Beranda / KKN Mahasiswa / Pelepasan Peserta KKN ke V

Pelepasan Peserta KKN ke V

Pada Hari Senin tanggal 27 Februari 2012 Pukul 08.00-08.45 WITA kemarin sebanyak 193 mahasiswa Politeknik Kesehatan Mataram siap mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kegiatan seremonial berupa upacara  yang dipusatkan di Gedung Direktorat baru tersebut dilepas oleh Pembantu Direktur I Poltekkes (Drs. H. Zulkifli, SKep,M.MKes) mewakili direktur yang saat itu sedang berada di luar daerah (Bandung) mengikuti sebuah acara. Dalam kesempatan tersebut H Zul (demikian beliau biasa disapa) menekankan akan pentingnya salah satu kegiatan tri darma perguruan tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat ini dalam bentuk Kuliah Kerja Nyata.  Selanjutnya dalam laporannya Ketua Panitia KKN yang sekaligus sebagai Ketua Unit Litbangmas Poltekkes (AASP Chandradewi, SKM, M.Kes) menjelaskan bahwa KKN kali ini merupakan kegiatan terakhir atau yang kelima kalinya yang dilakukan mahasiswa di Kel Selagalas oleh karena kegiatan serupa telah dilakukan oleh mahasiswa Poltekkes selama 4 periode berturut-turut. Peserta KKN kali ini terdiri dari mahasiswa dari keempat jurusan yang ada dengan perincian jumlah mahasiswa Jur. Keperawatan sebanyak 52 orang, Jur Kebidanan 48 orang, Jur Gizi 44 orang dan mahasiswa Jurusan Analis sebanyak 49 orang.

 Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pihak Poltekkes bahwa program KKN akan dimulai dari tanggal 27 Februari 2012 sampai dengan 8 Maret 2012 mendatang. Dalam pelaksanaannya kegiatan mahasiswa dibagi menjadi 2 bagian yaitu pertama selama 3 hari (27-29 Februari 2012) berupa kegiatan pra KKN dengan bentuk kegiatan penyusunan Planning of Action (POA) dan perencanaan program-program kegiatan. Kegiatan pembekalan tersebut dipusatkan di kampus B dan diasuh oleh masing-masing Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Yang kedua pelaksanaan KKN yang langsung action atau kegiatan nyata di masyarakat selama 5 hari efektif mulai tanggal 1-8 Maret 2012.

 Program KKN ke V ini sebagaimana  tahun-tahun sebelumnya akan dilaksanakan di 7 Lingkungan yang ada di Kel Selagalas yaitu ;  Lingkungan Nyangget, Jangkuk, Kebon Duren, Selagalas, Selagalas Baru, Bhinneka dan Tegal. Para mahasiswa juga akan melakukan sejumlah program unggulan terkait masalah kesehatan masyarakat lingkungan masing-masing. Selain itu mahasiswa KKN juga akan menyusun program terpadu yang akan digelar di Kantor Lurah Selagalas seperti pemeriksaaan gratis, penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dan penyuluhan kesehatan. Sedangkan untuk masing-masing lingkungan program kegiatan akan disesuaikan dengan POA yang telah disusun mahasiswa seperti program kesehatan untuk lanjut usia (lansia), pemeriksaan kadar HB dan golongan darah, program kesehatan bagi ibu hamil, penyuluhan gizi bagi ibu yang memiliki balita dan menyusui serta Perilaku Bersih dan Sehat (PHBS). Sedikit berbeda dengan kegiatan mahasiswa di tahun sebelumnya mahasiswa KKN ke V ini akan berencana memetakan wilayah dengan program yang dikenal sebagai daerah Pa Kumis (Padat, Kumuh dan Miskin). Kegiatan tersebut akan banyak melibatkan para remaja yang ada di kelurahan setempat.

 Sebelum mahasiswa terjun ke masyarakat maka terlebih dahulu dilakukan Musyawarah Masyarakat Lingkungan (MML)di lingkungan masing-masing  dengan kader, tokoh masyarakat dan tokoh agama dengan tujuan meminta dukungan terhadap kegiatan yang hendak dilakukan serta minta partisipasi/keterlibatan semua masyarakat lingkungan. Semoga kegiatan KKN terakhir (ke V) di Kel. Selagalas ini biaa memberikan dampak yang berarti bagi warga Kel Selagalas khususnya dan bermanfaat bagi  mahasiswa sebagai bentuk kegiatan pembelajaran di masyarakat.

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar