Home / Kegiatan Jurusan / WEBINAR INTERNASIONAL KEBIDANAN

WEBINAR INTERNASIONAL KEBIDANAN

 

backgroundDalam upaya melaksanakan kegiatan ilmiah di Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram, maka pada hari Senin, 22 Juni 2020 mulai pukul 13.00 WITA diadakan webinar berskala internasional. Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Aston Inn Kota Mataram, Lombok, NTB ini bertema “Preparation For Global Challenge To Support Effective Education Of Midwives And Clinical Practice”. Kegiatan seminar ilmiah internasional ini dilaksanakan secara daring yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesi bidan secara global terkait berbagai isu terkini dalam keilmuan, pelayanan kebidanan dan keterampilan dalam masa pandemi Covid-19 dan New Normal.

DirWebinar  diawali dengan pembukaan yang dipandu oleh pembawa acara (Host)  Ibu Yuni Widiastuti, SST. Setelah kegiatan dibuka oleh pembawa acara, acara selanjutnya berupa sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd., M.Kes). Dalam sambutan singkatnya Direktur menyampaikan ucapan syukur dan terima kasih kepada panitia penyelenggara webinar internasional yaitu Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram yang telah cukup baik mempersiapkan acara. Pada kesempatan ini  Direktur berkenan membuka  acara  webinar ini secara resmi.

JoeAcara Webinar International dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama dipandu oleh moderator I (Siti Khadijah, SKM, MHI) dari Poltekkes kemenkes Mataram.  Sesi pertama webinar  diisi  4 narasumber yang berasal luar negeri. Narasumber pertama (Dr. Zoe Bradfield) menyampaikan materi mengenai “Midwifery Education During Covid-19 : Challenges and Opportunities”. Dr. Zoe merupakan seorang akademisi (senior lecturer) di School of Nursing, Midwifery and Paramedicine di Curtin University, Perth WA dan merupakan Vice President of the Australian College of Midwives, the Peak Professional Body for Midwifery in Australia.

narsum 1Selanjutnya narasumber kedua (Dr. Alyce Wilson) yang juga berasal dari negara yang sama (Australia).  Dalam keseharian Dr. Alyce bertugas sebagai Public Health Medicine Registrar and Research Fellow di Burnet Institute Melbourne, Advanced Trainee of the Australasian Faculty of Public Health and Medicine (AFPHM), Public health doctor, akademisi (lecturer) di University of Melbourne dan senior researcher working in global maternal and child health and nutrition. Materi yang disampaikan berjudul  “The Impact of Covid-19 From A Public Health Perspective On Maternity Care” .

vamaUntuk narasumber ketiga adalah dr. Vama Chrisnadarmani Taolin, MPH yang menyajikan materi dengan judul “Midwife Role In Child Health Service”. Beliau adalah seorang Child Survival & Development Specialist yang betugas di UNICEF.

sudirmanPemateri keempat pada sesi satupun diakhiri oleh narasumber yang berasal dari Singapura yaitu  Mr. Sudirman Bin Othman, RN, MPHMRCNA dengan materi  Basking in Tranquility : Preparing Our Midwifery Students For The Mental Health Challenge Of  A Global Clinical Education”. Sehari-hari beliau bertugas sebagai Consultant Holistique Health at Singapore. Sesi pertama webinar diakhiri dengan  tanya jawab kepada keempat narasumber yang dimoderatori dengan sangat apik oleh Siti Khadijah, SKM, MHI dari Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram dan jebolan dari salah satu perguruan tinggi terkemuka di Australia. Beberapa pertanyaan peserta diambil dari  live chat zoom dan youtube serta google form pertanyaan dari peserta webinar yang telah terjawab dengan cukup baik oleh para narasumber.

faiqahSeusai sesi pertama berakhir maka dilanjutkan dengan sesi kedua yang dipandu moderator kedua (Ati Sulianty, SST, M.Kes.). Narasumber pada sesi ke dua ini berasal dari Indonesia yakni dari Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram sendiri. Narasumber pertama pada sesi kedua yaitu Syajaratuddur Faiqah, S.Si.T., M.Kes. Pada kesempatan webinar ini Ketua Jurusan Kebidanan ini menyajikan materi Midwifery Students’ Competencies Achievement Through Online Learning”. Sebagai narasumber kedua atau terakhir pada pada kegiatan Webinar International ini adalah Intan Gumilang Pratiwi, M.Keb. dengan judul “Journal Recommendations To Midwives“. Sesi keduapun berakhir  dengan tanya jawab yang dipandu oleh moderator.

intanKegiatan webinar International pertama  bagi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram ini telah terselenggara dengan lancar. Webinar yang diikuti ribuan peserta ini menggunakan aplikasi zoom dan youtube streaming untuk berbagi ilmu kepada para peserta. Tahapan yang harus dilalui oleh peserta antara lain para peserta mengisi form pendaftaran terlebih dahulu. Selanjutnya peserta akan masuk bergabung dalam group telegram dimana informasi tentang tata cara pelaksanaan webinar bagi peserta diinformasikan di group tersebut.  Bagi peserta webinar yang telah memenuhi syarat maka akan mendapatkan e-certificate dengan nilai 3 SKP IBI berdasrkan SK DPP IBI  No. 6507/S/SKP-IBI/VI/2020.

pesertaBerdasarkan data yang diperoleh panitia menunjukkan bahwa peserta pada acara Webinar International Jurusan Kebidanan Ini telah teregistrasi sebanyak 16.414 pendaftar dari berbagai daerah baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan pada saat pelaksanaan webinar telah youtube streaming dilihat oleh lebih dari 17.000 view.

bersamaSaat ini akun youtube Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram sudah terlihat jumlah view yaitu mencapai 40.983 pada youtube dengan link https://www.youtube.com/watch?v=EQPBRbVr0X4 Kegiatan webinar ini merupakan bentuk kerjasama antara Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram bersama IBI ( Ikatan Bidan Indonesia ) Pusat dan Provinsi Nusa Tenggara Barat serta melibatkan mahasiswi HMJ Kebidanan (Organisasi kemahasiswaan yang ada di Jurusan Kebidanan). Dengan terselenggaranya acara Webinar semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat pada umumnya dan profesi bidan pada khususnya. (Sebagaimana dituturkan IGA Dewi Purwani) SW

flyer

1689total visits,7visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar