Home / Berita / Workshop Pengelolaan E-Journal

Workshop Pengelolaan E-Journal

 

bersama 2Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Mataram adalah Unit di bawah Ka Pusat Penelitian dan Pengabmas yang bertanggungjawab atas pengelolaan dan peningkatan riset yang dilakukan oleh sivitas akademika Poltekkes Kemenkes Mataram. Salah  satu indikator penunjang kinerja riset yang terus ditingkatkan oleh unit penelitian adalah pengelolaan jurnal ilmiah. Berkaitan dengan hal tersebut dan sesuai dengan visi Poltekkes Mataram yaitu “Menjadi perguruan tinggi kesehatan vokasi yang utama untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang expert, inovatif, entrepreneur dan berdaya guna” maka pada tanggal 29-31 Oktober 2019  Unit Penelitian Poltekkes Kemenkes Mataram melakukan kegiatan workshop Pengelolaan Jurnal Elektronik (E-Journal) bagi para pengelola jurnal di lingkup Poltekkes Kemenkes Mataram dengan tema “Pengembangan E-Journal dalam rangka Peningkatan Kualitas Jurnal Elektronik”. Workshop yang diselenggarakan selama 3   hari ini mengikutsertakan seluruh pengelola jurnal baik yang ada di Poltekkes maupun di jurusan.

yunanKegiatan Workshop diselenggarakan di ruang rapat Direktorat lantai I Poltekkes Kemenkes Mataram. Tampak hadir dalam pembukaan workshop antara lain Wadir II (sekaligus sebagai pejabat Direktur) dan Wadir III, Ka subag, Ka. Pusat, Kajur, serta pengelola jurnal di Jurusan. Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara (MC), pembacaan doa dan sambutan sekaligus arahan dari Direktur Poltekkes Mataram.

rusminiSambutan berikutnya berupa laporan Ketua Panitia Workshop (Ka Pusat Penelitian dan Pengabmas). Dalam laporannya Ketua panitia menguraikan bahwa kegiatan pengembangan E-Journal dalam rangka peningkatan kualitas jurnal elektronik ini dikelola oleh pihak ketiga yaitu PT. Kreasi Teknologi Informasi Kreatif. Saat ini tercatat ada 6 jurnal ilmiah yang terbit di Poltekkes Kemenkes Mataram. Dari kelima jurnal tersebut terdiri dari ; Jurnal Kesehatan Prima (Status Akreditasi SINTA 3), Jurnal Analis Medika Bio Sains / JAMBS (Status Akreditasi SINTA 5), Jurnal Gizi Prima (Status Akreditasi SINTA 5), Jurnal Keperawatan Terpadu (Belum terakreditasi), Jurnal Midwifery Update (Belum terakreditasi) dan Jurnal Pengabmas Kesehatan Sasambo (masih dalam proses pengembangan).

prosesMasih menurut Ka. Pusat yang berlatar belakang disiplin ilmu analis kesehatan ini Unit Penelitian akan terus berupaya agar seluruh jurnal yang ada di Poltekkes Mataram dan telah terakreditasi mampu menaikkan peringkat SINTA dan menuju indeksasi berreputasi menengah (DOAJ, CINAHL, EBSCO dan ICI). Sedangkan  jurnal yang belum terakreditasi  harus segera dapat meraih akreditasi dari DIKTI dan jurnal pengabmas “Sasambo” yang saat ini dalam tahap pengembangan mampu terbit secara regular untuk persiapan proses akreditasi dua tahun terbitan.

peserta1Sebagai akreditor nasional, DIKTI telah menyepakati adanya satu instrumen akreditasi jurnal ilmiah yaitu mulai tahun 2016 jurnal ilmiah yang berhak mengikuti seleksi akreditasi hanyalah jurnal dengan pengelolaan berbasis elektronik (e-journal). Ada banyak sistem untuk mengelola jurnal elektronik namun satu yang dianjurkan oleh DIKTI dan Google Schoolar adalah sistem jurnal terbuka (open journal system/OJS). OJS adalah sistem pengelolaan jurnal non lisensi dan dikembangkan sendiri oleh komunitas pengelola jurnal di seluruh dunia.

bersama1Tahapan kegiatan lanjut Ketua panitia WS, antara lain yang pertama adalah dengan memetakan potensi jurnal di lingkup institusi dipetakan menjadi beberapa kategori dan dilanjutkan dengan tahapan kedua yaitu pengelolaan manajemen penerbitan naskah jurnal menggunakan OJS dan praktek sebagai penulis, reviewer dan editor. Untuk tahap ketiga berupa Tracking dan review manuscript pada portal jurnal menggunakan OJS dan tahapan terakhir (keempat) adalah memperbaiki informasi pada jurnal untuk keperluan akreditasi jurnal. “ Hasil kegiatan yang dilaksanakan secara swakelola dan didanai dari DIPA Poltekkes Mataram ini diharapkan dapat bermanfaat untuk Institusi, dosen, mahasiswa, masyarakat Ilmiah dan masyarakat umum” pungkasnya.

narasumberSetelah sesi istirahat (coffee break), maka dilanjutkan dengan penyampaian materi dari  narasumber dari Workshop dan masih akan dilanjutkan dengan materi-materi lain pada hari kedua dan ketiga kegiatan WS. Semoga kegiatan workshop Pengelolaan E-journal ini mampu memberikan hasil maupun manfaat yang maksimal bagi seluruh peserta terutama pengelola jurnal demi kemajuan Poltekkes tercinta… (SW)

2828total visits,8visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar