Beranda / KKN Mahasiswa / Kegiatan Unggulan

Kegiatan Unggulan

 

kelas ibuSebelum menjalankan program-program yang ditawarkan mahasiswa KKN tentu saja diperlukan desiminasi atau sosialisasi program-program dimaksud dalam bentuk Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) atau Penyampaian Rencana Program Tingkat Puskesmas di lokasi KKN mahasiswa. Pada kesempatan ini mahasiswa KKN ke XI menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya KKN kali ini mengingat bahwa Program KKN Poltekkes Mataram tidak mungkin berhasil tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu pada kesempatan musyawarah ini program-program yang telah tertuang dalam Planning of Action (POA)  dapat didukung sepenuhnya oleh pemegang program Puskesmas maupun tokohtokoh masyarakat masyarakat yang dilibatkan.

RegistrasiBerdasarkan usulan kegiatan mahasiswa KKN yang telah disampaikan pada beberapa hari sebelumnya maka pada periode KKN ke XI para mahasiswa di 5 (lima) Kabupaten Kota di Pulau Sumbawa telah mengadakan program unggulan berupa pemeriksaan HB bagi ibu hamil, pemeriksaan Ante Natal Care (ANC), Konseling Gizi, penyuluhan KEK dan Anemia Gizi serta Penyuluhan Manajemen Stress bagi ibu hamil. Kegiatan Program Unggulan yang merupakan “menu wajib” bagi peserta KKN ke XI tersebut bertempat di salah satu Dusun/Desa di wilayah Puskesmas yang menjadi lokasi KKN mahasiswa.

periksa HbSebagai contoh Program Unggulan yang dilaksanakan di salah satu desa Wilayah Puskesmas Utan. Kegiatan dimulai pukul 09.00 WITA sebagaimana undangan yang telah disampaikan sebelumnya kepada ibu hamil. Sasaran sengaja dipilih ibu hamil mengingat begitu banyak masalah yang dihadapi si ibu disamping mempersiapkan diri baginya menjelang kelahiran buah hatinya. Setelah persiapan alat dan bahan yang hendak dipergunakan selanjutnya mahasiswa berkumpul di posko (Kantor desa) untuk selanjutnya bersama- sama menuju lokasi kegiatan. Satu persatu sasaran berdatangan di lokasi dilaksanakannya kegiatan. Setelah melakukan pendaftaran selanjutnya ibu-ibu hamil diperiksa tekanan darah dan pemeriksaan kadar HB-nya. Sasaran yang datang memeriksakan diri begitu antusias melebihi target yang ditetapkan mahasiswa yaitu lebih dari 60 orang. Beberapa ibu tampak ketakutan diambil sebagian darahnya oleh mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan, namun akhirnya dapat diatasi dengan berbagai upaya dan bujukan  yang dilakukan mahasiswa.

Periksa HamilSetelah diketahui status kesehatan ibu hamil sasaran selanjutnya dilakukan pemeriksaan ANC oleh mahasiswa kebidanan. Pemeriksaan dilakukan di ruangan tertutup dan terpisah dengan tempat berkumpulnya ibu-ibu hamil serta didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Konseling giziSetelah pemeriksaan maka selanjutnya diberikan konsultasi gizi dengan diberikan leaflets hasil anamnesa gizi serta penyuluhan anemia dan KEK. Tak ketinggalan bagi mahasiswa Jurusan Keperawatan ikut ambil bagian dengan memberikan penyuluhan tentang PHBS dan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) yang memang menjadi program populer saat ini sebagaimana tema KKN tahun ini yaitu ” Melalui KKN Poltekkes Mataram Kemenkes RI, Kita Dukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).”

Mhs UtanSelain topik di atas ditambahkan pula materi penyuluhan sesuai permasalahan yang dihadapi masyarakatnya. Di antaranya adalah penyuluhan bagi sasaran untuk mendapatkan pelatihan senam bagi ibu hamil oleh Mahasiswa Jurusan Kebidanan. Keterampilan praktis ini penting untuk diberikan agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga dan siap dalam kondisi prima untuk melakukan persalinan pada saatnya tiba. Demikian pula bagi mahasiswa Jurusan Gizi para peserta KKN memberikan penyuluhan dan konseling gizi bagi para lansia, kelompok sasaran dengan kebutuhan khusus serta penyuluhan gizi bagi anak sekolah.

Mhs Utan 2Untuk kegiatan Program Unggulan mahasiswa KKN selain didampingi pembimbing (DPL) masing-masing tentu saja harus tetap berkoordinasi dengan pihak Puskesmas sebagai pembina di wilayah kerjanya. Walaupun kecil (barangkali) namun mudah-mudahan kegiatan KKN ke XI mahasiswa dapat memberikan arti dan manfaat bagi masyarakat khususnya di lokasi dilaksanakannya KKN. (SW/Utan 22012018)

46total visits,3visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar