Home / Berita / PKKMB POLTEKKES 2019

PKKMB POLTEKKES 2019

 

bersamaPagi ini tepatnya Hari Senin, 15 Juli 2019 Institusi pendidikan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Mataram menyelenggarakan Pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun akademik 2019/2020 yang diselenggarakan di dua tempat dalam waktu yang bersamaan yaitu di Kampus A Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram dan Kampus C di Kota Bima.  PKKMB Poltekkes Kemenkes Mataram tahun 2019 ini berlangsung selama 6 hari dimulai tanggal 15 sd. 20 Juli 2019. Adapun tema PKKMB tahun 2019 ini adalah “Dengan PKKMB Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter dan BERHIAS”

CembunAcara pembukaan PKKMB Poltekkes Kemenkes Mataram dipusatkan di halaman depan Kantor Direktorat dimulai pukul 08.00 WITA. Pembukaan diawali dengan laporan Ketua Panitia PKKMB 2019/2020 oleh Wadir III Bidang Kemahasiswaan (H. Cembun A.Per.Pen, MPH). Dalam laporan singkatnya wakil direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini menyampaikan bahwa Peserta PKKMB baik dari Program Studi Diploma-III dan Diploma-IV adalah sebanyak 630 orang. Perinician peserta PKKMB dimaksud terdiri dari Jurusan Keperawatan Mataram (D3 sebanyak 90 orang dan Sarjana Terapan Prog Profesi Keperawatan sebanyak 80 orang) dan D3 Keperawatan Bima sebanyak 60 orang. Selanjutnya peserta dari Kebidanan  adalah sebanyak 100 orang,  peserta dari Jurusan Gizi ( D3 sebanyak 60 orang dan D4 sebanyak 90 orang) dan peserta dari Jurusan Analis Kesehatan (D3 sebanyak 80 orang dan D4 sebanyak 70 orang).

peserta1Pada kesempatan ini dilaporkan juga bahwa kegiatan PKKMB diisi dengan ceramah baik dari unsur pimpinan di Direktorat, Jurusan, Prodi, BEM dan HMPS di masing-masing Prodi. Kegiatan lain berupa penelusuran bakat dan minat dari para calon mahasiswa serta, pelatihan untuk penguatan mental calon serta menjaga penampilan menyesuaikan dengan tuntutan performance yang harus dimiliki oleh mahasiswa Poltekkes nantinya.  Kegiatan dimaksud diantaranya ; baris berbaris, pemberian berbagai macam materi (Kebijakan Kemenkes RI di Poltekkes Mataram, pengenalan kurikulum yang dilaksanakan di prodi/Jurusan), sosialisasi pemanfaatan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD), sosialisasi Saka Bhakti Husada dan materi entrepreneurship (kewirausahaan) di setia jurusan, olah raga dan seni, bakti sosial serta rangkaian kegiatan diakhiri dengan outbond.

peserta2Tujuan dari kegiatan rutin tahunan menurut Wadir III yang alumni FK UGM Yogyakarta ini terbentuknya mahasiswa berkarakater dalam mendukung program kampus Berbudaya, Bersih Hijau dan Sehat (BERHIAS) serta terciptanya suasana yang serasi dalam proses belajar mengajar. Kegiatan dipusatkan di Direktorat selama 4 hari, sementara di hari-hari berikutnya selama 2 hari  kegiatan PPSM dilaksanakan di setiap Jurusan.  Di akhir laporannya Ketua Panitia PKKMB 2019 tersebut mengingatkan bahwa Penutupan PKKMB akan dirangkaikan dengan kegiatan out bond.

direkturSelanjutnya sambutan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H Awan Dramawan, S.Pd M.Kes) yang sekaligus berkenan membuka acara PPSM 2019. Dalam arahannya Pak Haji Awan (demikian Beliau biasa disapa..)  mengingatkan bahwa PPSM ini wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru sebelum dimulainya perkuliahan karena apabila tidak maka mahasiswa yang bersangkutan tidak akan mendapat sertifikat PKKMB bahkan bisa jadi tidak dapat  diwisuda. Dalam sambutannya Haji Awan yang dipercaya menjadi Direktur di periode kedua ini menyampaikan kepada seluruh peserta PPSM yang hadir dengan menyampaikan ucapan “Selamat bergabung di Poltekkes Kemenkes Mataram”.

analisTak lupa Haji Awan mengingatkan agar peserta harus senantiasa bersyukur karena telah terpilih di antaranya banyak calon pendaftar Sipenmaru 2019 di Poltekkes ini, karena masih menurut direktur yang beristrikan bidan ini biaya rata-rata untuk mendidik seorang mahasiswa di Poltekkes ini setiap tahunnya mencapai 160-175 juta Rupiah. Tak lupa diingatkan agar seluruh peserta agar tetap menjaga kesehatan dan mengikuti semua proses PKKMB sampai akhir kegiatan nanti  sehingga apa yang menjadi tujuan PKKMB dapat terwujud dalam satu kenyataan.

mhs bidanDitambahkannya mahasiswa yang telah menentukan pilihannya di Poltekkes Mataram ini diharapkan lulus semua mengingat begitu besarnya anggaran yang telah dikeluarkan untuk mencetak seorang lulusannya. Termasuk diingatkan pula kepada yang berprestasi namun tidak mampu maka akan diberikan beasiswa yang nilainya bervariasi. Harapannya tentu saja agar beasiswa dimaksud dapat dimanfaatkan sesuai peruntukkannya sehingga lebih tepat sasaran kepada calon penerimanya. Dia akhir sambutannya direktur berkesempatan pula menyuarakan 3 buah pantun yang disambut dengan senyum dan apresiasi dari para peserta apel.

lihat balonPembukaan  PKKMB 2019 kali ini ditandai secara simbolis melalui pelepasan balon PKKMB 2019 ke udara, kemudian diikuti balon warna warni merah kuning biru ungu dari masing-masing peserta sesuai jurusannya. Tampak pagi itu langit di atas Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram dihiasi berbagai warna-warni balon udara mengejar Balon PKKMB 2019 yang baru saja dilepas Direktur.

yel2 giziAcara dilanjutkan dengan pemasangan atribut oleh Koordinator Kelompok Dosen sebagai perwakilan dari masing-masing jurusan yang didampingi  oleh unsur pimpinan di Direktorat kepada peserta PKKMB yang diwakili 2 orang  setiap Prodi.

panitia makanAkhirnya acara yang ditunggu-tunggu oleh seluruh hadirin dan peserta PPSM yaitu atraksi atau penampilan yel-yel masing-masing  jurusan dan inilah yang membuat acara pembukaan PKKMB 2019 menjadi lebih meriah dan semarak… Seusai upacara pembukaan PKKMB seluruh dosen, staf/karyawan dan panitia dipersilakan menikmati minuman (teh dan kopi) serta snack yang telah disediakan di ruang lobi Dirketorat dan acarapun dilanjutkan sesuai agenda yang telah disusun panitia..  (SW)

3090total visits,2visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar