Home / Berita / Wisuda Poltekkes 2020

Wisuda Poltekkes 2020

 

senat semua2Agenda tahunan Poltekkes Kemenkes Mataram sebagaimana tahun-tahun sebelumnya adalah Rapat Senat Terbuka dengan acara tunggal wisuda lulusan Poltekkes Semester Genap TA 2019/2020. Sangat berbeda dari tahun sebelumnya yang selalu dilaksanakan secara langsung, seiring dengan situasi pendemic covid 19 yang belum sepenuhnya pulih maka kegiatan wisuda tahun 2020 ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi daring (Zoom).

jalanAcara yang digelar pada Hari Selasa, 27 Oktober 2020 ini bertempat di Auditorium Poltekkes kemenkes Mataram yang diikuti secara langsung oleh senat, perwakilan mahasiswa yang diwisuda dan rohaniwan serta beberapa tamu undangan dalam jumlah amat terbatas dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Selain senat, acara yang diikuti sebanyak 706 wisudawan/wisudawati secara virtual (daring) ini sedianya akan dihadiri oleh Sekretaris Badan PPSDMK Kemenkes RI (dr. Trisa Wahyuni Putri, M.Kes). Namun mengingat ada kegiatan bersamaan di Badan PPSDMK  berupa Pengukuhan 2 orang Profesor dari Poltekkes Surabaya dan Poltekkes Semarang maka pejabat untuk mewisuda dan angkat sumpah lulusan diwakilkan kepada Direktur Polkesram.

wadir1Acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WITA ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta, Hymne Poltekkes Kemenkes Mataram dan dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes) yang sekaligus menjabat sebagai ketua senat. Dalam laporan pendidikan yang disampaikan oleh Wadir I Bidang Akademik (H. Jubair, SKM, M.Kes)  diuraikan bahwa Berdasarkan Surat Keputusan Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram Nomor : PP.09.01/1.1/2860/2020 tanggal 04 Agustus 2020, jumlah peserta didik diwisuda pada hari ini sebanyak 450 orang lulusan dari program studi Diploma III Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Analis Kesehatan termasuk Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Sedangkan mahasiswa yang diwisuda untuk Program Sarjana Terapan Kesehatan adalah sebanyak 256 orang lulusan dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Mataram. Perincian wisudawan yang berasal dari Prodi D3 maupun D4 (Sarjana Terapan Kesehatan) dapat dilihat pada tabel berikut.

Jumlah wisuda d3

jumlah wisuda d4Tanda Tangan

Dengan telah diwisudanya sebanyak 706 orang wisudawan tersebut maka Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Mataram hingga saat ini telah menghasilkan lulusan sebanyak 9.129 orang yang telah bekerja terutama di berbagai bidang pelayanan kesehatan (RS, Puskesmas, Klinik) maupun non kesehatan  yang tersebar baik di dalam maupun di luar negeri. Mahasiswa yang telah diwisuda saat ini dan akan diambil sumpahnya sebagai tenaga kesehatan adalah  mereka yang telah dinyatakan lulus mengikuti pendidikan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram karena telah lulus mengikuti semua yang dipersyaratkan baik berupa teori di kelas, praktek di laboratorium, praktek klinik di rumah sakit, di puskesmas dan praktek di desa maupun masyarakat.

Pada kesempatan ini dibacakan pula  mahasiswa terbaik dan berprestasi dari setiap prodi yang ada di Poltekkes Kemenkes Mataram. Nama-nama mahasiswa berikut nilai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) mahasiswa dimaksud dapat dilihat pada tabel berikut.

JUARA WISUDA

pembukaan1Sambutan berikutnya berupa arahan Ka. Badan PPSDMK Kemenkes RI yang dalam hal ini diwakili Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes). Sesuai dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, disebutkan bahwa salah satu fungsi Pendidikan Tinggi adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu lulusan yang diwisuda ini  menurut direktur yang menduduki jabatan di periode kedua ini merupakan  salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Mataram kepada bangsa dan negara, dan sekaligus merupakan wujud karya utama institusi dalam menghasilkan lulusan yang menguasai pengetahuan,sikap dan keterampilan dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat.

undanganPada kesempatan ini  disampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan-pimpinan institusi yang telah mengizinkan institusi yang dipimpinnya sebagai lahan praktek mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram yang disertai dengan bantuan tenaga instruktur atau pembimbing praktek dan tenaga dosen tidak tetap. Kerja sama yang terjalin dan telah berlangsung dengan baik selama ini dapat dilanjutkan terus pada masa-masa yang akan datang. Bagi civitas akademika Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram lanjutnya, tantangan di masa yang akan datang adalah bagaimana menjadikan lembaga pendidikan satu-satunya perguruan tinggi kesehatan milik Kemenkes RI di Prov. NTB ini dapat menghasilkan lulusan yang profesional, mandiri dan mampu bersaing dalam pasar lokal, nasional, regional bahkan internasional.

gembiraPerwakilan pejabat dari Kemenkes yang juga adalah Direktur Polkesram tersebut memaklumi bahwa banyak keinginan dari para wisudawan untuk dapat hadir langsung di lokasi acara, dan wisuda diupayakan untuk bisa secara offline (langsung). Namun berbagai upaya perizinan yang dilakukan tidak mendapatkan rekomendasi dari Pemerintah Daerah Prov NTB selaku Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid 19 sehingga melalui Sekda Prov NTB direkomendasikan untuk pelaksanaan wisuda harus dilakukan secara virtual (daring). Dengan penuh rasa bangga pada kesempatan wisuda kali ini Pak Dir (demikian biasa disapa..) memperkenalkan 5 orang Doktor (lulusan S3) yang dimiliki Poltekkes Kemenkes Mataram yang berasal dari Jurusan Gizi dan Kebidanan masing-masing satu orang dan 3 orang doktor berasal dari Jurusan Analis Kesehatan.

ilhamSambutan berikutnya berupa kesan dan pesan dari perwakilan wisudawan yang kali ini dari Jurusan Keperawatan Mataram (Ilham Suryanata, S.Tr,. Kep.). Dalam pesan singkatnya alumni D4 keperawatan ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada civitas akademika, orang tua dan para sahabat. Besar harapan disampaikan mahasiswa yang merupakan perwakilan wisudawan Agama Islam ini agar dibuka seluas-luasnya formasi bagi para lulusan diploma kesehatan khususnya Poltekkes Kemenkes Mataram untuk dapat mendarmabaktikan ilmu dan kerampilan yang telah didapatkan dari institusi ini. Menurutnya, perjuangan belumlah selesai  justu kita memasuki awal kehidupan baru yang sesungguhnya. “Siapkan diri untuk menghadapi masa depan dan kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk menggapai cita-cita yang pada akhirnya akan menjadi kebanggaan bagi almamater tercinta”, pungkasnya.

ITSetelah ditutup dengan doa yang dipimpin oleh rohaniwan Agama Islam, acara diakhiri dengan ketukan palu Direktur selaku Ketua senat dan pada pukul 13.00 WITA acarapun berakhir. Bagi senat dan panitia wisudawan selanjutnya melakukan ramah tamah dengan keluarga masing-masing. Walaupun sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan prosesi wisuda kali ini.

IT AAda satu hal yang barangkali dilupakan bahwa peran tenaga IT di dalam mendukung suksesnya acara  yang harus dilakukan secara virtual ini merupakan hal yang tidak bisa dinafikan begitu saja. Di bawah koordinasi Iswari Pauzi, SKM, M.Kes tim IT bekerja cukup cekatan mengantisipasi hal-hal yang mungkin mengganggu jalannya prosesi virtual tersebut, sehingga acarapun sukses digelar hingga usai tanpa hambatan berarti. Maju terus Polkesram serta selamat dan sukses bagi para wisudawan/wisudawati Poltekkes 2020.. Kiprahmu ditunggu…. SW

2582total visits,1visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar