Home / Kegiatan Jurusan / WEBINAR KEBIDANAN

WEBINAR KEBIDANAN

 

Flyer semuaPoltekkes Kemenkes Mataram sebagai salah satu institusi pendidikan di bidang kesehatan yang memiliki Jurusan Kebidanan pada Hari Rabu dan Kamis 10-11 Juni 2020 kemarin telah mengadakan kegiatan Webinar Seminar Ilmiah Kebidanan dengan tema “ Layanan Maternitas dan Neonatal Bayi di Era Pandemi Covid 19 dan New Normal”. Kegiatan ini sebagai bentuk upaya memberikan bukti ilmiah (scientific evidence) untuk membantu para praktisi bidan khususnya dalam mencegah dan menangani COVID-19 pada ibu hami, bersalin, nifas, bayi baru lahir sesuai dengan daur kehidupan wanita, serta dalam upaya berpartisipasi untuk membantu pemerintah dalam memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat, di era pandemi covid-19  menuju era new normal. Webinar Jurusan Kebidanan kali ini mengundang Narasumber ahli di bidangnya masing-masing. Sebagaimana tema webinar, sesi pertama webinar kali ini dilaksanakan pada hari Rabu, 10 Juni 2020, dengan fokus pembahasan tentang layanan maternitas dan segala sesuatu yang berkaitan dengan keberadaan seorang ibu. Di antaranya bagaimana persiapan ibu saat hamil, bersalin, bagaimana peran bidan untuk ibu dan sebagainya.

DirKegiatan webinar dibuka oleh direktur Poltekkes Kemenkes Mataram yaitu bapak H.Awan Dramawan, S.Pd.,M.Kes. Dalam sambutan singkatnya Pak Dir (demikian biasa disapa…) menyampaikan ucapan terimakasih kepada sivitas akademika di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram atas terselenggaranya kegiatan dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat kepada profesi bidan dalam pencegahan dan penanganan Covid 19 menuju era new normal.

Narsum 1Sebagai pemateri pertama pada sesi I yakni H. Agus Rusdhy Hariawan Hamid, Sp.OG.,MARS, seorang Dokter Spesialis Obstetri Gynecology sekaligus Wakil Direktur Pelayanan RSUP NTB. Pada kesempatan ini pemateri 1 menyampaikan materi dengan topik “Menyiapkan Kehamilan Sehat di Era Pandemi Covid-19”. Selanjutnya pemaparan oleh pemateri kedua yaitu Ni Made Mulyani, SST seorang bidan yang merupakan kepala ruang VK IGD RSUP NTB,  dengan materi “Asuhan Persalinan di Era Pandemi Covid-19”.  Pemateri ketiga berasal dari Kaprodi DIII Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram (Ati Sulianty, SST., M.Kes.) dengan materi “Asuhan Kebidanan pada Keluarga di Era Pandemi Covid-19”. Selanjutnya pemateri keempat dengan topik “Serba Serbi Peran Bidan dalam Pengabdian Masyarakat di Era Covid-19”  oleh ibu Mutiara Rachmawati Suseno, M.Keb selaku Dosen dan Koordinator Pengabdian Masyarakat Poltekkes Kemenkes Mataram. Materi terakhir di hari pertama (sesi I) webinar ini oleh Baiq Yuni Fitri Hamidiyanti, S.Si.T., M.Keb selaku Dosen dan Fasilitator Prenatal Gentel Yoga Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram dengan topik “Sehat dan Bugar Selama Hamil dengan Yoga di Era Pandemi Covid-19”

flyer3Pada hari kedua yaitu Kamis, 11 Juni 2020, masih dengan moderator yang sama seperti pada sesi I sebelumnya (Hj. Yuni Widiastuti, SST). Moderator yang cukup piawai mengatur lalu lintas percakapan di media daring ini merupakan Wakil Ketua II PC IBI Kota Mataram. Acara di hari kedua dimulai sama seperti sesi sebelumnya yaitu pukul 13.00 WITA. Pada sesi II kali ini temanya adalah “Layanan Neonatus dan Anak di Era Pandemi Covid-19”. Jika pada sesi I materi berfokus kepada ibu, maka pada materi sesi II ini akan fokus bahasan adalah pada bayi dan anak.  Tidak kalah menariknya dengan sesi I sebelumya sesi II kali ini, diisi oleh 6 orang narasumber.

Narsum 2Narasumber dari pemateri pertama yakni dr. Ruth Daisy, S.PA. yang merupakan seorang dokter Spesialis Anak di RS Siloam Mataram dengan judul “Deteksi Dini Neonatus dan Bayi di Era Pandemi Covid-19 dan New Normal”. Pemateri kedua  disampaikan Ibu Sri Wahyuni, S.Kep.Ns selaku staf NICU RSUD Prov NTB dengan materi “Tatalaksana Bayi Dilahirkan dari Ibu Terkait Covid-19”. Selanjutnya  materi ke tiga tentang “Asuhan Bayi dan Balita di Komunitas pada Masa Pandemi Covid-19 dan New Normal” disampaikan oleh  Ketua Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram (Syajaratuddur Faiqah, S.Si.T., M.Kes). Untuk materi keempat disampaikan oleh  Kaprodi DIV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram (Imtihanatun Najahah, SST., M.Kes). Selanjutnya materi yang kelima yang disampaikan oleh Ibu Fitra Arsy Nur Cory’ah, SST., M.Keb selaku Dosen dan Koordinator Kemahasiswaan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram dengan materi “Optimalisasi Peran Bidan dalam Layanan Neonatal di Era Pandemi Covid-19 dan New Normal”. Sesi II webinar kali ini ditutup dengan materi terakhir mengenai “Optimalisasi Peran Orang Tua dalam Menstimulasi Tumbuh Kembang Anak di Era Pandemi Covid-19” yang dibawakan oleh Ibu Ni Putu Karunia Ekayani, S.Si.T., M.Kes.

SemangatWebinar di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram terselenggara dengan lancar tanpa hambatan berarti di setiap sesinya. Di setiap sesi dilakukan proses tanya jawab yang dipandu moderator. Pertanyaan terpilih yang telah diberikan oleh peserta baik dari dalam maupun luar daerah dijawab dengan cukup baik oleh para pemateri. Kegiatan Webinar Jurusan Kebidanan Ini, diikuti tidak kurang dari 2.368 peserta baik yang berasal dari Provinsi NTB maupun luar NTB. Selain melalui aplikasi Zoom kegiatan webinar dapat juga diakses melalui youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=ElsVzaZta50. Peserta yang telah terdaftar dan masuk di whatsapp group mengisi form absensi dan form evaluasi yang dipergunakan sebagai masukan bagi peneyelenggara agar kegiatan serupa di kemudian hari dapat menjadi lebih baik lagi. Bagi peserta yang telah memenuhi syarat kepesertaan diberikan hak untuk mendapatkan e-certificate dengan 2 SKP IBI No. 019/SKEP/PD.IB NTB/V/2020 yang akan diberikan oleh panitia.

Flyer 2Kegiatan webinar ini merupakan bentuk kerjasama antara Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram dengan IBI (Ikatan Bidan Indonesia) Provinsi Nusa Tenggara Barat, serta dibantu oleh mahasiswi Jurusan Kebidanan/ Organisasi mahasiswa yang ada dijurusan Kebidanan (HMJ, HIMA Prodi DIII dan DIV Kebidanan ). Dengan terselenggaranya acara Webinar ini, penyelenggara  berharap semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat dan mampu memotivasi seluruh pesertanya untuk mengaplikasikan materi yang disampaikan di kehidupan sehari-hari. (Sebagaimana dituturkan  IGA Dewi Purwani ). SW

2184total visits,16visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar