Home / Kegiatan Jurusan / Seminar Nasional Kebidanan 2019

Seminar Nasional Kebidanan 2019

 

semnas bidan

Sebagai salah satu bentuk program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) di lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram, Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan telah mengadakan Seminar Nasional Kebidanan yang telah terlaksana pada hari Minggu, 24 Februari 2019 bertempat di Audiotorium Poltekkes Kemenkes Mataram. Agenda kegiatan tersebut merupakan salah satu program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan dari bidang pendidikan yang telah disepakati bersama dan akan dilaksanakan setahun sekali sesuai program kerja kepengurusan tahun ini. Seminar Nasional Kebidanan pada tahun ini diketuai oleh Wentika Putri Damayani yang sekaligus merupakan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram.

Mencetak Profit Luar Biasa dari Profesi Bidan

Tema Seminar Nasional Kebidanan pada tahun ini adalah “Mencetak profit luar biasa dari profesi bidan”. Kegiatan Seminar Nasional Kebidanan ini dilaksanakan bertujuan agar mampu mencetak profit yang luar biasa dari profesi bidan dan untuk melanjutkan Akreditasi Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram. Manfaat diadakannya Seminar Nasional Kebidanan ini mampu menambah ilmu pengetahuan tidak hanya di kalangan bidan tetapi juga di kalangan mahasiswa-mahasiswa Jurusan Kebidanan. semnas bidan2Kegiatan yang bertempat di Auditorium Poltekkes Kemenkes Mataram tersebut dihadiri sekaligus pemberian sambutan oleh Wakil ketua 4 PKK Provinsi NTB Ibu Dr. Panca Yuniati, Apt., Wakil Direktur III Poltekkes Kemenkes Mataram Bapak H. Cembun, A.Per.Pen., MPH, Ketua Jurusan Kebidanan Ibu Syajaratuddur Faiqah, S.Si.T., M.Kes., seluruh dosen Jurusan Kebidanan dan civitas akademika Polteskkes Kemenkes Mataram.

semnas bidan5Pada Seminar Nasional Kebidanan tahun ini, panitia mengundang beberapa pemateri. Pemateri pertama, Ibu Jamilatus Sa’diyah, Amd.Keb. yang merupakan bidan sekaligus doula, hypnobirth practitioner dan prenatal gentle yoga practitioner, membawakan materi berjudul “Gentle Yoga di Ruang Bersalin” sekaligus mendemokan tentang peragaan Gentle Yoga di ruang bersalin.

semnas bidan4Pemateri kedua adalah Ibu dr. Ruth Daisy, S.PA yang merupakan dokter spesialis anak yang membawakan materi tentang pengaruh persalinan normal terhadap tumbuh kembang anak. Ibu Ati Sulianty, SST, M.Kes. yang merupakan dosen sekaligus Ketua Program Studi D.III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram Jurusan Kebidanan, menjadi pemateri ketiga yang membawakan materi tentang Manajemen ASI perah bagi ibu bekerja. Seminar Nasional Kebidanan ini juga menampilkan pemateri dari kalangan mahasiswa, dibawakan oleh salah seorang mahasiswa Tingkat I Semester 2 Program Studi D.III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram yang bernama Ketut Ari Wijayanti yang memaparkan hasil studi literatur tentang standar 9 Standar Kompetensi Bidan. semnas bidan6

Peserta Seminar Nasional Kebidanan ini berjumlah 550 orang; diikuti oleh mahasiswa dan alumni Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram, dosen-dosen dari Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram dan AKBID swasta, bidan-bidan dari beberapa rumah sakit, puskesmas, klinik dan praktik mandiri serta masyarakat umum baik dari dalam maupun luar daerah Lombok.

semnas bidan7Peserta Seminar Nasional Kebidanan terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan acara. Setelah setiap pemateri selesai menyampaikan materi yang dibawakan, peserta berhak memberikan pertanyaan kepada pemateri mengenai materinya. Kegiatan acara semakin meriah dengan dipuncak acaranya dibawakan oleh MC Uget Wow sehingga menghidupkan suasana acara Seminar Nasional Kebidanan dengan pembagian doorprize membuat para peserta terhibur dalam mengikuti setiap kegiatan acara Seminar Nasional Kebidanan sampai di penghujung acara.

Suksesnya pelaksanaan acara Seminar Nasional Kebidanan ini merupakan hasil kerja sama antara tim dosen dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan (HMJ) dan HIMA Prodi D.III dan D.IV Jurusan Kebidanan. Acara Seminar Nasional Kebidanan disponsori oleh Kimia Farma, Lima Vita Travel, Bank Mandiri, Smile Foto, Kalbe Farma dan Telkomsel. Trailer acara Seminar Nasional Kebidanan ini dapat disaksikan di link youtube berikut: https://www.youtube.com/watch?v=m3JgssdbWGI&feature=youtu.be ~ Viva Jurusan Kebidanan!

Credit: Artikel, foto dan video oleh Panitia SemNas Kebidanan [admin]

 

 

1572total visits,3visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar