Home / Berita / WEBINAR PENELITIAN

WEBINAR PENELITIAN

 

KopPoliteknik Kesehatan Kementerian Kesehatan  Mataram (Poltekkes Kemenkes Mataram) adalah salah satu perguruan tinggi yang merupakan Unit Pelaksana Teknis yang berada di bawah Kementerian Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (BPPSDMK) memiliki kontribusi dalam pelaksanaan program pembangunan kesehatan salah satunya adalah melakukan penelitian bidang kesehatan. Poltekkes Kemenkes Mataram sebagai perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian disamping menyelenggarakan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 45 yang menyebutkan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Seiring dengan hal tersebut pada pasal 85 ayat (6) Pemerintah telah mengalokasikan paling sedikit 30% dari dana bantuan operasional Perguruan Tinggi Negeri, dalam hal ini Poltekkes telah mendapatkan alokasi program Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN) yang langsung diberikan dan dikelola di masing-masing Poltekkes. 

CembunUpaya pemerintah untuk meningkatkan kontribusi penelitian salah satunya adalah dengan adanya perencanaan sektor penelitian jangka panjang melalui Peraturan Presiden Nomor 38 tahun 2018 tentang Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) tahun 2017-2045. Dijelaskan bahwa yang menjadi fokus Prioritas Riset Nasional (PRN) salah satunya adalah kesehatan. Bidang riset kesehatan mencakup seluruh bidang dan proses untuk mendukungpeningkatan harapan hidup dan kualitas kesehatan masyarakat. Bidang riset kesehatan meliputi penelitian dan pengembangan untuk solusi masalah kesehatan, peningkatan kualitas hidup masyarakat, dan manufaktur alat kesehatan.

semuaDengan adanya perkembangan regulasi terkait penelitian di Indonesia, diharapkan dosen di Poltekkes Kemenkes Mataram dapat lebih meningkatkan kualitas penelitian dan memenuhi target luaran penelitian.  Kegiatan penelitian memberi kesempatan kepada dosen di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram untuk meningkatkan kompetensi risetnya agar mampu berkiprah dan mendapatkan pengakuan pada tataran nasional dan internasional serta menerapkan hasil riset di masyarakat. Dalam rangka meningkatkan mutu penelitian dan beradaptasi di masa pandemic maupun new normal maka Poltekkes Kemenkes Mataram menyelenggarakan tiga kegiatan sekaligus, di antaranya berupa webinar, pendampingan pembuatan proposal serta seleksi Proposal Penelitian Dosen 2021 yang dikemas dalam kegiatan ““Bedah Pedoman Penelitian 2019-2020, Penyusunan Proposal  Multiyears yang Aktual Produktif dan Inovatif (API) dan Pengukuran Technology  Readiness Level (TRL) di Era New Normal

narsumKegiatan  hari pertama berupa kegiatan Webinar yang dilaksanakan pada Hari Senin, 20 Juli 2020. Kegiatan yang dipusatkan di R Rapat Direktorat tersebut diikuti oleh tidak kurang dari 370 orang peserta (participant) dan berlangsung antara pukul 08.30 hingga sore hari. Kegiatan webinar dilaksanakan secara virtual/webinar/daring dengan menggunakan fasilitas zoom  dan youtube streaming dengan terlebih dahulu mendaftarkan diri pada link registrasi yang telah disediakan panitia penyelenggara. Bertindak sebagai narasumber adalah 3 orang yang berkompeten dan pakar dibidangnya masing-masing di  antaranya Prof. Dr. Agus Subekti,M.Sc,Ph.D, Prof. Dr. Nursalam.M.Nurs (Hons) dan Zaeni Dahlan,SST, MPH

MCAcara diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara (Host) yang berasal dari Dosen Jurusan Kebidanan Mataram (Hj. Yuni Widiastuti, SST) dengan dibacakannya tata tertib pelaksanaan webinar bagi para peserta. Selanjutnya setelah diperdengarkan lagu Indonesia Raya dan dibacakannya doa yang dipimpin Wadir III ( H. Cembun , A.Per.Pen, MPH), sambutan pertama berupa laporan Ketua Panitia yang disampaikan oleh Wadir I Bidang Akademik (H. Jubair, SKM, M.Kes).

Wadir 1Menurut Wadir 1 yang berasal dari Bima ini tujuan dilaksanakannya kegatan antara adalah meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan proposal penelitian proposal multiyears yang Aktual – Produktif – Inovatif (API) dan pengukuran Technology Readiness Level (TRL), Selain itu untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam penyusunan proposal penelitian, perencanaan kegiatan penelitian di masa pandemi dan new normal sekaligus menghasilkan luaran hasil penelitian sesuai dengan kaidah dan pedoman penelitian yang dikeluarkan Badan PPSDMK Tahun 2019.

DirekturAcara selanjutnya berupa arahan sekaligus pembukaan webinar oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram. Setelah dibuka secara resmi pada kesempatan ini H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes menyampaikan apresiasi kepada para narasumber yang telah berkenan berbagi ilmu dengan para peserta. Pada kesempatan ini Direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan inipun tak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh peserta webinar atas keikutsertaan dan pada semua pihak yang terlibat  dalam  mensukseskan acara webinar.

wiwinSeusai acara pembukaan maka dilanjutkan dengan acara inti berupa pemaparan dari para narasumber. Acara inti diawali dengan pembukaan oleh moderator webinar yang berasal dari Dosen Jurusan Analis Kesehatan ( Hj. Maruni Wiwin Diarti, S.Si, M.Kes). Selaku moderator, perempuan yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Polkesram ini memberikan kesempatan masing-masing narasumber untuk menyajikan materinya.

zainiPenyajian pertama disampaikan oleh narasumber Zaini Dahlan, SST, MPH dari Pusdik SDMK Badan PPSDMK Kemenkes RI yang memaparkan materi sekaligus membedah buku “Pedoman Penelitian Tahun 2019-2020 Katagori Penelitian Desentralisasi dan Katagori Penelitian Penugasan”.  Pejabat pusat di badan PPSDMK Kemenkes RI ini memaparkan bahwa  upaya peningkatan publikasi ilmiah di Poltekkes Kemenkes di antaranya adalah melalui  pembinaan teknis penulisan artikel ilmiah Nasional dan Internasional, fasilitasi pemanfaatan hasil penelitian yang berpotensi paten, fasilitasi peningkatan akreditasi jurnal dan fasilitasi pengelolaan / tata kelola Jurnal elektronik.

Prof BektiMateri berikutnya disampaikan oleh  narasumber kedua (Prof. Dr. Agus Subekti,M.Sc, Ph.D). Guru Besar Bidang Fisika, FMIPA, Universitas Jember ini menyajikan materi tentang “Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) dan Pengukurannya”.  Narasumber kedua ini menguraikan berdasarkan Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 42 tahun 2016 tentang Pengukuran dan Penetapan Tingkat Kesiapterapan Teknologi (Technology Readiness Level) yang selanjutnya disingkat TKT adalah tingkat kondisi kematangan atau kesiapterapan suatu hasil penelitian (research) dan pengembangan teknologi yang diukur secara sistematis agar dapat diadopsi oleh pengguna, baik oleh pemerintah, industri atau masyarakat. Pengukuran dan penetapan TKT bertujuan untuk  mengetahui status kesiapterapan teknologi, membantu pemetaan kesiapterapan teknologi, mengevaluasi pelaksanaan program atau kegiatan penelitian dan pengembangan, mengurangi risiko kegagalan dalam pemanfaatan teknologi dan meningkatkan pemanfaaatan hasil riset dan pengembangan.

Prof NursalamMateri selanjutnya disampaikan oleh narasumber ketiga (Prof. Dr. Nursalam, M.Nurs (Hons)) dengan judulTips dan Trik Penyusunan Proposal Penelitian yang Aktual-Produktif-Inovatif (API) dan Multiyears”. Prof. dalam bidang Nursing Science Universitas Airlangga Surabaya ini berharap agar proposal yang dihasilkan para peserta merupakan proposal yang Aktual-Produktif-Inovatif (API) dan Multiyears dalam katagori Penelitian Desentralisasi  Skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) dan Skema Penelitian Pengembangan Unggulan Perguruan Tinggi (PPUPT). “Ada keterkaitan kuat antara produktifitas publikasi dengan kondisi ekonomi suatu negara. Harus diakui bahwa publikasi Jurnal  Internasional berreputasi merupakan salah satu tolok ukur daya saing bangsa dari suatu negara” tambahnya

penanyaSebagai penutup pada sesi akhir webinar dilakukan tanya jawab yang diberikan oleh peserta webinar dan dipandu oleh moderator. Pertanyaan langsung diajukan oleh peserta melalui aplikasi Zoom untuk masing-masing narasumber baik yang berasal dari dalam maupun luar daerah dan telah dijawab dengan singkat dan jelas oleh para narasumber.

flyerKegiatan webinar Penelitian di Polkesram ini terselenggara tanpa halangan yang berarti. Webinar yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah di Indonesia ini menggunakan aplikasi zoom dan youtube streaming untuk berbagi ilmu kepada para peserta.  Tahapan yang harus dilalui oleh peserta antara lain para peserta mengisi form pendaftaran terlebih dahulu. Selanjutnya peserta akan masuk bergabung dalam group telegram di mana informasi tentang tata cara pelaksanaan webinar bagi peserta diinformasikan di group tersebut.  Bagi peserta webinar yang telah memenuhi syarat maka akan mendapatkan e-certificate. Acara webinar yang dilaksanakan sejak pukul 08.30 WITA ini akhirnya selesai pada pukul 15.30 WITA. SW.

Kegiatan webinar penelitan dapat dilihat pada tayangan berikut :

631total visits,6visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar