Home / Berita / Pembukaan PKKMB 2020

Pembukaan PKKMB 2020

 

pejabatPagi ini tepatnya Hari Senin, 10 Agustus 2020 Institusi pendidikan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Mataram menyelenggarakan kegiatan pembukaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun Akademik 2020/2021 yang diselenggarakan di Kampus A Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram. Berbeda sebagaimana PKKMB di tahun-tahun sebelumnya bahwa pelaksanaan PKKMB tahun ini dilaksanakan dalam jaringan (daring). Hal ini dilakukan dengan pertimbangan bahwa situasi pandemik hingga saat ini belum dinyatakan berakhir. 

panitia2Hal serupa terjadi pula di hampir semua negara lain di dunia di mana World Health Organization (WHO) telah menetapkan Covid-19 sebagai Public Health Emergency of Intemational Concern (PHEIC) atau kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia pada tanggal 11 Maret 2020.  Pemerintah Indonesia juga telah mengeluarkan Keppres Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana non alam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional pada tanggal 13 April 2020. Status keadaan darurat bencana nasional tetap berlaku selama penyebaran virus ini masih menimbulkan korban jiwa, kerugian harta benda, meluasnya cakupan terdampak yang berimplikasi pada aspek sosial-ekonomi.

panitia1Menyikapi situasi tersebut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI mengeluarkan kebijakan yang  mewajibkan agar pembelajaran di perguruan tinggi pada semua zona dilaksanakan secara daring hingga ada kebijakan lebih lanjut. Oleh karena itu hal-hal yang terkait dengan proses pembelajaran tak terkecuali PKKMB di Poltekkes Kemenkes Mataram (Polkesram) harus dilaksanakan secara daring.

pesertaPKKMB harus menjadi ajang penyadaran akan pentingnya pemahaman tentang globalisasi dan revolusi industri 4.0 yang menuntut mahasiswa untuk menjadi orang-orang yang menghayati dan memiliki literasi data, literasi teknologi, dan literasi kemanusiaan serta kesiapan untuk penguasaan kompetensi yang diperlukan di abad 21. Kompetensi-kompetensi itu antara lain kemampuan berpikir nalar kreatif dan kritis, problem solver, terampil berkomunikasi, berkolaborasi, memahami bidang kerja dan pengembangan karirnya serta pentingnya belajar sepanjang hayat.

aripPKKMB Polkesram tahun 2020 ini berlangsung selama 4 (empat) hari dimulai tanggal 10 sd. 13 Agustus 2020. Adapun tema PKKMB tahun 2020 ini adalah “Mewujudkan Mahasiswa Berkarakter dan Mandiri”. Acara pembukaan PKKMB Poltekkes Kemenkes Mataram dipusatkan di Auditorium Polkesram Lantai 2 dimulai pukul 08.00 WITA dengan dihadiri oleh panitia serta beberapa perwakilan peserta PKKMB yang berdomisili di Mataram dan sekitarnya dengan menggunakan aplikasi Zoom meeting yang dilanggan Poltekkes Kemenkes Mataram.

mcSetelah dibuka oleh pembawa acara (Hj. Yudi Widiastuti, SST), dilanjutkan dengan mendengarkan Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya” dan Mars Poltekkes Mataram, serta pembacaan doa yang dipimpin oleh H. Moh. Arip, SKp, M.Kes maka sambutan pertama disampaikan oleh Wadir III Bidang Kemahasiswaan (H. Cembun A.Per.Pen, MPH) berupa laporan Ketua Panitia PKKMB 2020/2021.

cembunDalam laporan singkatnya wakil direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini menyebutkan bahwa tujuan diadakannya PKKMB adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus khususnya terkait kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Sedangkan dasar dilaksanakannya kegiatan PKKMB berupa Surat Edaran Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi  Direktorat Jenderal Pembelajaran Dan Kemahasiswaan  tentang Panduan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tanggal 18 Juni 2020 dan Keputusan Kepala BPPSDM  Kesehatan Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan No. HK.02.03/III/4138/2020 tentang Pedoman Pengenalan Kehidupan Kampus bagi mahasiswa Baru pada Poltekkes Kemenkes RI Tanggal 6 Juli 2020

mhs1Peserta yang mengikuti kegiatan  PKKM Poltekkes Kemenkes Mataram 2020 baik dari Program Studi Diploma-III dan Diploma-IV adalah sebanyak 742 orang. Perincian peserta PKKMB dimaksud terdiri dari Jurusan Keperawatan Mataram (D3 sebanyak 95 orang, Sarjana Terapan Program Profesi Keperawatan sebanyak 100 orang, Profesi Ners Mataram 48 orang) sedangkan Prodi D3 Keperawatan Bima sebanyak 51 orang dan sarjana Terapan Keperawatan Bima sebanyak 18 orang. Selanjutnya peserta dari Kebidanan  adalah sebanyak 90 orang,  peserta dari Jurusan Gizi ( D3 sebanyak 52 orang dan Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika sebanyak 95 orang) dan peserta dari Jurusan Analis Kesehatan (D3 TLM sebanyak 71 orang dan Sarjana Terapan TLM sebanyak 122 orang).

mhs2Ditambahkannya bahwa Kegiatan PPKMB merupakan kegiatan yang dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab Poltekkes Kemenkes Mataram sehingga tidak dibenarkan apabila Poltekkes menyerahkan kegiatan sepenuhnya kepada peserta didik senior, tanpa ada proses pembimbingan dan pendampingan yang memadai. Demikian juga panitia tidak diperbolehkan mengembangkan model pengenalan kampus sesuai dengan interpretasi masing-masing sehingga berpotensi terjadinya penyimpangan antara lain aktivitas perpeloncoan oleh senior, kekerasan fisik, dan atau psikis yang dapat menimbulkan kecemasan, kekhawatiran, dan ketakutan bagi mahasiswa baru, orang tua dan masyarakat pada umumnya. Oleh karena itu perlu dukungan dari seluruh pihak yang terlibat di dalam kegiatan PKKMB ini agar pelaksanaannya sesuai aturan yang telah ditetapkan.

indonesia rayaPada kesempatan tersebut dilaporkan Wadir III lulusan S2 FK Universitas Gajah Mada Yogyakarta ini bahwa kegiatan PKKMB diisi dengan ceramah baik dari unsur pimpinan di Direktorat, Jurusan, Prodi, BEM dan HMPS di masing-masing Prodi. Kegiatan lain berupa penelusuran bakat dan minat dari para calon mahasiswa serta, pelatihan untuk penguatan mental calon serta menjaga penampilan menyesuaikan dengan tuntutan performance yang harus dimiliki oleh mahasiswa Poltekkes nantinya.  Kegiatan dimaksud di antaranya Wawasan Kebangsaan (Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika), bela negara, kegiatan akademik di perguruan tinggi, kehidupan baru pasca pandemi, pembinaan Gerakan Nasional Revolusi Mental, kesadaran lingkungan hidup dan kesiagaan bencana di perguruan tinggi serta kegiatan kemahasiswaan dan organisasi mahasiswa. Penyampaian seluruh materi kegiatan dilakukan menggunakan metode daring.

dirAcara selanjutnya sambutan berupa arahan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H Awan Dramawan, S.Pd M.Kes) yang sekaligus berkenan membuka acara PPSM 2020. Dalam arahannya Pak Haji Awan (demikian Beliau biasa disapa..)  mengingatkan bahwa PPSM ini wajib diikuti oleh setiap calon mahasiswa baru sebelum dimulainya perkuliahan karena apabila tidak maka mahasiswa yang bersangkutan tidak akan mendapat sertifikat PKKMB bahkan bisa jadi tidak dapat  diwisuda. Dalam sambutannya Haji Awan yang dipercaya menjadi Direktur di periode kedua ini menyampaikan kepada seluruh peserta PPSM yang hadir dengan menyampaikan ucapan “Selamat bergabung di Poltekkes Kemenkes Mataram”.

perawatDitambahkannya dalam rangka menyiapkan mahasiswa baru melewati proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri, serta mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru di Poltekkes Kemenkes Mataram maka perlu dilakukan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Masa ini dapat dijadikan titik tolak pembinaan idealisme, penguatan rasa cinta tanah air, dan kepedulian terhadap lingkungan, juga dalam rangka menciptakan generasi yang berkarakter religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan berintegritas. Melalui kegiatan PKKMB diharapkan dapat memberikan bekal awal agar mahasiswa kelak akan menjadi alumni perguruan tinggi yang memiliki kedalaman ilmu, keluhuran akhlak, cinta tanah air, dan berdaya saing global.

analisTak lupa Haji Awan mengingatkan agar peserta harus senantiasa bersyukur karena telah terpilih di antaranya banyak calon pendaftar Sipenmaru 2020 di Poltekkes ini. Menurut direktur yang beristrikan bidan ini diingatkan agar seluruh peserta agar tetap menjaga kesehatan dan mengikuti semua proses PKKMB sampai akhir kegiatan nanti  sehingga apa yang menjadi tujuan PKKMB dapat terwujud dalam satu kenyataan.

giziAcara dilanjutkan dengan pemasangan atribut oleh pejabat Direktur Polkesram yang didampingi  oleh Ketua Jurusan  kepada peserta PKKMB yang secara simbolis diwakili oleh 2 peserta setiap jurusan yang selanjutnya diikuti oleh peserta lainnya secara virtual. Dengan telah dikenakannya atribut peserta  PKKMB maka kegiatan bagi calon mahasiswa baru tersebut telah resmi dimulai hingga berakhir 4 hari ke depan yaitu 13 Agustus 2020.

wadir1Seusai pembukaan PKKMB oleh Direktur Poltekkes kemenkes Mataram acara selanjutnya berupa pemaparan materi yang pertama oleh Wadir 1 Bidang Kademik (H. Jubair, SKM, M.Kes.) Penyampaian materi pelaksanaan Praktek Belajar Mengajar (PBM) di Poltekkes Kemenkes Mataram dipandu oleh Nyoman Yuniari, SST dari Jurusan Kebidanan.  Berbagai hal aktual mengemuka dari perkembangan kegiatan di Polkesram menyikapi situasi pandemik saat ini. Wadir yang berasal dari Bima ini menekankan agar mahasiswa harus senantiasa meng-upgrade kemampuan terutama dalam bidang IT mengingat model pembelajaran di semester ganjil ini mengharuskan mahasiswa untuk menggunakan metode virtual atau dalam jaringan (daring). (SW)

zoom peserta

 

2745total visits,2visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar