Home / Berita / WS Penyusunan Manuskrip dan Laporan Akhir

WS Penyusunan Manuskrip dan Laporan Akhir

 

bersamaUnit Penelitian Poltekkes Kemenkes Mataram adalah unit di bawah Ka Pusat Penelitian dan Pengabmas yang bertanggungjawab atas pengelolaan dan peningkatan riset yang dilakukan oleh sivitas akademika Poltekkes Kemenkes Mataram. Salah  satu indikator penunjang kinerja riset yang terus ditingkatkan oleh unit penelitian adalah pengelolaan jurnal ilmiah dengan meningkatkan kapasistas dosen maupun instruktur di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram dalam bentuk kegiatan workshop (WS).

perawat bersamaBerkaitan dengan hal tersebut dan sesuai dengan visi Poltekkes Mataram yaitu Menjadi perguruan tinggi kesehatan vokasi yang utama untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang expert, inovatif, entrepreneur dan berdaya guna maka pada tanggal 18-21 Desember 2019  Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Mataram melakukan kegiatan workshop (WS) penyusunan Laporan akhir penelitian dan manuskrip publikasi ilmiah ke jurnal internasional terindeks, internasional bereputasi dan jurnal nasional terakreditasi. Peserta dari WS adalah dosen, calon dosen dan tenaga kependidikan bagi dosen fungsional dan dosen non fungsional di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram berjumlah 102 orang.

bidan bersamaKegiatan workshop penyusunan Laporan akhir penelitian dan manuskrip publikasi ilmiah ke jurnal di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram yang dilaksanakan pada tanggal 18-21 Desember 2019 ini merupakan hal penting untuk menciptakan inovasi serta memenuhi tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial budaya khususnya di bidang kesehatan guna meningkatkan pembangunan kesehatan berkelanjutan pada tingkat lokal, maupun nasional. WS ini dianggap cukup penting untuk menciptakan inovasi serta memenuhi tuntutan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan sosial budaya khususnya di bidang kesehatan guna meningkatkan pembangunan kesehatan berkelanjutan pada tingkat lokal, maupun nasional. Kegiatan workshop ini memberi kesempatan kepada dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram untuk meningkatkan kompetensi riset dan publikasi hasil risetnya agar mampu berkiprah dan mendapatkan pengakuan pada tataran nasional dan internasional serta menerapkan hasil riset di masyarakat.

wadirTampak hadir dalam pembukaan workshop antara lain Direktur, Wadir, Ka subag, Ka. Pusat, Kajur, Sekjur, Kaprodi seluruh dosen fungsional dan non fungsional di setiap Jurusan. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara (MC), menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa yang dipimpin oleh H. Moh Arip, S.Kp, M.Kes. Acara selanjutnya berupa laporan ketua Panitia (H. Jubair, SKM, M.Kes). Dalam laporan singkatnya Wadir yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini menguraikan bahwa tujuan dari kegiatan WS adalah terciptanya iklim budaya ilmiah yang dinamis di lingkungan Poltekkes Kemenkes sebagai center of excellent yang inovatif dan produktif sesuai dengan kebutuhan pasar (industri atau stakeholder terkait) dalam kerangka kemitraan dengan institusi lain di dalam maupun luar negeri. Selain itu tujuan WS juga untuk meningkatkan kualitas laporan hasil penelitian dan naskah publikasi hasil penelitian dosen fungsional dan non fungsional di lingkungan Politeknik Kesehatan Mataram baik dari segi substansi, metodologi, dan aturan penulisan yang sesuai dengan Pedoman Penelitian Poltekkes Kemenkes Mataram.

bidanMasih menurut  Wadir yang berasal dari Bima ini bahwa Indikator keluaran WS berupa jumlah naskah publikasi yang siap publish dosen Poltekkes Kemenkes Mataram yang telah mengikuti pelaksanaan workshop. Sedangkan narasumber WS terdiri atas 3 orang pakar di bidangnya yaitu yang pertama adalah pakar dari Prodi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Sebelas Maret (Prof. Bhisma Murti, dr, MPH., MSc., PhD.), yang kedua pakar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI (DR. Dumilah Ayuningtyas, Dra., MARS) dan yang ketiga adalah pakar dari Jurusan Akupunktur Poltekes Kemenkes Surakarta (DR. Hanung Prasetya, A.Md. Akp. S.Kp., S.Psi., Msi.)  Untuk pembiayaan kegiatan WS berasal dari DIPA Poltekkes Kemenkes Mataram Kemenkes RI tahun 2019.  Nomor : SP DIPA.024.12.2.632270/2019, tanggal 05 Desember 2018.

profSambutan berikutnya adalah dari salah satu narasumber yang dalam hal ini diwakili oleh Prof Bhisma Murti. Dalam pengantarnya pakar dalam bidang epidemiologi dan metode penelitian kesehatan ini menegaskan bahwa publikasi merupakan salah satu tindak lanjut dari kegiatan tridarma perguruan tinggi yaitu penelitian. Menurut Guru besar dari UNS Surakarta ini suatu penelitian tidak akan memiliki arti atau makna jika tidak dipublikasikan ke media yang ada. Saat ini seiring dengan kemajuan teknologi publikasi terutama jurnal internasional wajib (mutlak) untuk dipublikasi di jurnal yang memiliki versi online menggunakan Online Journal System (OJS). Dalam hal ini kelemahan dari para dosen sekaligus peneliti yang merupakan dosen di Poltekkes Mataram dianggap masih memiliki kelemahan di dalam kemampuan mempublikasikan ke dalam jurnal yang berreputasi.

direkturSambutan berikutnya berupa arahan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes). Dalam arahannya Direktur yang memasuki masa jabatan periode ke dua ini menekankan agar peserta WS dapat mengikutinya dengan serius dan sungguh-sungguh, karena selain telah menggunakan biaya yang cukup besar dari Poltekkes Kemenkes Mataram narasumber yang dihadirkan merupakan nama-nama besar yang profesional dan sangat berkompeten dalam pengelolaan Jurnal. Oleh karena itu seluruh peserta diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan untuk diskusi dan berinteraksi dengan narasumber. “ Hasil kegiatan yang dilaksanakan dan didanai dari DIPA Poltekkes Mataram ini diharapkan dapat bermanfaat untuk institusi, dosen, mahasiswa, masyarakat ilmiah dan masyarakat umum”, pungkasnya.

perawatSebelum sesi istirahat (coffee break), para narasumber berkenan foto bersama dengan seluruh peserta WS sesuai jurusan masing-masing. Seusai istirahat sejenak maka dilanjutkan dengan penyampaian materi dari  narasumber dari Workshop dan masih akan dilanjutkan dengan materi-materi lain pada hari kedua dan ketiga kegiatan WS. Semoga kegiatan workshop Penyusunan laporan akhir dan manuskrip publikasi ilmiah ke Jurnal ini mampu memberikan hasil maupun manfaat yang maksimal bagi seluruh peserta terutama para dosen demi kemajuan Poltekkes tercinta… (SW)

1141total visits,5visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar