Home / Kegiatan Jurusan / LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK)

LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN (LDK)

 

LDK 1Poltekkes Kemenkes Mataram kembali mengadakan kegiatan tahunan yakni Latihan Dasar Kepemimpinan. Kegiatan yang mengasah kemampuan leadership mahasiswa ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 7 Desember 2019 di Aula Lantai II Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram. Tema dari kegiatan ini adalah “Membentuk Kepemimpinan dii Era Revolusi 4.0 yang Expert, Inovatif, dan Entrepreneur”  dan diikuti oleh perwakilan organisasi mahasiswa seperti Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan(HMJ), Himpunan Mahasiswa Program Studi D3 dan D4 Jurusan Kebidanan, Jurusan Keperawatan, Jurusan Analis Kesehatan dan Jurusan Gizi.

narsum 1Hadir sebagai narasumber antara laini Bapak Rinjana Kurniawan, S.Sos.,CCL (Motivator), dari TNI sebanyak  2 (dua) orang yaitu Bapak Edi Siswanto, A.Md.Kep (Bela Negara) dan Bapak Suraji A.Md.Kep (Disiplin Organisasi) serta 5 orang dari Alumni organisasi kemahasiswaan (BEM, HMJ Kebidanan, HMJ Keperawatan, HMJ Analis Kesehatan dan HMJ Gizi) yang menyampaikan testimoni tentang organisasi kemahasiswaan. Acara diawali pembukaan oleh MC,  pembacaan doa yang kemudian dilanjutkan laporan  Ketua Panitia (Fitra Arsy Nur Cory’ah, SST.,M.Keb) . Dalam laporan singkatnya dosen Jurusan Kebidanan ini mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja sama  seluruh Panitia Penyelenggara LDK, para narasumber yang telah hadir serta seluruh peserta kegiatan LDK dari organisasi mahasiswa baik BEM, HMJ dan HIMA.  Jumlah peserta LDK ditambah dengan panitia yaitu sebanyak 75 orang. Selanjutnya tujuan dari kegiatan pelaksanaan LDK ini adalah sebagai sarana yang efektif di dalam membentuk mahasiswa yang berkarakter, mampu memiliki peran untuk melakukan pembinaan mental dan spiritual, pengembangan soft skill,  berwatak kreatif dan inovatif serta berjiwa entrepreneur

TariKegiatan LDK diharapkan dapat berguna dalam membuka wawasan mahasiswa dan merubah mindset terhadap pengelolaan organisasi-organisasi kemahasiswaan menjadi lebih profesional yang muaranya akan bermanfaat terutama bagi masyarakat terutama saat memasuki  dunia kerja. Acara selanjutnya berupa arahan Wakil Direktur III (H. Cembun, A.Per.Pen.,MPH ) yan mewakili Direktur sekaligus membuka acara kegiatan LDK. Seusai arahan direktur  dilanjutkan dengan acara hiburan berupa tari persembahan oleh mahasiswa Jurusan Kebidana dan dilanjutkan dengan Tari Kontemporer .

narsum 1 hadiahAcara penyampaian materi diawali oleh pembicara pertama  yakni Bapak Rinjana Kurniawan. Beiau merupakan seorang motivator traineer, energizer communication, dan genuine service. Narasumber pertama ini menyampaikan materi tentang cara mencetak pemimpin yang handal dan bagaimana cara memiliki kemampuan leadership power dalam diri sendiri. Berbagai contoh menarik disampaikan oleh founder Compass Training Academy atau kerap disapa Kak Wawan ini . Di sela  sela materi diselingi dengan kegiatan menyanyi bersama yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi lagi mengenai pembentukan karakter kepemimpinan seperti inisiatif, valued, Integritas, Ecology dan Original. Seorang leader mesti berani memberikan pujian atau sanjungan kepada sesama manusia tanpa ragu, menjaga hubungan dan memberi support kepada sesamanya serta berani mengakui kelebihan orang lain. We were all born as leader. Our leadership blood was legalized by God Himself.

narsum 23Menutup sesi pemateri pertama dengan pemberian sertifikat kepada pembicara dan foto bersama wakil direktur, panitia dosen, para pembicara dan  seluruh peserta. Selanjutnya pemberian materi kedua oleh bapak Edi Siswanto , A. Md. Kep, mengenai bela negara dan pentingnya sebagai mahasiswa untuk melakukan bela negara. Satu rangkaian dengan materi bela negara dilanjutkan dengan pemberian materi ketiga oleh Bapak Suraji A. Md. Kep, mengenai kedisiplinan dalam berorganisasi sebagai mahasiswa yang terorganisir dan dalam berorganisasi dengan tetap menunjukkan sikap yang baik dalam berorganisasi. Berbagai pertanyaan mengemuka dari para peserta yang mengikuti sesi tanya-jawab. Di antaranya mengenai bagaimana peran mahasiswa dalam melakukan bela negara terkait dalam menyampaikan aspirasinya, bagaimana cara dalam menyampaikan penjelasan kepada atasan mengenai perkembangan suatu kegiatan dalam  berorganisasi dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Acara dari pemateri dari TNI diakhiri dengan pemberian sertifikat kepada para pembicara oleh Wakil Direktur III (H. Cembun, A.Per.Pen.,MPH).

cembun dkkSeusai materi dari narasumber TNI  acarapun dilanjutkan dengan penyampaian tentang testimoni alumni tentang organisasi mahasiswa oleh Alumni (Nashoihul Ibad). Testimoni kedua dari Alumni HMJ Kebidanan yaitu Regita Cahya Utami. Testimoni alumni yang ketiga oleh Ilham Suryadinata (Jurusan Keperawatan), testimoni alumni keempat oleh Rifky Khalidi Asyhaer dan testimoni kelima oleh Ika Purnama (Jurusan Gizi). Sebagai penutup Bapak Wadir III menyimpulkan point-point penting dari materi yang telah disampaikan oleh seluruh narasumber mengenai pentingnya kegiatan berorganisasi bagi mahasiswa sebagai calon-calon pemimpin masa depan dan agar dapat bertukar pikiran serta pengalaman dari narasumber yang ahli dalam bidangnya masing-masing. SW (Seperti dituturkan: Luh Putu Jessica.R.F.D)

129total visits,15visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar