Beranda / Berita / Kunjungan Poltekkes Semarang

Kunjungan Poltekkes Semarang

pejabatDi sela-sela rencana kegiatan Capacity Building yang diselenggarakan oleh pejabat di Direktorat Poltekkes Kemenkes Semarang di Pulau Lombok beberapa rombongan menyempatkan diri berkunjung ke Poltekkes Kemenkes Mataram. Kampus yang terletak di Dasan Cermen ini mendapat kunjungan sebanyak 28 orang. Kegiatan silaturahmi yang berlangsung di Hari Jumat 19 Mei 2017 ini bertempat di Auditorium Poltekkes kemenkes Mataram lantai II dan berlangsung mulai pukul 09.00 WITA dan berakhir pukul 11.30 WITA.

Staf lakiTampak hadir dalam ramah tamah tersebut selain dari tamu rombongan di antaranya Direktur Poltekkes Mataram, seluruh Pudir, Kajur, Sekjur, Kaprodi, Sek Prodi, Ka. Unit, para Ka. Urusan di lingkungan Poltekkes Mataram serta staf yang berada di Direktorat. Sedangkan rombongan yang datang dari Semarang sebanyak 28 orang yang terdiri dari Pudir I dan III, beberapa Ka Unit, Ka Urusan dan karyawan di lingkungan Poltekkes Semarang.

gandrungPra acara dimulai dengan ditampilkannya persembahan Tari Gandrung Sasak. Tarian selamat datang yang dipersembahkan oleh 2 orang penari yang berasal dari mahasiswa Jurusan Kebidanan ini ditarikan dengan apik sehingga mendapat sambutan cukup hangat dari undangan yang hadir. Dengan lemah gemulai kedua penari mengikuti irama gamelan yang sangat rancak khas adat Sasak.

Pudir I SmgSetelah dibuka oleh MC acara diawali dengan pembacaan doa oleh H. Moh Arip, SKP, M.Kes. Dengan khusuk hadirin meng-Amin-i doa yang dipimpin dosen dengan latar belakang keperawatan tersebut. Selanjutnya sambutan dari ketua robongan Poltekkes Semarang yang disampaikan oleh Pembantu Direktur I Bidang Akademik (DR. drg. Supriyana, M.Pd). Menurut Pudir yang berlatar belakang dokter gigi tersebut sedianya pimpinan rombongan adalah  Direktur Poltekkes Semarang namun mengingat pada saat yang sama Beliau menghadiri pelantikan Kasubag Adum dan Adak di Kantor PPSDMK Jakarta maka ketua rombongan diwakilkan kepada Pudir I. Kesempatan ini sekaligus dipergunakan oleh Pudir yang membawahi bidang akademik ini untuk memperkenalkan masing-masing anggota rombongan yang dibawanya.

undanganSebagaimana shedule yang telah disusun, jadwal kedatangan rombongan dibagi menjadi 2 tahap (kloter). Untuk tahap pertama datang rombongan sebanyak 28 orang yang saat ini sedang mengikuti silaturahmi dan untuk kedatangan tahap kedua berjumlah 65 orang yang akan datang sehari setelah rombongan pertama tiba. Tujuan dari kedatangan rombongan di Poltekkes Mataram tentu saja adalah  untuk lebih menjalin kerja sama antara kedua belah pihak terutama dalam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi khususnya tentang penelitian dan publikasi ilmiah sebagaimana yang telah tertuang dalam Memorandum of Understanding (MOU) yang telah ditandatangani oleh pimpinan (direktur) kedua belah pihak beberapa hari yang lalu. “Untuk sharing informasi, kegiatan-kegiatan ilmiah,  maupun pengembangan pendidikan ke depan Poltekkes Kemenkes Semarang siap membantu dan memfasilitasi Poltekkes Mataram untuk bersama-sama menjadikan institusi yang menghasilkan tenaga kesehatan ini menjadi semakin maju dan berkembang di masa yang akan datang “ tambahnya.

DirekturAcara selanjutnya berupa sambutan Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes). Setelah memperkenalkan satu persatu perangkat di Direktorat maupun Jurusan di Lingkungan Poltekkes Kemenkes Mataram Pak Haji Dir (Demikian Beliau akrab disapa…) menyampaiakan profil institusinya secara singkat. Dengan jujur direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini menyampaikan berbagai macam kelebihan maupun kekurangan institusi yang dipimpinnya. Tentu saja apabila dibandingkan dengan Poltekkes Semarang dengan begitu banyaknya fasilitas penunjang serta  banyaknya jumlah jurusan yang tersebar di 5 lokasi berbeda di Jawa Tengah tentu bukan tandingannya. “Namun yang patut dibanggakan dari Poltekkes Kemenkes Mataram, adalah kedisiplinan staf dan karyawan di dalam memenuhi kewajiban jam kerja dengan tetap dilaksanakannya apel pagi maupun apel siang “ lanjutnya.

Undangan 2Ditambahkannya bahwa paling lambat pada tahun 2018 Poltekkes Kemenkes Mataram harus sudah berstatus Badan Layanan Umum (BLU). Banyak keuntungan institusi maupun kesejahteraan karyawannya apabila Poltekkes telah berubah menjadi BLU dengan berbagai kemudahannnya. Dalam hal ini Poltekkes Mataram tentu saja juga  masih harus belajar banyak dari Poltekkes lain termasuk Poltekkes Semarang yang telah terlebih dahulu berstatus BLU. Di akhir sambutannya direktur yang telah menyelesaikan pelatihan Diklatpim tahun lalu di Jakarta ini juga berpesan agar rombongan dari Semarang dapat menikmati wisata di pulau yang berjuluk “Seribu Masjid” ini, dengan panorama yang demikian indah dan mempesona sebagai destinasi wisata baru bagi banyak wisatawan yang menawarkan wisata alam maupun wisata belanja kerajinan khas Pulau Lombok.

LosongSeusai sambutan selamat datang dari Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram, acarapun dilanjutkan dengan penampilan tari yang kedua bertitel “Tari Losong” dari Sumbawa. Tari yang menggambarkan perasaan suka cita dari para gadis-gadis remaja Tana Samawa ini ikut menyambut seluruh rombongan dan ditarikan oleh sebanyak 4 orang mahasiswa dari Jurusan Keperawatan di bawah asuhan Koordinator II (Pak Aan , dkk). Tepukan riuh dan sambutan meriahpun  menggema seusai tarian yang berasal dari seberang Pulau Lombok tersebut.

cinderamataAcara berikutnya berupa pemberian cindera mata dari kedua belah pihak dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama seluruh undangan. Sebelum acara berakhir rombongan diberikan kesempatan ramah tamah dengan civitas akademika Poltekkes Mataram sambil menikmati hidangan yang telah disiapkan berupa makanan khas lombok seperti pelecing, urap dan sebagainya. Semoga jalinan persahabatan kedua institusi senantiasa membawa kemajuan pada pengembangan pendidikan di masa-masa yang akan datang…(SW)

bersama

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar