Beranda / Berita / Workshop OJS 2017

Workshop OJS 2017

Pada hari ini diadaphoto 1kan workshop Open Journal System Di Politeknik Kesehatan Mataram Kemenkes RI dengan tema Akselerasi Mutu Publikasi ilmiah dosen pada journal Internasional dan pengelolaa journal menuju open journal system. Acara di mulai oleh sambutan dari Bapak P Setiawan SKM.,M.Psi dan Sambutan oleh Direktur Poltekkes H. Awan Dramawan dan laporan kegiatan dari Ibu  Aladhiana Cahyaningrum.,AGK.,SP.,M.Kes .

Riset dan publikasi ilmiah merupakan salah satu elemen penting dalam menjalankan fungsi tridharma perguruan tinggi, dimana hasil riset ilmiah di perguruan tinggi harus dipublikasikan, sehingga riset tersebut memiliki makna lebih dan memberikan sumbangan bagi penyebaran ilmu pengetahuan.

Dismaping itu, dosen semakin besar tuntutannya untuk aktif menulis di journal ilmiah, baik di tingkat nasional terakreditasi maupun journal internasional bereputasi.

Merunjuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.17 tahun 2013 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.92 tahun 2014 bahwa kenaikan jabatan akademik dosen mewajibkan untuk publikasi pada journal ilmiah nasional terakreditasi dan journal internasional bereputasi di bidangnya. Kebijakan ini memberikan suatu arah agar publikasi ilmiah jabatan fungsional dosen Indonesia harus ditingkatkan.photo 2

Sejalan dengan adanya tuntutan publikasi ilmiah kepada seluruh dosen yang ada di Indonesia melalui Permenristek Dikti No.20 tahun 2017 tentang pemberian tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan professor, di mana Peraturan menteri ini mengamanatkan bahwa, publikasi ilmiah merupakan salah satu indicator untuk melakukan evaluasi terhadap pemberian tunjangan profesi dosen dan tunjangan kehormatan professor, maka dibutuhkan jurnal on-line untuk menampung kebutuhan tersebut terutama bagi para dosen.

Dan dalam hal ini, Politeknik Kesehatan Mataram sebagai suatu perguruan tinggi turut bertanggung jawab dalam upaya memenuhi kebutuhan dosennya hal ini mengingat masih rendahnya jumlah hasil penelitian dosen yang bisa diterbitkan dalam jurnal Internasional, dan pengelolaan jurnal di Poltekkes mataram masih menggunakan cara manula dengan terbitan jurnal berkala ilmiah yang masih cetak.

Maksud dan tujuan workshop ini adalah untuk membangkitkan motivasi pentingnya publikasi ilmiah dan meningkatkan kemapuan dosen dalam menulis manuskrip artikel dan hasil penelitian yang bisa diterbitkan dalam jurnal internasional, serta memberikan petunjuk dalam menembus publikasi pada journal internasional bereputasi sehingga dengan demikian dapat mempercepat publikasi artikel ilmiah dosen pada journal bereputasi internasional yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas produk intelektual publikasi penelitian ke taraf internasional. Melalui workshop ini juga di harapkan dapat terlaksananya pengelolaan dan penerbitan journal berbasis elektronik(e journal) melalui Open Journal Sytem (OJS) yang merupakan sebuah content manajemen system yang dikhususnya untuk pengelolaan journal dan penerbitan yang dapat dioperasikan secara fkelsibel, dimana OJS dirancang unruk menghepat waktu dan energy yang digunakan dalama menyelesaikan administrasi dan manajerial yang berhubungan dengan proses editorial.

photo 3Workshop dilaksanakan selama 3 hari mulai hari Senin, 18 s.d 20 September 2017 betrempat di Auditorium Politrknik Kesehatan Mataram,  Jl. Praburangkasari Dasan Cermen Sandubaya Mataram. Narasumber sebanyak 3 orang, yaitu Bapak Setiawan SKM.,M.Psi dai Politeknik Kesehatan Surabaya, Bapak Zainul Arifin, STP dari Prima Cipta Teknologi Malang dan Bpak DR. Ir. Era Purwanto , M.Erg. dari Politeknik Elektro Negeri ITS dan Moderator BApak DR. Andi Misbah Uddin MAppanyompa, ST.MT dari UNRAM.Jumlah Peserta workshop sebanyak 65 orang terdiri dari Pudir , Kasubag, Kajur, Kaprodi, Dosen Peneliti dan Pengelola Penelitian di Direktorat dan Jurusan. Adaun sumber dana penyelegraan workshop sepenunya berasal dari DIPA Poltekkes Mataram tahun 2017.

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar