Beranda / Berita / PELAKSANAAN TRY OUT UJI KOMPETENSI DIPLOMA III KEPERAWATAN INDONESIA DI POLTEKKES MATARAM KEMENKES RI

PELAKSANAAN TRY OUT UJI KOMPETENSI DIPLOMA III KEPERAWATAN INDONESIA DI POLTEKKES MATARAM KEMENKES RI

Ditengah persiapan menghphoto 1adapi Ujian Akhir Program (UAP), mahasiswa Program Studi D-III Keperawatan Poltekkes Mataram Kemenkes RI TK III Semester VI diberikan kesempatan mengikuti Try Out Uji Kompetensi (TO UKOM) Diploma III Keperawatan Indonesia yang diselenggarkan oleh Asosiasi Institusi Pendidikan Vokasi Keperawatan Indonesia (AIPVIKI) periode bulan Mei tahun 2017.

Penyelenggaraan TO UKOM ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 mei 2017 di Auditorium Poltekkes Mataram Kemenkes RI dengan peserta berjumlah 130 yang berasal dari 3 institusi pendidikan keperawatan di Kota Mataram yaitu Poltekkes Mataram sebanyak 91 orang, STIKES Yarsi Mataram sebanyak 22 orang, STIKES Nahdlatul Wathan Mataram sebanyak 17 orang.

Sebelum TO UKOM dilaksanakan, Pengawas Pusat (PP) melakukan briefing kepada Pengawas Lokal (PL) dan photo 2Penanggung Jawab Lokal (PJL) kemudian dilanjutkan briefing kepada peserta TO UKOM termasuk bagi peserta yang terlambat mengikuti briefing sesuai jadwal yang ditentukan. Dalam penjelasannya, Nur Afi Darti, M.Kep yang bertugas selaku PP dari Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara menyampaikan agar seluruh PL senantiasa menjaga ketertiban dan keamanan ruangan tempat mereka bertugas sehingga terhindar dari kecurangan atau kejadian yang tidak diinginkan. “Seluruh peserta TO UKOM kali ini bisa lulus 100%, untuk itu PL harus mengingatkan peserta untuk lebih teliti dalam mengisi lembar jawaban komputer dan menggunakan alat tulis yang tidak palsu”, ungkapnya.

Pelaksanaan TO UKOM kali ini berjalan tertib dan aman sesuai dengan harapan. Selama 180 menit peserta dituntut mampu menjawab 180 soal secara tepat waktu mulai dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WITA. Sebelum pelaksanaan Try out dilakukan, ruangan TO UKOM yang sudah disegel satu hari sebelumnya dibuka bersama disaksikan oleh seluruh peserta dan pengawas. Begitu juga naskah soal yang dibawa langsung oleh PP dibuka photo 3bersama dihadapan PJL, PL dan 2 orang saksi dari mahasiswa. Setiap 1 orang PL bertugas mengawasi 25 orang peserta mulai dari pengecekan kelengkapan administrasi peserta, penempelan nomor peserta sampai dengan pendistribusian naskah soal.

TO UKOM yang diselenggarakan di Poltekkes Mataram ini merupakan Try Out pertama yang diselenggarakan pada tahun 2017.  TO UKOM ini diselenggarakan untuk persiapan mahasiswa lulusan periode 2016/2017 dalam menghadapi uji kompetensi yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2017 mendatang

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar