Beranda / KKN Mahasiswa / Pelayanan Kesehatan Gratis

Pelayanan Kesehatan Gratis

Masih dalam rangkaian kegiatan KKN bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mataram, kemarin hari Senin 5 Maret 2012 mulai pukul 08.30 sampai dengan 11.30 WITA bertempat di Kantor Kelurahan Selagalas diadakan pelayanan kepada masyarakat dalam bentuk pengobatan gratis. Kegiatan tersebut disertai pula dengan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan laboratorium bagi yang datang dan memerlukan pelayanan. Kegiatan yang mendapat sambutan cukup antusias dari para warga ini  merupakan salah satu bentuk program nyata dari KKN mahasiswa Poltekkes.  Menurut Ketua Panitia KKN ke V (AASP Chandradewi, SKM, M.Kes) kegiatan ini bertujuan agar dapat membangun kesadaran masyarakat akan arti pentingnya kesehatan. Menurut dosen yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Unit Litbangmas ini mahasiswa melakukan penyuluhan kesehatan, pemeriksaan dan pengobatan gratis dengan sasaran masyarakat umum, lanjut usia, ibu hamil dan balita. Untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan  seorang dokter yang sehari-hari bertugas  sebagai Dosen Jur. Keperawatan (dr. Fachrudi Hanafi, M.Kes) dan dibantu mahasiswa jurusan keperawatan, analis kesehatan dan gizi serta diawasi langsung oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang berasal dari lingkungan masing-masing.

 Kegiatan yang mempergunakan aula Kantor Lurah Selagalas ini meliputi pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, pemeriksaan asam urat, dan cholesterol serta Haemoglobin (HB). Setelah pemeriksaan dilakukan maka barulah dokter memeriksa dan memberikan resep obat kepada masyarakat sesuai penyakit yang dikeluhkannya.  Obat yang tersedia di tempat pelayanan juga diberikan secara cuma-cuma sehingga tidak ada uang sepeserpun yang dikeluarkan dari warga yang datang.  Mahasiswa juga juga membuka konseling bagi masyarakat. Di sini warga dapat mengeluhkan penyakit yang dideritanya sebelum pengobatan dilakukan.

 Masih menurut Bu Chandra pemeriksaan dan pengobatan gratis tersebut dilakukan oleh mahasiswa dari 4 Lingkungan yakni Lingkungan Selagalas Lama, dan Selagalas Baru, Kebon Duren dan Bhinneka. Sedangkan untuk 3 lingkungan lainnya akan dikunjungi oleh mahasiswa yang melakukan KKN di lingkungannya mengingat lokasi 3 lingkungan tersebut cukup jauh jaraknya dengan Kantor Kelurahan Selagalas. Selain di melakukan kegiatan di lingkungan para mahasiswa juga terjun ke sekolah-sekolah yang ada di lingkungan tersebut. Tujuan utamanya adalah melakukan pemeriksaan kesehatan khususnya murid yang terkena cacingan. Apabila ditemukan ada murid yang mengandung cacing dalam faesesnya maka para mahasiswa KKN akan langsung memberikan obat cacing yang memang disediakan secara gratis pula. Materi lain yang diberikan adalah berupa sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada murid-murid sekolah. Bagi para remaja diberikan materi tentang kesehatan reproduksi oleh mahasiswa Jurusan Kebidanan dan materi bahaya narkoba oleh mahasiswa dari Jurusan Keperawatan. Selain metode penyuluhan yang klasikal dipergunakan pula penyuluhan dengan metode pemutaram film yang bertemakan narkoba dan bahaya merokok sehingga proses penyuluhan menjadi lebih hidup dan lebih berwarna.

Lebih jauh dijelaskan ibu 3 orang anak yang berlatar belakang gizi bahwa seusai kegiatan pelayanan gratis dilakukan pula penanaman pohon berupa Tanaman Keluarga (TOGA)  di sekitar halaman Kantor Kelurahan Selagalas.  Sementara itu H Tamaji selaku Lurah Selagalas mengapresiasi berbagai usaha yang telah dilakukan para mahasiswa.  “Kegiatan ini bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, bahkan beberapa pegawai kelurahanpun ikut memeriksakan kesehatannya”, ujarnya sambil tersenyum… (SW)

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar