Guna kelancaran pelaksanaan Kurikulum Program Pendidikan Diploma IV Gizi perlu dipersiapkan dokumen pendukung seperti Garis Besar Program Pengajaran (GBPP), silabus, Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (RPP), Pedoman Implementasi (PI), Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi (PPK) dan Pedoman Praktek Kerja Lapangan (PKL).
Sesuai hasil Round Table Discussion (RTD) Penyusunan Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi (PPK) di Denpasar Bali pada tanggal 19 s.d. 21 Maret 2014, telah ditetapkan bahwa Penyusunan Draft Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi (PPK) dilakukan dalam 3 tahapan sesuai dengan bidang kajian (Gizi Klinik, Gizi Masyarakat, Gizi Institusi dan Umum) yaitu tahap 1 oleh Jurusan Gizi (Poltekkes Malang), tahap 2 oleh Jurusan Gizi (Poltekkes Mataram) dan tahap 3 oleh Jurusan Gizi (Poltekkes Denpasar).
Sehubungan dengan hal tersebut tanggal 9 – 11 Juni 2014 dilaksanakan kegiatan Round Table Discussion (RTD) untuk penyusunan Pedoman Penilaian Pencapaian Kompetensi (PPK). Pembukaan acara diselenggarakan di Aula lantai II Poltekkes kemenkes Mataram dan dibuka oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes). Dalam sambutan pembukaannya Direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini menyampaikan bahwa secara regional kewilayahan Poltekkes Malang, Denpasar dan Mataram ini begitu dekat sehingga perlu dibangun jejaring untuk mengembangkan Poltekkes tersebut secara bersama-sama dan terpadu. Ditekankan pula bahwa output dari kegiatan ini agar dapat dipergunakn sebagai acuan di dalam melaksanakan kegiatan khususnya di Program Studi D IV Gizi.
Selanjutnya menurut Ketua Jurusan Gizi ( I Ketut Swirya Jaya, SKM, M.Erg) bahwa pertemuan lanjutan ini dimkasudkan untuk mengkompilasi draft PPK yang telah disusun oleh masing-masing jurusan gizi yang ditugaskan sehingga akan diperoleh draft PPK untuk Program Pendidikan Diploma IV Gizi yang utuh dan lengkap. Menurut Ketua Jurusan yang juga sekaligus sebagai Ketua panitia kegiatan ini bahwa hasil yang diharapkan adalah diperolehnya kesepahaman tentang:
- Mekanisme penyelenggaraan PPK meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, pelaporan, dan pemberian sertifikat pencapaian kompetensi
- Teknis operasional PPK (kompetensi yang diuji, penguji, tempat, waktu, biaya, tata cara pengujian, tata cara penilaian, hasil akhir penilaian
- Instrumen atau formulir PPK yang diperlukan
Narasumber RTD berasal dari Forum Komunikasi Jurusan Gizi Malang, Denpasar dan Mataram. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan adalah Pembantu Direktur I Bidang Akademik Poltekkes Kemenkes Mataram, Ketua Jurusan Gizi, Ketua Prodi D-IV Gizi dan Ketua Prodi D-III Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram, Perwakilan dari Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Malang, perwakilan dari Jurusan Gizi Denpasar, Sekretaris Jurusan Gizi, Sekretaris Prodi D-IV Gizi dan Prodi D-III Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram dan Dosen Prodi D-IV Gizi dan Prodi D-III Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram.
Kegiatan diisi dengan diskusi sesuai kelompok A, B dan C dan presentasi dilakukan setiap kelompok apabila pembahasan di tingkat kelompok telah selesai. Khusus untuk kelompok C yang membahas dan menyusun tentang instrumen penilaian dibutuhkan kecermatan dan upaya yang cukup melelahkan mengingat begitu banyaknya form-form penilaian yang diperlukan. Di akhir acara dilakukan pemaparan Rencana Tindak Lanjut (RTL) agar output yang dihasilkan akan dapat segera dipergunakan khususnya bagi Poltekkes yang telah terlebih dahulu menerima D IV Gizi seperti untuk Jurusan Gizi Poltekkes Yogyakarta dan Poltekkes Jakarta II. Selain itu diharapkan agar hasil yang didapatkan segera dapat di SK-kan oleh pusat agar aspek legalitas dari pedoman ini dapat terpenuhi. (SW)
Tinggalkan komentar