Beranda / Tentang

Tentang

Lembaga Kepemilikan                   :        Kementerian Kesehatan RI

No. Kode Institusi                            :        52712002

Nama Institusi                                  :        Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram

Alamat                                               :        Jl. Kesehatan V No. 10 Mataram 83121

Telpon dan Fax                               :        (0370) 622382, Fax (0370) 62138

Website                                             :        http://poltekkes-mataram.ac.id

Email

1. Administrator                            :        admin@poltekkes-mataram.ac.id

2. Jurnal                                        :        jurnalprima@poltekkes-mataram.ac.id

No. SK Pendirian                            :        298/Menkes-Kesos/SK/IV/2001  

 

Direktur                                             :        Hj. Siti Wathaniah, S.Pd. M.Biomed

Pembantu Direktur I                       :        Drs. H. Zulkifli, S.Kep, M.MKes

Pembantu Direktur II                      :        Abdul Salam, SKM, M.Kes.

Pembantu Direktur III                     :        Erlin Yustin Tatontos, SKM, M.Kes.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram merupakan salah satu dari 38 Politeknik Kesehatan Kemenkes yang berada di seluruh Indonesia yang kelembagaannya berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial Republik Indonesia Nomor: 298/MENKES-KESOS/SK/IV/2001 Tanggal 16 April 2001. Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram seperti halnya Politeknik Kesehatan lain di seluruh Indonesia secara operasional dimulai pada tanggal 1 Januari 2002.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor: 890/MENKES/PER/VIII/2007 tanggal 2 Agustus 2007. Pada saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram memiliki 4 Jurusan yaitu: Jurusan Keperawatan Mataram, Jurusan Kebidanan Mataram, Jurusan Gizi Mataram, Jurusan Analis Kesehatan Mataram. serta 7 Program Studi, yaitu Program Studi DIII Keperawatan Mataram, Program Studi DIII Keperawatan Bima, Program Studi DIV Gawat Darurat, Program DIII Kebidanan, Program DIV Bidan Akademik, Program DIII Gizi dan Program DIV Gizi Klinik.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram adalah Unit Pelaksana Teknis di lingkungan Kementerian Kesehatan yang berada di bawah Badan Pengembangan dan Pemberdayaan SDM Kesehatan. Jika merujuk kepada Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 232/U/2000 tanggal 20 Desember 2002 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa maka tugas Politeknik Kesehatan adalah melaksanakan pendidikan profesional dalam Program Diploma I, Program Diploma III atau Program Diploma IV.

            Saat ini Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram menyelenggarakan Program Diploma III untuk empat jurusan yaitu: Keperawatan, Kebidanan, Gizi dan Analis Kesehatan. Selain program Diploma III Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram mulai tahun 2008 membuka Program Diploma IV untuk Jurusan Keperawatan, Kebidanan dan Gizi  dengan minat DIV Keperawatan Gawat Darurat, DIV Bidan Pendidik dan DIV Gizi Masyarakat. Pada tahun 2009 dibuka Program Studi DIV peminatan Medikal Bedah dari Jurusan Keperawatan Mataram. Dan pada tahun 2010 sudah dibuka pula Program DIV Bidan Klinik.

            Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram sebagai penyelenggara pendidikan keahlian bertujuan menyiapkan peserta didik menjadi insan yang memiliki keahlian dalam menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

            Dalam melaksanakan tugas tersebut, Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. Melaksanakan pengembangan pendidikan keahlian dalam bidang keperawatan, kebidanan, gizi dan analis kesehatan
  2. Melaksanakan penelitian di bidang pendidikan professional dan kesehatan
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat sesuai dengan bidang dan tanggung jawabnya
  4. Melaksanakan pembinaan civitas akademika dalam hubungannya dengan lingkungan
  5. Melaksanakan kegiatan pelayanan administratif

Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram dalam penyelenggaraan kegiatan proses belajar mengajar melaksanakan 3 macam program:

A. Program Studi DIII Jalur reguler

Jalur ini menerima mahasiswa untuk program D3 dengan latar belakang pendidikan SLTA dengan lama pendidikan 6 semester

B. Program Studi DIII Jalur non regular

Program ini menerima mahasiswa yang sudah berstatus pegawai negeri atau belum dengan latar belakang pendidikan SPK, Bidan, SPAG, SMAK atau pegawai negeri yang berpendidikan setingkat SLTA. Pegawai Negeri yang mengikuti program ini berstatus ijin/ tugas belajar Lama pendidikan Jalur Khusus Keperawatan, Jurusan Gizi, Jalur Khusus Analis Kesehatan dan Jalur Khusus Kebidanan Lama pendidikan Bervariasi antara 4 Sampai 5 Semester. Selama kuliah mereka tidak meninggalkan tugas pekerjaannya sebagai pegawai negeri, karena kegiatan belajar mengajar dilakukan setelah jam kantor dan dilaksanakan ditempat pekerjaan mereka.

C. Program  Studi DIV

Program ini mempunyai 3 (tiga) program studi yaitu Program Studi DIV Keperawatan Gawat Darurat , DIV Gizi Masyarakat, dan D IV Bidan Pendidik, dengan latar belakang DIII dan lama pendidikan 1 tahun (2 Semester )