Home / Pusat Unggulan IPTEK – Poltekkes Kemenkes (PUI – PK)

Pusat Unggulan IPTEK – Poltekkes Kemenkes (PUI – PK)

DirektoratPusat Unggulan Masyarakat Mandiri Berkelanjutan Berbasis Budaya Lokal Poltekkes Kemenkes Mataram merupakan pusat kegiatan unggulan penelitian yang akan dikembangkan dengan menyatukan semua kompetensi yang dimiliki oleh Jurusan dengan masing-masing Prodi yang mempunyai keunggulan di bidangnya. Beberapa komponen penting dan strategis dalam mengembangkan terwujudnya PUI-PK Mataram ini melalui revitalisasi nilai kearifan lokal dan penguatan kelembagaan masyarakat kesehatan diharapkan mampu memberikan dampak yang positif dalam upaya promotif, preventif serta rehabilitatif guna mengatasi masalah kesehatan yang ada di Nusa Tenggara Barat seperti masalah kesehatan stunting, penyakit  tidak menular, pola asuh anak yang tidak optimal, merariq kodek (pernikahan dini), serta tingginya angka kematian ibu dan bayi.
Rapat konsolidasi Pengelola PUI Mataram

Rapat konsolidasi Pengelola PUI Mataram

Peran serta Poltekkes Kemenkes Mataram dalam pengembangan SDM berdasarkan instruksi Kepala Badan PPSDM Kes Kemenkes RI No. DP.03.01/3000716/2017 tanggal 28 Februari 2017 tentang instruksi penguatan sistem penjaminan mutu internal untuk penguatan status akreditasi poin 12 yaitu mengembangankan dan mengoptimalkan sumber daya Poltekkes Kemenkes dalam rangka Center of Excellence pendidikan tinggi tenga kesehatan, maka pengembangan pusat unggulan IPTEKS-Poltekkes Kemenkes (PUI-PK) menjadi kebutuhan untuk mendukung terlaksananya instruksi tersebut. Jumlah output dan outcomes penelitian di bidang pendidikan dan kesehatan, antara lain publikasi ilmiah dalam bentuk jurnal nasional/internasional dan HAKI.
Produk2 opak

Produk unggulan

Penelitian yang sudah dilakukan di PUI-PK terkait dengan tema yang diusung di antaranya adalah penelitian tentang pemanfaatan ikan ekor kuning dan daun kelor sebagai alternatif makanan selingan bergizi untuk ibu hamil KEK oleh peneliti dari Jurusan gizi, penelitian ini dapat mengakomodir semua kompetensi yang ada di Jurusan. Hasil penelitian ini sudah dipublikasikan melalui Jurnal Nasional dan dilakukan desiminasi di depan pemerintah daerah Lombok Utara. Desiminasi produk dikemas dengan melibatkan masyarakat dalam pengelolaannya berbentuk kepingan opak kelor dengan prinsip berbahan dasar mudah didapatkan dan harganya sangat murah sehingga bisa menggandeng industri-industri kecil seperti home industry  yang ada di Wilayah Nusa tenggara Barat untuk bisa melakukan pembuatan makanan selingan ini dalam menanggulangi kejadian ibu hamil dengan KEK yang banyak diderita oleh masyarakat Nusa Tenggara Barat.
Tujuan umum PUI PK di Poltekkes Kemenkes Mataram adalah mengembangkan dan mengoptimalkan sumber daya Poltekkes Kemenkes Mataram menjadi Pusat Unggulan (Center of Excellence) pendidikan tinggi kesehatan. Sedangkan tujuan khususnya antara lain
  1. Menjadikan Poltekkes Mataram Unggul di bidang Penelitian berbasis Iptek.
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian di bidang kesehatan berbasis budaya lokal.
  3. Memandirikan masyarakat secara berkelanjutan untuk mampu memproduksi hasil produk penelitian sesuai kemampuan dasar lokal daerah di wilayah NTB.
  4. Mengembangkan kemampuan dosen peneliti untuk melakukan penelitian sesuai keunggulan Iptek Poltekkes Kemenkes Mataram.
  5. Menjadikan Poltekkes Mataram Center of Excellence pendidikan tinggi kesehatan.

 

 

 

 

 

1. SK Pengelola Pusat Unggulan Iptek Poltekkes Kemenkes (PUI-PK) Mataram 

Download (PDF, 133KB)

2. SK Tugas Belajar
3. Proposal Unggulan

Download (DOCX, 71KB)

4. Proposal Kegiatan

Download (DOCX, 244KB)

5. Rincian Capaian Kriteria

Download (DOCX, 44KB)

6. Produk yang telah digunakan
a. Gendang Beleq

Download (PDF, 184KB)

b. Opak Kelor Ikan (OKI)

Download (PDF, 5.58MB)

c. Rudat

Download (PDF, 1.06MB)

 

 

869total visits,2visits today