Home / Berita / PPKM Polkesram 2020

PPKM Polkesram 2020

 

Bersama 2Politeknik kesehatan adalah salah satu pendidikan vokasi di mana pendidikan vokasi merupakan pendidikan tinggi program diploma yang menyiapkan mahasiswa untuk pekerjaan dengan keahlian terapan tertentu sampai program sarjana terapan. Mahasiswa sebagai anggota sivitas akademika diposisikan sebagai insan dewasa yang memiliki kesadaran sendiri dalam mengembangkan potensi diri di perguruan tinggi untuk menjadi intelektual, ilmuwan, praktisi, dan/atau profesional. Diharapkan mahasiswa secara aktif mengembangkan potensinya dengan melakukan pembelajaran, pencarian kebenaran ilmiah, dan/atau penguasaan, pengembangan, dan pengamalan suatu cabang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk menjadi ilmuwan, intelektual, praktisi, maupun profesional yang berbudaya.

MahasiswaLulusan sebuah perguruan tinggi dituntut memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari ke empat keterampilan tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Mutu lulusan yang baik akan terlihat melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan – persoalan yang dihadapi. Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada mahasiswa merupakan tugas dari para pendidik, yang bisa terwujud bila mahasiswa diberi kesempatan untuk mengembangkan ide – ide yang dimilikinya melalui penelitian. Kreativitas pada mahasiswa merupakan 3 (tiga) faktor yaitu pikiran, perasaan dan keterampilan, dengan demikian agar mahasiswa dapat mencapai tingkatan kreatif maka Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram mengupayakan sebuah kegiatan penelitian di kalangan Mahasiswa yang diberi nama Program Penelitian Kreativitas Mahasiswa (PPKM).

x bannerBerkaitan dengan hal tersebut maka pada tanggal 24-25 Agustus 2020 bertempat di Auditorium Lt 2 Poltekkes Kemenkes Mataram dilakukan seleksi terhadap mahasiswa peserta PPKM. Sebanyak 18 tim telah diseleksi oleh panitia dengan reviewer dr. Nurhidyati, M.Kes sebagai ketua tim. Perincian ke 18 tim tersebut terdiri dari 10 tim dari mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan, 4 tim dari Jurusan Kebidanan, 2 tim dari Jurusan Keperawatan Mataram, 1 tim dari Prodi Bima serta 1 tim dari Jurusan Gizi.  Khusus peserta yang berasal dari Bima keikutsertaan mahasiswa di kegiatan PPKM tersebut menggunakan metode daring melalui aplikasi Zoom meeting.

DirTampak hadir pada pembukaan acara di antaranya Direktur, Wadir 3 bidang Kemahasiswaan, Ketua Jurusan, Ka. Pusat PPM, Ka. Subag ADAK, Ka Unit Penelitian dan Koordinator 2 di setiap Jurusan. Dalam arahannya Direktur Poltekkes menguraikan bahwa PPKM ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar dapat menjadi anggota akademisi dan anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi serta memperkaya budaya ilmiah. PPKM yang akan dilakukan pada mahasiswa dilingkungan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Mataram inti kegiatannya adalah menggali kreativitas mahasiswa dalam Karya Kreatif, inovatif dalam IPTEK yang mengacu pada Visi dan Misi masing – masing program studi dan Rencana Induk pengembangan (RIP) Penelitian direktorat dan program studi .

x banner 2Berdasarkan teknis pelaksanaan kegiatan yang dijelaskan Ka. Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Hj. Maruny Wiwin Diarti, S.Si, M.Kes) disebutkan bahwa PPKM ini merupakan kegiatan yang cukup penting dilaksanakan, mengingat tuntutan akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT/LAM-PT yang mengharuskan adanya keterlibatan mahasiswa dalam penelitian dan nilai prestasi Mahasiswa dalam penelitian yang merupakan data dukung dalam standar 3 dan 7 Borang akreditasi Institusi maupun program studi.

bersama 1Ditambahkan dosen di Jurusan Analis Kesehatan ini bahwa tujuan diselenggarakannya PPKM ini antara lain mengembangkan kemampuan mahasiswa dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi terapan di bidang kesehatan, mewadahi ide kreatif mahasiswa untuk berperan dalam mengatasi masalah kesehatan yang terjadi di lingkungan sekitarnya, menumbuhkan jiwa enterprenurship di kalangan mahasiswa melalui ide karya ilmiah mahasiswa, mengembangkan kemampuan mahasiswa menyampaikan isu – isu terkini di bidang kesehatan sebagai media informasi penyampaian program – program kesehatan. “ Terdapat 3 (tiga) aspek dalam upaya penilaian terhadap seluruh peserta PPKM, yaitu meliputi isi karya ilmiah, kemampuan presentasi serta tampilan X-banner, sehingga hasil akhir penilaian merupakan kompilasi dari ke 3 (tiga) aspek tersebut”, pungkasnya. Semoga dengan adanya kegiata PPKM di Poltekkes Kemenkes Mataram ini dapat mendapatkan peserta terbaik dan bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan ilmu pengetahuan khususnya di Poltekkes Kemenkes Mataram. SW

1085total visits,1visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar