anggaran Poltekkes Kemenkes Mataram dalam upaya pengembangan kegiatan kemahasiswaan dengan melibatkan BEM (Badan Esekutif Mahasiswa) serta organisasi kemahasiswaan lainnya di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram. Seusai arahan direktur kemudian dilanjutkan dengan penampilan video karya dan juara lomba BIAS Tingkat Nasional 2020. Mengakhiri acara  kegiatan BIAS dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Kegiatan Penutupan BIAS selengkapnya dapat dilihat melalui media Youtube dengan link https://youtu.be/WnEvmPKCQFc .

Semoga Pandemi Covid 19 segera berakhir dan kita berharap agar BIAS Tingkat Nasional Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram ini dapat dilaksanakan lebih baik lagi di tahun mendatang, serta para peserta diseluruh Indonesia dapat secara langsung datang mengikuti mata lomba yang dipertandingkan, sehingga dapat dilanjutkan peserta dapat mengikuti kegiatan tour destinasi wisata di Pulau Lombok dalam rangka meningkatkan silaturahmi institusi kesehatan khususnya kebidanan di seluruh Indonesia dan membentuk Ikatan Mahasiswa Bidan Seluruh Indonesia dengan program utama BIAS yang dilaksanakan secara bergilir pada setiap provinsi disetiap tahunnya. (Fitra Arsy,  Isla, dan Eka). SW

2284total visits,2visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar