Beranda / KKN Mahasiswa / Pembukaan KKN ke-VII

Pembukaan KKN ke-VII

chandraDalam rangka persiapan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke VII bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mataram  pada Hari Senin, 17 Februari 2014 diadakan pembukaan KKN yang dipusatkan di Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram. Pembukaan dalam bentuk upacara sederhana tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (Hj. Siti Wathaniah, S.Pd, M.Biomed). Dalam upacara yang tanpa diikuti pengibaran bendera tersebut Ketua Panitia KKN VII (AASP Chandradewi, SKM, M.Kes) menyampaikan beberapa point penting antara lain bahwa kegiatan KKN kali ini merupakan KKN tahun kedua untuk di Wilayah Lingsar (di  8 desa) setelah selama 5 tahun sebelumnya menempati lokasi di Kelurahan Selagalas. Ke delapan desa tersebut adalah Desa Lingsar, Gegelang, Gontoran, Saribaya, Peteluan Indah, Bug Bug, Batu Kumbung dan  Batu Mekar. Jadi kesan dan hasil yang diharapkan dari KKN VI ini harus mampu membangun kepercayaan masyarakatnya mengingat di lokasi tersebut akan dipergunakan selama 5 tahun berturut-turut oleh mahasiswa poltekkes. Mahasiswa yang mengikuti KKN kali ini adalah  sebanyak 436 mahasiswa dengan perincian sejumlah 388 orang yang berada di lokasi Wilayah Puskesmas  Lingsar dan 48 peserta yang lain menempati lokasi di  Kelurahan yaitu Kel Lampe dan Dodu  Kota Bima.

direkt n mhsSelanjutnya Direktur Poltekkes menyampaikan pesan agar para mahasiswa dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta mampu menjaga nama baik almamater. Kesan pertama yang ditinggalkan nantinya bagi angkatan II untuk wilayah Lingsar ini harus baik. Disampaikan pula  oleh Direktur yang berlatar belakang Bidang Ilmu Kebidanan ini agar para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang telah ditunjuk dapat mengarahkan para mahasiswanya untuk bertindak secara profesional sesuai bidang keilmuan dan kompetensi masing-masing. Diperlukan sinergi dan hubungan yang harmonis antara mahasiswa dan DPL agar tujuan dari KKN VI ini dapat tercapai.

yunitaSelanjutnya selama 3 hari ke depan mahasiswa peserta KKN akan melakukan penyusunan rencana kegiatan KKN dalam bentuk Planning of Action (POA) yaitu tanggal 17-19 Februari 2014 di kelas Gizi dan Analis Kesehatan. Sementara kegiatan KKN itu sendiri di lapangan akan dilaksanakan pada tanggal 20 – 27 Februari 2014. Output yang dihasilkan untuk kegiatan Pra KKN ini berupa POA dan  Proposal program unggulan untuk masing-masing desa sesuai permasalahan masing-masing desa.

eka n gunPada kesempatan  kegiatan pra KKN ini juga disisipkan pesan dari Kementerian Kesehatan berupa sosialisasi kepada seluruh mahasiswa dan DPL seputar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) mengingat untuk tema KKN VII ini masih terkait dengan program pemerintah yang dimulai 1 Januari 2014 ini. Tema yang diangkat adalah “Melalui KKN ke VII Poltekkes Kemnkes Mataram kita kawal pelaksanaan Program Jaminjan Kesehatan Nasional (JKN)”.

salamBentuk kegiatan pada pra KKN ini berupa penyampaian materi (sosialisasi) oleh  Bp Abdul Salam, SKM, M.Kes bagi seluruh peserta KKN berdasarkan kelompok desa yaitu 3 desa setiap sesi dan diselenggarakan di auditorium Poltekkes Kemenkes Mataram lantai 2. Pemahaman ini dimaksudkan agar terdapat kesamaan gerak dan langkah dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat di wilayah Lingsar khususnya terkait dengan telah dijalankannya program JKN baik bagi DPL maupun mahasiswa peserta KKN. (SW)

 
 

1 Komentar

  1. VENESIA mengatakan:

    SEMOGA KKN TAHUN INI LANCAR TANPA HAMBATAN ,,AMIN

    Amiinn…admin

 
 

Beri Komentar