Beranda / Tentang / Sejarah

Sejarah

Kantor Direktorat

Jurusan Gizi

Akhirnya melalui Keputusan Menteri Kesehatan Nomor: 298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001 Tanggal 16 April 2001 terbentuklah Politeknik Kesehatan dan salah satunya adalah Politeknik Kesehatan Mataram. Berdasarkan keputusan  tersebut Politeknik Kesehatan Mataram memiliki Jurusan Keperawatan, Jurusan Kebidanan, Jurusan Gizi, dan Program Studi Keperawatan di Kota Bima. Selanjutnya berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor : HK.00.06.1.4.2.02225 Tanggal 1 Juli 2004 maka Akademi Analis Kesehatan Mataram diintegrasikan ke dalam Politeknik Kesehatan Mataram menjadi Program Studi Analis Kesehatan dari Jurusan Gizi.

Jurusan Analis

Kemudian pada tahun 2007, sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 890/MENKES/PER/VIII/2007 Tentang Organisasi dan Tata kerja Politeknik Kesehatan Tanggal 2 Agustus 2007, nama ”Politeknik Kesehatan Mataram” menjadi ”Politeknik Kesehatan Depkes Mataram” dan struktur organisasinya mengalami perubahan lagi di mana yang semula hanya tiga jurusan kini menjadi empat jurusan yaitu Jurusan Keperawatan Mataram (membawahi Program Studi Keperawatan Mataram dan Program Studi Keperawatan Bima), Jurusan Kebidanan Mataram, Jurusan Gizi Mataram dan Jurusan Analis Kesehatan Mataram. Berdasarkan penilaian akreditasi yang diselenggarakan oleh Pudiknakes Depkes RI tahun 2010 masing-masing Jurusan/Prodi D III di Poltekkes Kemenkes Mataram memperoleh status akreditasi sebagai berikut :

Akreditasi  yang  Diperoleh  Masing-masing Jurusan / Prodi D III  di  Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram Tahun 2010

Pada tahun 2008, Politeknik Kesehatan Mataram juga telah membuka tiga program studi pendidikan Diploma IV yaitu Program Studi D.IV Keperawatan Gawat Darurat (sekarang bernama D IV Keperawatan), Program Studi D.IV Bidan Pendidik (sekarang D IV Kebidanan) dan Program Studi D.IV Gizi Masyarakat (sekarang disebut Prodi D IV Gizi). Berdasarkan akreditasi yang diselenggarakan oleh Pudiklatnakes Kemenkes RI tahun 2011 masing-masing Jurusan/Prodi D IV di Poltekkes Kemenkes Mataram memperoleh status akreditasi sebagai berikut :

Akreditasi  yang Diperoleh  Masing-masing Jurusan/Prodi  D IV di  Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram Tahun 2011

Selama berdirinya Politeknik Kesehatan Mataram, selain kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM), kegiatan-kegiatan juga ditekankan pada sosialisasi keberadaan Politeknik Kesehatan Mataram baik secara internal maupun eksternal. Bersamaan dengan itu pula dilakukan konsolidasi dengan mendirikan lembaga/unit, memadukan kegiatan administratif dan teknis, serta peningkatan jumlah sarana dan prasarana.