Beranda / Berita / Peringatan Idul Adha 1438 H

Peringatan Idul Adha 1438 H

spandukDalam rangka peringatan menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H civitas akademika Poltekkes kemenkes mengadakan kegiatan bersama berupa pemotongan hewan qurban. Hewan qurban yang dipotong pada hari Sabtu, 2 September 2017 tersebut berupa sapi sebanyak 5 ekor dan 4 ekor kambing. Pemilihan hari Sabtu sengaja dilakukan mengingat pada hari Jumat 1 September/10 Zulhijjah merupakan hari pendek (sehingga dikhawatirkan tidak maksimal kegiatannya) maka dipilihlah hari  Sabtu yang pada tanggal tersebut bertepatan dengan tanggal 11 Zulhijjah 1438 H yang berarti masih diperbolehkannya waktu pemotongan hewan qurban atau biasa dikenal sebagai hari Tasyriq (10, 11 dan 12 bulan Zulhijjah)

gorokAcara penyembelihan hewan qurban dihadiri langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram, seluruh Pudir, Kajur, Ka. Prodi staf dosen dan karyawan serta para mahasiswa perwakilan dari 4 jurusan yang ada.  Kegiatan yang merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) ini diprakarsai oleh panitia bersama dari HMJ masingmasing 2 orang di setiap Jurusan dan 2 orang di setiap Prodi. Sedangkan dari BEM sebanyak 40 orang walaupun tidak semuanya tampak hadir pada acara.  Sebagai koordinator seluruh kegiatan adalah Pudir III (H. Cembun APP, MPH).

kulitiMenurut Ihsan Setiawan (mahasiswa D4 Analis Kesehatan) didampingi salah seorang panitia (M. Ribaan/D3 Gizi) yang menjelaskan bahwa jumlah 5 ekor sapi tersebut berasal dari sumbangan mahasiswa di 4 Jurusan dan 1 ekor lagi berasal dari Direktorat Poltekkes Mataram. Di hari sebelumnya bagi setiap mahasiswa sumbangan ditentukan sebesar Rp. 60.000 dan untuk dosen/karyawan sebesar Rp. 75.000 atau sesuai kemampuannya.

potong rame2Semua sapi dipotong di halaman belakang kantor Direktorat Poltekkes Mataram, sedangkan 4 kambing yang ada dipotong di hari yang sama namun bertempat di kampus A Pajang mataram.  Masih menurut panitia keseluruhan hewan qurban dibeli dari salah seorang penjual yang berasal dari Gunungsari dengan kisaran harga mulai dari Rp.10.700.000 sampai dengan Rp. 14.500.000. Sedangkan untuk seekor kambing harga yang didapatkan adalah Rp. 2.700.000 per ekornya.

cembunKegiatan pemotongan hewan qurban juga melibatkan beberapa orang ahli potong hewan (jagal) dan dibantu oleh staf yang telah berpengalaman memotong seperti P. Huzai dan P. Satar. Seusai disembelih selanjutnya karkas (potongan besar) daging dan tulang yang telah didapatkan dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk memudahkan di dalam pembagian (distribusi) daging qurban, termasuk jerohan atau isi perut sapi setelah terlebih dahulu dicuci dan dipisahkan dari kotoran yang ada di dalamnya.  

distribusiSetelah dipotong menjadi bagian-bagian yang lebih kecil selanjutnya ditimbang dan dimasukkan ke dalam kantung plastik untuk kemudian dapat didistribusikan bagi mereka yang membutuhkan terutama masyarakat di sekitar kampus Dasan Cermen dan Abian Tubuh. Beberapa bagian di antaranya dimasak oleh ibu-ibu di Direktorat dan dinikmati oleh para petugas pemotong, staf dosen dan mahasiswa pada saat makan siang.  Kegiatan ini menurut Pudir III (H Cembun) merupakan bentuk kebersamaan antara civitas akademika Poltekkes Mataram dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitarnya. Mudah-mudahan amalan bagi yang berqurban senantiasa mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT sebagaimana yang telah Allah janjikan dan dapat diterima seluruh amalan shaleh kita yang lainnya. Amiinn…. (SW)

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar