Beranda / Berita / Wisuda Poltekkes 2012

Wisuda Poltekkes 2012

Agenda tahunan Poltekkes Kemenkes Mataram sebagaimana tahun-tahun sebelumnya adalah Rapat Senat Terbuka dengan acara tunggal wisuda lulusan Poltekkes Semester Genap TA 2011/2012. Agak sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang selalu dilaksanakan 2 kali dalam setahun, pada tahun 2012 ini kegiatan wisuda dilaksanakan hanya satu kali. Acara yang digelar pada Hari sabtu, 15 September 2012 ini bertempat di Hotel Lombok Raya Jalan Panca Usaha Mataram. Aacara yang telah diikuti sebanyak 363 wisudawan/wisduwati ini dihadiri langsung oleh Kepala Pusat Standardisasi, Sertifikasi dan Pendidikan Berkelanjutan Badan PPSDM Kesehatan kemenkes RI (drg. Oscar Primadi, MPH) dan seluruh sivitas akademika Poltekkes.

Acara yang dimulai tepat pukul 09.00 WITA ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mengheningkan Cipta dan dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (Hj. Siti Wathaniah, S.Pd, M.Biomed) yang sekaligus sebagai ketua senat. Dalam laporan pendidikan yang disampaikannya Direktur yang berlatar belakang pendidikan kebidanan ini  menguraikan bahwa wisudawan/i kali ini berjumlah 363 orang yang berasal dari  lulusan D III Reguler yang terdiri dari Jurusan/Prodi Keperawatan Mataram dan Bima, Kebidanan Mataram, Gizi dan Jurusan Analis Kesehatan yang berjumlah    242 orang. Selanjutnya yang berasal dari D III Progsus Kebidanan Kab. Lombok Timur yang berjumlah 50 orang dan Prodi D IV (Keperawatan Gawat Darurat dan Bidan Klinik) berjumlah 70. Sampai dengan tahun 2011 tambahnya, lulusan Poltekkes berjumlah 3.523 orang yang apabila ditambah dengan lulusan tahun 2012 ini yang berjumlah 363 orang, sehingga sampai dengan saat ini seluruh lulusan Poltekkes Kemenkes Mataram berjumlah 3.886 orang.

 

Mereka yang telah diwisuda saat ini dan dilantik sebagai tenaga kesehatan adalah  mereka yang telah dinyatakan lulus mengikuti pendidikan di Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram karena telah lulus mengikuti semua yang dipersyaratkan baik berupa teori di kelas, praktek di laboratorium, praktek klinik di rumah sakit dan puskesmas, praktek di desa/masyarakat, praktek di hotel dan penyelenggara makanan institusi. Seluruh proses belajar-mengajar diakhiri dengan Ujian Akhir Program (UAP) berupa ujian praktek laboratorium, ujian phantom dan ujian komprehensif berupa Ujian Karya Tulis Ilmiah (KTI). Pada kesempatan ini dibacakan pula para mahasiswa berprestasi yang menduduki ranking I, II dan III di setiap jurusan/prodi yang mendapat piagam penghargaan dan diserahkan langsung oleh Ka. Pustanserdikjut  BPPSDM Kesehatan. Dari daftar nilai pada saat evaluasi akhir program maka yang mendapatkan  predikat cumlaude sebanyak  37 orang  

                Pada kesempatan ini juga disampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan-pimpinan institusi yang telah mengijinkan institusi yang dipimpinya sebagai lahan praktek mahasiswa Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram yang disertai dengan bantuan tenaga instruktur atau pembimbing praktek dan tenaga dosen tidak tetap. Direktur berharap agar kerja sama yang telah berlangsung dengan baik selama ini dapat berlanjut terus pada masa-masa yang akan datang. Bagi civitas akademika Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram lanjut direktur, tantangan bagi Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram pada masa yang akan datang adalah bagaimana menjadikan lembaga pendidikan Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram dapat menghasilkan lulusan yang professional, mandiri dan mampu bersaing dalam pasar lokal, nasional, regional bahkan internasional.

                 Dalam sambutan yang disampaikan wakil dari wisudawan (Taufiq Hidayat dari Jurusan Gizi) disampaikan ucapan terima kasih kepada civitas akademika, orang tua dan para sahabat. Harapan  disampaikan kepada pemerintah RI dalam hal ini pejabat dari Kemenkes RI agar dibuka seluas-luasnya formasi bagi para lulusan Poltekkes untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang disambut tepukan riuh wisudawan lainnya.

Sambutan selanjutnya disampaikan sambutan Ka Pustanserdikjut yang mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan/i karena telah menyelesaikan pendidikan di Poltekkes Kemenkes Mataram. Menjawab harapan wakil wisudawan drg. Oscar Primadi, MPH menyampaikan bahwa memang kebutuhan akan tenaga kesehatan yang professional masih sangat terbuka namun demikian formasi untuk CPNS memang amat terbatas. Ssungguhnya banyak peluang yang bisa dilakukan tambahnya kepada para lulusan untuk mendarmabhaktikan ilmunya di kesempatan lain atau sektor lain tanpa harus menjadi PNS.

Sebelum acara diakhiri dilantunkan beberapa buah lagu oleh tim paduan suara Poltekkes Mataram di antaranya lagu “Hymne Guru”, Lagu Daerah Lombok, Sumbawa dan Bima serta “Kisah Klasih untuk Masa Depan (Shella on 7)” Beberapa wisudawan merasa terharu bahkan beberapa di antaranya sempat menitikkan air mata bahagia bercampur sedih di mana mereka harus meninggalkan kampus tempat menimba ilmu selama ini, teman dan sahabat untuk mengawali kiprah di dunia baru yaitu dunia kerja.

Acara diakhiri foto bersama untuk masing-masing Jurusan/Prodi bersama dengan senat Poltekkes Kemenkes Mataram. Pada pukul 12.30 WITA acarapun berakhir dan bagi senat dan panitia wisudaw selanjutnya melakukan ramah tamah dengan Bapak Kapus sesuai jadwal yang telah  direncanakan.  (SW)

 

 

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar