Home / Kegiatan BEM / MUBES HMJ DAN HIMA KEBIDANAN

MUBES HMJ DAN HIMA KEBIDANAN

 

1Musyawarah Besar (MUBES) HMJ dengan HIMA DIII dan DIV Jurusan Kebidanan Poltekkes Mataram merupakan salah satu kegiatan besar di awal tahun 2021 yang diadakan di penghujung pendemisioneran kepengurusan periode sebelumnya. Acara yang dirangkaikan menjadi satu waktu ini menjadikan agenda kegiatan berlangsung tiga hari lamanya. Tujuannya adalah untuk membahas tata tertib, LPJ, Pendemisioneran Kepengurusan, dan penyusunan program kerja periode selanjutnya.

Di tengah pandemic Covid-19 yang mengancam banyak nyawa seperti saat ini, para panitia melangsungkan kegiatan ini tidak hanya secara langsung di ruangan kampus, namun juga mengahdirkan ruang Zoom secara online untuk menghindari penumpukan tamu undangan di kampus. Oleh sebab itu, MUBES tahun ini tidak menyediakan banyak kursi untuk kehadiran tamu undangan. Walau demikian, acara tetap berjalan meriah dan ramai.

2Tepat pada pukul 08.45, ruangan diramaikan oleh   kedatangan Bapak Direktur, H. Awan Dramawan,S.Pd,.M.Kes yang didampingi oleh Bapak Wadir III, H.Cembun, A.Per.Pen, MPH dan Ketua Jurusan Kebidanan, Ibu Syajaratuddur Faiqah,S.SiT.,M.Kes. Kedatangan beliau juga diiringi oleh para dosen dan instruktur Jurusan Kebidanan.

3Nampak pada kursi shofa yang sudah disediakan, diduduki oleh Bapak Maswan, Ibu Hj.Siti Aisyah, Ibu Imtihatun Najahah,SST.,M.Kes, serta Ibu Dr. Sudarmi,M.Biomed. Selain itu, ruang MUBES juga diwarnai dengan kehadiran Ibu-ibu dosen kebidanan lainnya dan para tamu undangan dari BEM, BLM, Mahadarya, UKMI As-Salaam, serta perwakilan mahasiswa Jurusan Kebidanan Prodi DIII & DIV tingkat I,II,III,dan IV.

MUBES 2021 HMJ-HIMA Jurusan Kebidanan ini dipandu oleh MC Kak Madarina Fildza, seorang mahasiswa Jurusan Kebidanan tingkat akhir. Suara lembutnya membuka acara MUBES dengan lantunan basmalah. Acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan MARS Poltekkes Kemenkes Mataram. Fuji Suci Rahayu memandu seluruh tamu undangan menyanyikan lagu Indonesia Raya agar semakin khidmat.

4MC selanjutnya mempersilahkan Ketua Panitia untuk memberikan sambutan dan pelaporannya. Emi Safitri, selaku ketua panitia acara ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada Direktur, Wadir III, dan para Dosen Kebidanan yang menyempatkan diri untuk hadir dalam acara ini. Ucapan terima kasih selanjutnya disampaikan kepada seluruh panitia dan tamu undangan yang hadir di ruangan maupun di media Zoom.

Tak butuh waktu lama, setelah Ketua panitia menyampaikan sambutannya, MC kemudian mempersilahkan Bapak Direktur memberikan sambutan hangatnya. Seperti biasa, setiap kali menghadiri acara diberbagai kesempatan, Bapak yang biasa disapa bapak Awan ini selalu mengawali sambutannya dengan beberapa pantun yang mengandung decak tawa hadirin musyawarah. Dalam kesempatan ini Bapak Direktur memberikan sanjungan kepada anggota HMJ dan HIMA Prodi DIII & DIV atas kekompakan dan keaktifannya mengadakan berbagai acara atau kegiatan. Sempat juga bapak Awan menyinggung maslaah Adab dan penampilan yang baik untuk seorang bidan. Bidan memang dikenal dengan style yang rapih dan cantik.

5Ruangan menjadi hening dan khitmad saat lantunan doa mulai didengarkan. Pembawa doa juga merupakan seorang mahasiswa Prodi DIII Kebidanan yang masih duduk di tingkat II, yang akrab disapa Wulan. Seluruh tamu undangan mengangkat tangan , menutup mata dan mengaminkan hajat dalam doa-doa tersebut.

Dikarenakan jadwal yang mengikat, Bapak DIrektur tidak dapat berdiam terlalu lama dalam acara ini. Beliau yang didamping Bapak H Cembun pun berpamitan kepada seluruh tamu undangan dan panitia di dalam ruangan. Acara dilanjutkan dengan Break Time untuk memberikan waktu kepada tamu undangan untuk menyantap snack kotak yang sudah dibagikan panitia.

Tibalah saatnya MC utamapun menutup rangkaian pembukaan untuk dilanjutkan ke acara inti. Kak Fildza kemudian menyerahkan waktu kepada Presidium I. Dengan demikian, Sidang Pleno I yang di tunggu-tunggupun dimulai.

6Islawati selaku presidium I mengawali sidang Pleno I dengan kontrak waktu sebelum pembahasan Tata Tertib dimulai. Dari saran dan masukan peserta sidang, maka ketokan 1 kali dari presidium I menetapkan durasi sidang Pleno I adalah 1 x 40 menit yang dimulai sejak pukul  10.30 WITA.

BAB demi BAB, Pasal demi pasal dibahas. Suasana sidang berubah panas saat sanggahan demi sanggahan di lontarkan oleh tamu undangan sidang. Ketokan palu Presidium I pun menambah irama khas dalam suatu persidangan. Tidak ada kerusuhan yang terjadi, namun ramainya interupsi dari tamu undanagn tidak dapat dielakkan.

Waktu kemudian membawa seluruh peserta sidang pada jam ISHOMA. Persiapan pelaksanaan acara memang terlihat rapih, salah satunya yang terlihat dari pengadaan konsumsi untuk peserta dan panitia yang tidak pernah kurang. Waktu ISHOMA berakhir dengan instruksi dari Presidium I.

Perbaikan demi perbaikan. Hingga waktu membawa pada agenda selanjutnya yaitu sidang pleno II dengan pembahasan ADRT HMJ Kebidanan, waktu pembahasan tidak disangka akan selama itu, sejak pukul 14.00 dan berlanjut hingga pukul 18.00 WITA. Akhirnya di penghujung hari, acara ditutup sementara dan dilanjutkan pada esok hari.

7Hari kedua MUBES, jumlah peserta dan tamu undangan tidak berkurang. Bangku tidak pernah kosong. Suasana ruang sidang kembali menegangkan dengan setiap  pembahasan  pasal dalam ADRT tersebut. Nampak pada ruangan sidang, Ibu Fitra Arsy Nur Cory’ah selaku KORDA DIV Kebidanan hadir mendampingi para mahasiswanya, menjadi saksi, dan memberi arahan serta pandangan demi kelancaran acara tersebut.

Waktu terus berputar menuntaskan seluruh agenda pada hari itu. Hingga tepat pukul 12.00, tibalah acara yang paling ditunggu-tunggu. Pengumuman Ketua dan Wakil Ketua Terpilih yang telah dilakukan dengan pemilhan umum raya (PEMILU RAYA) sebelumnya pada tanggal 05 Januari 2020 oleh seluruh mahasiswa Jurusan Kebidanan. Panitia dari divisi Acara, Widya Arizkayanti memberikan kesempatan untuk kedua paslon memperkenalkan diri dan menyampaikan VISI dan MISI mereka. Paslon No.1 adalah Ni Wayan Desi (Calon Ketua) dan Wahyuni Hasanah (Calon wakil ketua) yang berasal dari Tingkat II Prodi DIII Kebidanan. Dengan lantang, mereka menyuarakan VISI dan MISI yang mereka bawa untuk memajukan HMJ Kebidanan kedepannya. Paslon No.2 adalah Elis Fitriani (Calon Ketua) dan Fuji Suci Rahayu (Calon wakil ketua) yang juga berasal dari tingkat II Prodi DIII Kebidanan. VISI dan MISI yang mereka bacakanpun tidak kalah menarik dari Paslon No.1.

8Kemudian, suasana menjadi tegang seketika saat Ketua HMJ demisioner, Ketut Ari Wijayanti sudah melebarkan bendera biru khas HMJ Kebidanan di belakang kedua paslon. Keadaan yang menegangkan diiringi juga oleh MARS Mahasiswa. Nampak kedua paslon menunduk dan berdebar-debar dengan hasilnya. Hingga akhirnya bendera tersebut merangkul pasangan calon nomor urut 1 Ni Wayan Desi (Ketua) dan Wahyuni Hasanah (Wakil). Ruangan dipenuhi tangisan haru dari ketua demisioner dan ketua serta wakil ketua terpilih. Sesi foto dan penyerahan secara simbolis kemudian juga disaksikan juga oleh tamu undangan dan seluruh peserta sidang.

9Dengan penuh haru, Ni Wayan Desi dan Wahyuni Hasanah kemudian memberikan sambutan atas kemenangan mereka dalam pemilhan tersebut. Ucapan terima kasih tidak lupa disertakan untuk ketua dan anggota HMJ Kebidanan demisioner atas bimbingan dan amanah dari mereka. Di akhir sambutan Ni Wayan Desi  menyampaikan harapanya untuk HMJ Kebidanan kedepannya untuk dapat lebih maju dari sebelumnya.

Kemudian Presidium I Hidayatul Dahlia, membacakan agenda selanjutnya yaitu Pembentukan TIM Formatur yang terdiri dari Ketua dan Wakil Ketua terpilih, Presidium I, Ketua Demisioner, dan perwakilan mahasiswa. Kemudian terbentuklah juga tanggal pelaksanaan Open Recruitment anggota baru HMJ Kebidanan Periode 2020/2021.

10Dengan dibacakannya hasil Keputusan sidang Pleno IV dan ditutup dengan ketokan palu 3 kali dari presidium I, maka berakhirlah acara MUBES HMJ Kebidanan 2021. Selanjutnya sesi foto bersama semakin melengkapi acara MUBES 2021 tersebut.

Masih di hari yang sama, hari kedua MUBES Jurusan Kebidanan 2021, agenda selanjutnya adalah pelaksanaan MUBES untuk HIMA Prodi DIII & DIV Jurusan Kebidanan. Alur yang sama dengan MUBES HMJ sebelumnya, urutan pertama adalah Sidang Pleno I dengan Presidium I yang bersedia adalah Kak Dinda, mahasiswa Prodi DIV Kebidanan semester akhir. Didampingi juga dengan Kak Desi Liliati sebagai Presidium II serta Baiq Nurmala Wulandari sebagai Presidium III. Di awal sidang, Presidium I mengkontrak waktu 1 x 30 menit sejak pukul 14.30 WITA atas opsi suara terbulat yang di ajukan Presidium I dengan pembahasan Tata Tertib.

Mendapat beberapa perbaikan dan masukan dari tamu undangan, namun tetap berjalan lancar dan kondusif serta tidak mengulur waktu terlalu lama. Akhirnya tepat pukul 15.20 WITA, sidang Pelno I ditutup dengan membacakan hasil Keputusan Sidang Pleno I dan penyerahan palu kepada Presidium II yang terpilih, Ni Luh Putri Ayuningtyas sebagai Presidium I.

Pleno II pun dibuka oleh Presidium I yang di damping oleh Dini Dwi Rahayu sebagai Presidium II dan Kak Aulia Ramdan selaku Presidium III. Pembahasan pada Sidang Pleno II yaitu ADRT HIMA DIII & DIV Jurusan Kebidanan. Dalam perjalanan sidang, nampak tidak terlalu banyak perbaikan yang diajukan oleh peserta dan tamu undangan yang hadir. Hal menegangkan kembali terjadi saat pihak peninjau yang hadir dari BEM mengajukan sanggahan yang tajam. Namun hal tersebut dapat terus ditangkis oleh panitia yang dibantu juga oleh Ibu Fitra Arsy Nur Cory’ah,SST.,M.Keb selaku KORDA DIV Kebidanan.

Setelah pembahasan ADRT, selanjutnya adalah penyampaian Pertanggung jawaban yang dimulai dari BPH HIMA Prodi DIII Kebidanan. Dimulai dari ketua yang menyampaian persentasi keseluruhan pencapaian HIMA Prodi DIII Kebidanan dalam pelaksanaan suluruh program kerjanya. Kemudian dilanjutkan oleh Sekertaris II, Baiq Nurmala Wulandari yang menyampian total keseluruhan surat keluar dan masuk. Kemudian terkahir, Dwita Rahayu selaku bendahara I, menyampaian rincian pemasukan dan pengeluaran dana yang telah digunakan selama satu periode ini.

Giliran CO setiap divisi yang dipersilahkan oleh presidium I untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban mereka. Satu persatu yang diawali dari divisi keagamaan hindu dan islam, divisi pendidikan, divisi minat dan bakat, divisi kesejahteraan mahasiswa dan diakhiri oleh CO divisi bidang Kominfo.

Sidang pelono II ditutup dengan pembacaan hasil Keputusan Sidang Pleno II dan ketokan palu oleh Presidium I. Menyita waktu yang cukup lama, waktu Istirahat dan sholat pun menjadi sedikit tertunda. Presidium I akhirnya memberikan kontrak waktu 1 kali 30 menit.

11Peserta dan tamu undangan kembali ke ruangan sidang tepat pukul 17.00 WITA untuk melanjutkan agenda selanjutnya, yaitu Sidang Pleno III yaitu sidang komisi dengan waktu yang di kontrak 20 menit. Setiap peserta dan tamu undangan yang datang dibagi menjadi 5 kelompok yang akan membahas program kerja per-divisi

dalam HIMA Prodi DIII & DIV Kebidanan. diskusi berlangsung hangat dan aktif. Setiap peserta ikut andil dalam penetapan,  penambahan, maupun pengurangan program kerja dalam HIMA DIII Kebidanan.

Dengan berakhirnya waktu diskusi, presidium I kemudian mempersilahkan satu per satu perwakilan setiap divisi untuk menyampaikan hasil diskusi mereka. Mulai dari, divisi keagamaan Hindu dan Islam dilanjutkan dengan divisi pendidikan, divisi minat dan bakat, kemudian diteruskan oleh divisi kesejahteraan mahasisiwa dan bidang kominfo.  Tidak lepas dari kritisnya peninjau BEM yang hadir, beberapa saran dan sanggahanpun diajukan namun masih dapat ditangkis oleh pengurus HIMA Prodi DIII Kebidanan yang hadir di ruangan.

Seusai penyampaian pertanggung jawaban oleh pengurus HIMA Prodi DIII Kebidanan, penyampaian dilanjutkan oleh pengurus HIMA DIV Kebidanan dengan teknik yang sama. Mendapat beberapa pertanyaan dan sanggahan dari peninjau BEM tidak membuat acar menjadi buntu. Karena semuanya masih dapat diatasi oleh pengurus HIMA Prodi DIV itu sendiri.

Diakhir penyampaian pertanggung jawaban, waktu diambil alih oleh presidium I untuk membacakan hasil sidang komisi yang disahkan di hadapan seluruh tamu dan peninjau.

Dikarenakan waktu sidang yang larut hingga penghujung hari, sementara suasana sidang tidak kondusif dari pandemic yang melanda, akhirnya MUBES HIMA 2021 diskorsing waktu sementara dan akan dilanjutkan esok hari.

Hari ketiga MUBES HMJ & HIMA 2020/2021 bertepatan pada hari sabtu yaitu hari libur. Oleh sebab itu, tamu undangan yang hadir langsung di ruang sidang mulai berkurang. Namun hal terseut tidak menjadi alasan pelaksanaan MUBES harus dihentikan. Pukul 09.00 WITA, presidium tetap telah berada ditempatnya. Begitu juga peserta dan peninjau dari BEM sudah hadir dan menempati kursi sofa yang sudah disediakan.

Melanjutkan agenda sebelumnya, hari ini Presidium I membuka sidang Pleno IV dengan pembahasan pemilihan ketua dan wakil ketua HIMA Prodi DIII & DIV Jurusan Kebidanan. Sama seperti sebelumnya, HIMA Prodi juga melaksanakan pemilihan umum raya untuk seleuruh mahasiswa Prodi DIII & DIV Jurusan Kebidanan yang telah dilaksanakan pada tanggal 05 Januari 2021.

Hasil dari PEMIRA tersebut kemudian dibacakan hari ini, tanggal 09 Januari 2021. Setelah Presidium I mempersilahkan kedua pasangan calon maju di depan seluruh tamu undangan, kemudian paslon HIMA DIII Kebidanan dipersilahkan untuk memperkenalkan diri dan membacakan VISI dan MISI mereka. Pasangan Calon No. 1 adalah Emi Safitri (Calon Ketua) dan Avia Desvathi (Calon Wakil Ketua). Dengan suara sedikit gemetar, Emi Safitri membacakan VISI dan MISI mereka berdua. Sementara Pasangan Calon No.2 adalah Baiq Nurmala Wulandari (calon ketua) yang menggandeng Winda Safitri (Calon wakil ketua). VISI dan MISI yang tidak jauh berbeda dari paslon sebelumnya yang sama-sama menginginkan HIMA Prodi DIII Kebidanan periode selanjutnya lebih maju dari sebelumnya. Kedua paslon kini sedang duduk di tingkat II.

12Kedua paslon nampak menunduk sedikit gemetar dengan susanan yang menegangkan tersebut.  Sesekali menebar senyum ke arah tamu undangan yang hadir, namun tidak dapat menutupi raut wajah yang tegang. Suasana menegangkan ini semakin lengkap dengan iringan music MARS mahasiswa. Sedangkan, ketua HIMA Prodi DIII Kebidanan, Eka Febriani Intasari, telah di up di belakang kedua paslon dengan dua selempang yang bertuliskan Ketua HIMA Prodi DIII Kebidanan dan Wakil Ketua HIMA Prodi DIII Kebidanan.

13Beberapa menit menunggu dan membuat suasa tegang, akhirnya kedua selempang tersebut melingkari tubuh paslon nomor urut 2 dengan persentase 73% lebih unggul dari paslon no 1. Tepukan tangan meriah dan tangis haru dari pasangan calon nomor urut 2 tidak dapat dihindarkan. Kemudian dilakukanlah penyerahan secara simbolis berupa 1 jilid tebal LPJ periode sebelumnya dihadapan seluruh peserta dan tamu undangan.

 Hal yang sama juga terjadi pada kedua pasangan calon HIMA Prodi DIV Kebidanan. pasangan Calon Nomor Urut 1 adalah Widya Wardani dan Nurrahima Seranami. Keduanya dari tingkat IV semester VII. Berasal dari tingkat yang sama, pasangan calon nomor urut 2 adalah Dinda Mega dan Desi Liliati. Selesai perkenalan mereka juga menyampaikan VISI dan MISI yang mereka bawakan untuk memajukan organisasi HIMA Prodi DIV kedepannya.

14Kemenanganpun jatuh pada pasangan nomor urut 2. Dinda Mega dan Desi Liliati dari tingkat IV semester VII Jurusan Kebidanan. Ketua demisionerpun turut memberikan penyerahan simbolis dengan map yang berisikan LPJ periode 2019/2020.

15Kedua Pasangan terpilih kemudian dipersilahkan untuk menyampaikan sambutannya. Ketua dan wakil ketua terpilih HIMA DIII Kebidanan, Wulan dan winda memberikan beberapa patah kata atas kemenangan mereka. Tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada pengurus demisioner yang telah banyak membimbing. Kemudian di akhir sambutannya, ia melontarkan suara lantang “HIDUP MAHASISIWA” untuk mebangkitkan semangat mahasiswa pada seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir.

Dinda mega dan Desi Liliati sebagai ketua dan wakil ketua terilih HIMA Prodi DIV Kebidanan turut memberikan sambutan atas amanah yang mereka pikul saat ini. Di akhir sambutannya, Dinda mega menyatakan akan tetap membutuhkan kekompakan antar anggota dan pengurus dalam mengelola organisasinya.

Kemudian presidium mebawa seluruh peserta dan tamu undangan pada agenda selanjutnya yaitu pemilihan TIM Formatur yang terdiri dari Ketua dan wakil ketua terpilih, Ketua demisioner, Presidium I tetap dan perwakilan mahasiswa. Selain itu, ditetapkan juga tanggal Open Recruitment bagi HIMA Prodi DIII Kebidanan. Sedangkan, untuk pengurus HIMA Prodi DIV Kebidanan tidak akan melaksanakan Open Recruitment kembali.

16Ketika seluruh rangkaian Sidang Pleno IV telah terselenggara semua, maka Presidium I akhirnya membacakan hasil keputusan sidang Pleno IV serta mengesahkannya di hadapan seluruh tamu udangan dan peserta sidang yang hadir. Sekaligus dengan itu, Presidium I, Putri menutup MUBES HMJ dan HIMA DIII & DIV Jurusan Kebidanan ini. Di akhir acara, tidak pernah terlewatkan sesi foto bersama seluruh pengurus HMJ HIMA jurusan Kebidanan dengan tamu undangan dan pihak peninjau BEM yang setia hadir tiga hari terus menerus. (Wulan)

1669total visits,4visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar