Home / Berita / Workshop Peninjauan Kurikulum 2019

Workshop Peninjauan Kurikulum 2019

 

narasumberBerdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dinyatakan bahwa penyusunan kurikulum adalah hak perguruan tinggi namun haruslah tetap mengacu kepada standar nasional (Pasal 35 ayat 1). Dengan diterbitkannya SK Menristekdikti No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Perguruan Tinggi dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi serta Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang KKNI mendorong semua perguruan tinggi untuk menyesuaikan diri dengan ketentuan tersebut.

pesertaKurikulum program studi di Poltekkes Kemenkes Mataram telah mengadopsi peraturan-peraturan yang ada sesuai KKNI,  namun karena kurikulum setiap program studi tersebut rata-rata telah berusia lebih dari 3 tahun serta perlu diadakan perubahan kurikulum sebagai tanggapan terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal need), serta kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder need), maka perlu dilakukan peninjauan kembali atau redesign kurikulum agar lulusan yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna lulusan.

Oleh karena itu Poltekkes Kemenkes Mataram melakukan workshop peninjauan kurikulum program studi secara serentak bagi semua program studi yang dikelola Poltekkes Kemenkes Mataram pada tahun 2019 untuk menjawab tuntutan kurikulum yang selalu dinamis pada tanggal 2-4 Mei  2019. Workshop yang melibatkan seluruh unsur pimpinan di Poltekkes dan perwakilan stakeholder ini bertempat di Hotel Puri Saron, Jalan Raya Senggigi Lombok Barat.

OPTampak hadir dalam pembukaan workshop adalah Direktur, Pudir, Kajur, Ka subag, Ka. Pusat, Ka Prodi, Ka. Unit di lingkungan Poltekkes, perwakilan Organisasi Profesi (OP) dan perwakilan alumni dari setiap jurusan. Sebagai narasumber utama pada workshop kali ini berjumlah 2 (dua) orang yaitu dr. Liliana Sugiharto, MS. PAK (Kemenristek Dikti) dan Zaeni Dahlan, SST, MPH (Pusdik Badan PPSDM Kesehatan kemenkes RI). Workshop Peninjauan Kurikulum  Tahun 2019 ini dilaksanakan berdasarkan SK Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram Nomor : PP.03.01/1.1/1658/2019 Tanggal 27 Maret  2019

wadir 1Setelah pembukaan acara oleh MC, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes serta doa, acara dilanjutkan dengan laporan ketua panitia. Dalam laporan singkatnya ketua panitia (H. Jubair, SKM, M.Kes) menyampaikan tujuan umum diadakannya kegiatan adalah agar dapat melaksanakan redesign kurikulum dengan capaian pembelajaran lulusan sesuai dengan tuntutan pengguna lulusan serta perkembangan ilmu dan keahlian. Sedangkan tujuan khusus yang pertama adalah melakukan peninjauan kurikulum program studi dengan merumuskan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), Menyusun Rancangan Pembelajaran Semester setiap mata kuliah dan Penyusunan matakuliah / pemetaan dalam struktur kurikulum program studi.Sementara tujuan khusus yang kedua adalah terbentuknya pedoman monitoring dan evaluasi kurikulum di setiap Prodi di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram.

DestiMasih menurut ketua panitia yang sekaligus Wadir I bidang Adinistrasi Akademik ini  peserta yang mengikuti workshop ini sebanyak 75 orang terdiri dari Pudir (I dan III), para Ketua Jurusan dan sekretaris Jurusan (Analis, Gizi, Perawat, Bidan), Ketua Program Studi (D3 dan D4), Kasubag ADAK dan ADUM, Ka Pusat, Ka. Unit, Koordinator administrasi akademik, penelitian, pengabmas dan Sub UPM di setiap Prodi, koordinator dosen, perwakilan OP, perwakilan alumni dan perwakilan BEM di Poltekkes Kemenkes Mataram Sedangkan sumber pembiayaan berasal dari DIPA Poltekkes Mataram Tahun 2019.

arif“Penyelenggaraan workshop ini diharapkan agar semua civitas akademika di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram dapat lebih memahami dan mampu mengaplikasikan kurikulum di masing-masing prodi yang telah disusun berupa Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) dan Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK),  Rancangan Pembelajaran Semester setiap mata kuliah dan Penyusunan matakuliah / pemetaan dalam struktur kurikulum program studi. Selanjutnya tersusun pula pedoman monitoring dan evaluasi kurikulum di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram”, pungkasnya.

direkturSambutan yang kedua sekaligus arahan disampaikan oleh Direktur Poltekkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes). Dalam sambutannya Direktur yang telah menjabat di periode kedua kepemimpinannya ini mengatakan bahwa strategi penyusunan CPL harus dibuat di setiap Prodi dan diharapkan terjadi standarisasi capaian pembelajaran pada prodi yang sama. Upaya inilah yang harus diupayakan agar terjadi akselerasi Poltekkes Kemenkes Mataram mengacu pada visi dan misinya. Bahkan menurut pria berkumis tebal ini di anggaran untuk penyelenggaraan pengembangan kurikulum ini cukup besar. Namun sayangnya serapan anggaran di Poltekkes kurang maksimal sehingga untuk total anggaran tahun lalu saja (2018) terjadi pengembalian keuangan ke negara lagi hampir mencapai 14 M. Oleh karena itu menurut direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini ada kekhawatiran bahwa animo masyarakat untuk memilih Poltekkes Mataram menurun jika para pengelola dan dosen tidak menyikapinya dengan cara yang bijak.

IswariSetelah sesi istirahat (break time), maka dilanjutkan dengan penyampaian materi dari  narasumber yang diawali dengan Materi I tentang  “Kebijakan Kementerian Kesehatan dalam hal Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tenaga Kesehatan” oleh Bapak Zaeni Dahlan, SST, MPH. Workshop masih akan dilanjutkan dengan materi ke II dan materi-materi lain pada hari kedua dan ketiga yang disampaikan oleh dr. Liliana Soegiharto, MS, PAK dari Kemenristek Dikti. Semoga kegiatan workshop Pengembangan Kurikulum ini dapat berjalan lancar dan mampu memberikan hasil maupun manfaat yang maksimal bagi seluruh peserta sebagaimana yang diharapkan. (SW)

dr LiliBahan bahan dari materi WS Peninjauan Kurikulum 2019 dapat diunduh pada link (No. 1 s/d 7) di bawah ini. Anda dapat menayangkan saja (streaming) dan dapat pula mendownload (unduh) pada link berwarna merah di bawah ini. Anda dapat menggeser (drag) pada tombol kotak panjang di bawah atau di samping tampilan dan memanfaatkan panel +/- untuk memperbesar atau memperkecil tampilan.

  1. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi

Download (PDF, 3.03MB)

2. Evaluasi Implementasi Kurikulum

Download (PDF, 1.17MB)

3. RPS Poltekkes Kemenkes Mataram

Download (PDF, 1.33MB)

4. Panduan Penyusunan Kurikulum PT 2016

Download (PDF, 7.43MB)

5. Permenristekdikti No 44 tahun 2015 SNPT

Download (PDF, 265KB)

6. Paparan Ka. Pusdik SDMK Kemenkes RI

Download (PPT, 3.4MB)

7. RPS Terbaru KPT 2016

Download (DOCX, 41KB)

 

7724total visits,6visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar