Home / Berita / Yudisium 2020

Yudisium 2020

 

bersama 1Sebagai salah satu rangkaian akhir dari pelaksanaan Pengalaman Belajar Mengajar (PBM) di semester genap maka pada hari Rabu,19 Agustus 2020 telah diadakan acara Yudisium bagi para mahasiswa di Poltekkes Kemenkes Mataram. Acara yang dilaksanakan di aula Lantai II Direktorat Poltekkes Kampus A Dasan Cermen ini dihadiri oleh Direktur, Pudir I dan III, Kasubag, Kajur, Ka Prodi D3 mupun D4, dosen serta seluruh mahasiswa yang akan diwisuda tahun ini.

 

undanganAcara yudisium pada periode ini dilaksanakan terpusat di Direktorat Poltekkes  pada hari ini tanggal 19 Agustus 2020 pukul 08.00 s.d selesai ini memang terasa berbeda dengan tahun tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan situasi pandemik serta saat ini menuju kehidupan new normal yang tidak diperbolehkannya berkumpul dalam jumlah banyak. Hal ini sesuai dengan protokol Covid 19 di mana pemberlakukan larangan berkumpul dan pengaturan jarak menjadi salah satu yang harus diperhatikan, sehingga pelaksanaan kegiatan dimaksud melalui metode dalam jaringan (daring) dengan menggunakan aplikasi Zoom.

moderatorAcara yang merupakan kegiatan rutin tahunan bagi Polkesram tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 hingga 11.00 WITA.  Setelah dibuka oleh pembawa acara (Hj. Yuni Widiastuti, SST) acara dilanjutkan dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes Mataram yang dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh H Moh Arip, SKP, M.Kes.

wadir 1Selanjutnya sambutan pertama berupa laporan pendidikan yang disampaikan oleh Wadir 1 Bidang Akademik (H. Jubair, SKM, M.Kes). Dalam laporannya Wadir yang berlatar belakang bidang ilmu keperawatan ini menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Keputusan Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram Nomor : PP.09.01/1.1/2860/2020 tanggal 04 Agustus 2020, jumlah peserta didik yang diyudisium adalah sebanyak 450 orang lulusan dari program studi Diploma III Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Analis Kesehatan termasuk Program Recognisi Pembelajaran Lampau, dan sebanyak 256 orang lulusan dari Program Studi Diploma IV Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Mataram.

Doa pesertaDitambahkan Wadir yang berasal dari Bima ini bahwa sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, disebutkan bahwa salah satu fungsi Pendidikan Tinggi adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Maka lulusan yang di yudisium ini  merupakan  salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Mataram kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama Institusi Ini dalam menghasilkan lulusan yang menguasai cabang Ilmu Pengetahuan,sikap dan keterampilan untuk memenuhi kepentingan nasional.

peserta 1Masih sesuai Surat Keputusan Direktur Nomor : PP.09.01/1.1/2860/2020 tersebut tentang Penetapan Kelulusan Peserta Ujian Akhir Program Mahasiswa Politeknik Kesehatan Mataram Jurusan Keperawatan Program Studi Diploma III Keperawatan Mataram,, Program Studi Diploma III Keperawatan Program RPL dan Program Studi DIV Keperawatan Mataram, Program Studi DIII Keperawatan Bima dan Program Studi DIV Keperawatan Bima.

peserta 2Selanjutnya Jurusan Kebidanan Program Studi Diploma III Kebidanan,, Program Studi Diploma III Kebidanan Program RPL dan Program Studi DIV Kebidanan. Untuk  Jurusan Gizi terdiri dari Program Studi Diploma III Gizi, Program RPL dan Program Studi DIV Gizi dan Dietetik. Sementara untuk Jurusan Analis Kesehatan  terdiri dari Proram Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis, Program Studi Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Program RPL dan Program Studi DIV Teknologi Laboratorium Medis. Telah diputuskan bahwa nama yang tercantum pada keputusan yang dibacakan ini di nyatakan lulus dan berhak untuk diyudisium.

pejabatPada kesempatan dibacakan jumlah lulusan dari masing-masing Prodi baik D 3  maupun D4 dan prodi Profesi.  Dibacakan pula prosentase kelulusan dan nilai IPK tertinggi maupun terrendah dari masing-masing Prodi . Selengkapnya perincian untuk Mahasiswa D3 sebagai berikut ;

D3

Sedangkan perincian untuk Prodi D4 maupun profesi dapat dilihat pada tabel berikut :

d4

direkturSambutan berikutnya berupa arahan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes). Dalam arahannya Direktur atas nama  seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Mataram mengucapkan   selamat   kepada   para   mahasiswa yang diyudisium hari ini atas keberhasilannya menyelesaikan studi pada institusi tercinta ini. Kepada seluruh tenaga pendidik dan kependidikan di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram serta kepada orang tua dan seluruh keluarga mahasiswa juga diucapkan terimakasih sebesar-besarnya, karena atas kerja keras dan kerja cerdas selama ini dalam melaksanakan tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang pendidikan dan pengajaran hingga anak-anak kita berhasil menyelesaikan studinya dan diyudisium pada hari yang berbahagia ini.

serah perawatDalam kesempatan ini P Haji Awan (demikian akrab disapa) menyampaikan tentang pengelolan institusi dan proses PBM yang telah ditempuh oleh mahasiswa sehingga sampai pada tahap akhir program dan sebentar lagi akan segera dilakukannya wisuda. Dalam kesempatan ini Direktur yang menjabat di periode ke II ini meminta maaf atas nama para dosen dan staf apabila selama mengikuti PBM di Poltekkes terdapat hal-hal yang membuat mahasiswa kecewa atau merasa tidak nyaman belajar. Beliau berpesan agar hal-hal yang baik yang didapatkan di Poltekkes agar dapat dilanjutkan suatu saat kelak apabila telah mulai bekerja.

kajur GiziSeusai sambutan direktur kegiatan yudisium dilanjutkan ke Jurusan masing-masing dengan acara pembacaan nama-nama mahasiswa dan rangking di Jurusan maupun Prodi yang ada di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram. Selamat  bagi para juara dan calon wisudawan serta maju terus Poltekkes Kemenkes Mataram…!!! SW

1465total visits,2visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar