Beranda / Kegiatan Jurusan / Visitasi D III Gizi

Visitasi D III Gizi

pembukaanSesuai dengan ketentuan regulasi dari Dikti bahwa setip Program Studi yang berada di sebuah perguruan tinggi harus mendapatkan status terakreditasi maka kemarin telah dilaksanakan kegiatan visitasi di Prodi D III Gizi oleh asesor yang berasal dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sebagaimana informasi yang telah disampaikan beberapa hari sebelumnya bahwa kegiatan akreditasi dijadwalkan selama 2 hari pada hari Senin-Selasa tanggal 1-2 Juni 2015

pesertaHadir di Mataram dalam rangka visitasi tersebut sebanyak 2 orang asesor yang berasal dari BAN PT yaitu Prof. DR. Ir. Dadang Sukandar, M.Sc (IPB) dan Nurul Muslihah, SP, M.Kes (Universitas Brawijaya Malang). Kegiatan diawali dengan courtesy call dengan Unit Pengelola (unsur pimpinan di Direktorat) yang dilakukan di R. Rapat Jurusan Gizi. Ikut hadir seluruh unsur pimpinan di Direktorat Poltekkes di antaranya para Pudir (I, II dan III) para Kasubag, Ka Unit dan Ka Urusan. Sedangkan dari Jurusan Gizi semua dosen dan karyawan hadir tanpa kecuali.

niningSetelah sambutan selamat datang dari Direktur dan pengantar dari ketua tim asesor maka dilanjutkan dengan pemaparan penyampaian Borang III B oleh Pudir I (Aladhiana Cahyaningrum, AGK, SP, M.Kes) yang memakan waktu sekitar 30 menit dan dilanjutkan dengan tanya jawab antara asesor dengan unsur pimpinan di Direktorat. Di antara pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana pelaksanaan tata pamong yang adil tata kelola pembiayaan, kepegawaian dan fasilitas yang dimiliki Poltekkes. Terdapat berbagai masukan tentang Rencana Induk Pengembangan (RIP) baik pada kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan sebagainya.

susiloSesi berikutnya adalah presentasi dari PS yang dalam hal ini disampaikan oleh Ka Prodi D III Gizi (Susilo Wirawan, SKM, MPH). Materi pemaparan yang menggunakan alokasi 30 menit tersebut juga hampir sama dengan Unit pengelola (Poltekkes) namun lebih spesifik bagi Program Studi D III Gizi saja. Pada saat sesi tanya jawab pertanyaan diajukan oleh asesor namun tidak dijawab sendiri oleh Ka. Prodi melainkan oleh anggota tim penyusun Borang III A (khusus untuk Borang PS) sesuai dengan pemegang standar masing-masing.

verifikasiBeberapa data yang tidak sesuai langsung di-cross check dengan dokumen bukti fisik yang tersedia. Telah ditunjuk 2 orang tim penyusun Borang Prodi D III (Ni Ketut Sri Sulendri, SST, MPH dan Reni Sofiyatin, SST, M.Kes) yang bertugas khusus mengambilkan dokumen dan mengembalikannya jika telah selesai dipergunakan. Dari hasil diskusi ternyata masih terdapat ketidaksinkronan data maupun ketidaklengkapan bukti fisik. Setelah beberapa saat lamanya diskusi dengan asesor tim penyusun borang diberi kesempatan untuk melengkapi bukti fisik dan memperbaiki isi borang sampai dengan malam itu mengingat hari kedua tinggal klarifikasi akhir dan penandatanganan berita acara pemeriksaan/visitasi.

verifikasi 2Jadwal berikutnya seusai pemeriksaan bukti fisik dan klarifikasi adalah wawancara tim asesor kepada dosen D III Gizi, kepada tenaga kependidikan (staf/karyawan), mahasiswa D III Gizi yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan oleh asesor terhadap fasilitas yang dimiliki oleh Prodi D III Gizi, mulai dari perkantoran, ruang kelas, laboratorium dan sarana prasarana lainnnya.

timSetelah sesi break (ishoma) jadwal selanjutnya adalah wawancara kepada para alumni dan stake holder. Ditunjuk mewakili alumni di antaranya Indah Ahaddini F (Poliklinik “Kamboja”), Ni Nengah Dwi Wiliasih (RSB “Permata Hati”), Afni Wiratmi (RSUD Prov NTB). Sedangkan mewakili stake holder sekaligus user bagi para lulusan adalah pembimbing PKL mahasiswa yaitu Petugas Gizi Ana Rumasiwe (Pusk. Pemenang), Musawirin, SST (Dikes KLU), Dharma Cakra WS, SKM, MPH (Dikes Prov, NTB) dan Siti Utamy Sulasti, S.Gz (RSUD Prov NTB). Satu orang dari Organisasi Profesi (OP) adalah langsung dari sang Ketua DPD Persagi NTB (Taufik HS, SKM).

serah direktPada hari ke II tim asesor kembali mengklarifikasi berbagai temuan dan pengecekan bukti dokumen fisik sebagaimana yang telah dipersyaratkan pada hari I. Beberapa unsur penilaian yang sekiranya tidak sesuai dengan maksud yang tertuang dalam berita acara dibahas kembali sampai akhirnya dokumen berita acarapun ditandatangani baik antara asesor dengan Direktur Poltekkes maupun antara asesor dengan Ka. Prodi D III Gizi

serah prodi d3Setelah tim selesai melakukan pengkajian kecukupan dan kunjungan ke fasilitas akhirnya pada pukul 11.00 WITA dilakukan acara penutupan visitasi berupa penyampaian hasil kepada Direktorat dan PS sekaligus penyerahan berita acara pemeriksaan yang telah ditandatangani oleh kedua belah pihak. Hasil visitasi akreditasi dalam bentuk berita acara PS diterima oleh Ka Prodi D III Gizi (Borang III A) dan untuk Unit pengelola Prodi diterima Direktur.

batupayungSesuai dengan saran direktur bahwa sebelum kembali pulang untuk melaporkan hasil visitasi, tim asesor ditawarkan untuk rileks menikmati indahnya Pulau Lombok sambil menunggu jadwal keberangkatan pesawat yang akan menghantarkannya ke Jakarta. Lokasi wisata yang dipilih kali ini adalah Pantai Kuta dan dan Pantai Aan dengan spot menariknya berupa Batu Payung.

kutaSejenak menikmati keindahan pantai yang terletak di bagian selatan Pulau Lombok ini tim asesor segera menuju Bandara International Lombok (BIL) untuk pulang. Semoga hasil visitasi bagi Prodi D III kali ini dapat mendapatkan hasil yang maksimal sebagaimana harapan seluruh civitas akadeilka khususnya di Jurusan Gizi. Amiien. SW

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar