Beranda / KKN Mahasiswa / Kegiatan di Desa Peteluan Indah

Kegiatan di Desa Peteluan Indah

MMD di Desa Peteluan Indah

bidanDalam rangka mengawali kegiatan KKN ke-VII di Kecamatan Lingsar maka peserta KKN diharuskan melaksanakan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di 8 Desa yang menjadi lokasi KKN, tak terkecuali di Desa Peteluan Indah. Pelaksanaan MMD di Desa ini dilaksanakan sehari lebih cepat yaitu tanggal 19 Februari 2014 dibandingkan penerimaan di Kecamatan yang sedianya baru akan dilaksanakan  keesokan harinya di Kantor Camat Lingsar (20 Feb 2014). Sebanyak 48 mahasiswa, 5 orang DPL  dan para tamu undangan memenuhi undangan Kepala Desa untuk kegiatan tersebut. Di antaranya para Kepala Dusun, Perangkat Desa, Kepala Sekolah SDN 2 Peteluan Indah, kader kesehatan, tokoh agama dan  tokoh masyarakat setempat.

sekdesSambutan pertama  disampaikan oleh Kades Peteluan Indah, yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Desa Peteluan Indah. Pada kesempatan ini disampaikan permohonan maaf karena Bapak Kades (Alwan Jayadi) tidak dapat hadir mengingat pada saat yang sama terdapat kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan dan menyampaikan salam kepada para mahasiswa dan dosen pembimbing. Selanjutnya diungkapkan pula kegembiraan masyarakat dengan akan dilaksanakannya kembali KKN bagi mahasiswa Poltekkes Kemenkes Mataram untuk kali ke II di wilayah Lingsar termasuk peteluan Indah. Walaupun singkat karena hanya 7 hari diharapkan agar program-program yang hendak dijalankan dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat di Peteluan Indah. Apabila menemukan kesulitan maupun kendala di lapangan lanjut pak Sekdes yang masih tampak awet muda ini agar mahasiswa jangan segan–segan untuk berkoordinasi dengan aparat desa setempat.

rosidSelanjutnya dalam laporannya Koordinator Kelompok (Korkel) mahasiswa KKN Desa Peteluan Indah (Muhammad Abdul Rosid) menyampaikan maksud dan tujuan dilaksanakannya KKN kali ini. Menurut mahasiswa semester VII yang berasal dari Jurusan Keperawatan ini Program KKN tidak mungkin berhasil tanpa adanya dukungan dari seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu lanjut Rosid pada kesempatan MMD ini program-program yang telah tertuang dalam Planning of Action (POA) agar dapat didukung sepenuhnya oleh masyarakat.

 

Kegiatan Unggulan

periksa HBBerdasarkan usulan kegiatan mahasiswa KKN yang telah disampaikan pada kegiatan MMD beberapa hari sebelumnya maka pada Hari Sabtu, 22 Februari 2014 diadakan program unggulan berupa pemeriksaan HB bagi ibu hamil, pemeriksaan Ante Natal Care (ANC), Konseling Gizi, penyuluhan KEK dan Anemia Gizi serta Penyuluhan Manjemen Stress bagi ibu hamil. Kegiatan yang merupakan “menu wajib” bagi peserta KKN ke VII khususnya di Peteluan Indah tersebut bertempat di Dusun Menjeli dan Bagek Nunggal, sedangkan kegiatan sore harinya akan dilaksanakan di Dusun Tanak Tepong yang memang memiliki lokasi yang terpisah dari dusun-dusun lainnya.

periksa HB 1Kegiatan dimulai pukul 09.00 WITA sebagaimana undangan yang telah disampaikan sebelumnya kepada ibu hamil. Sasaran sengaja dipilih ibu hamil mengingat begitu banyak masalah yang dihadapi si ibu di samping mempersiapkan diri baginya menjelang kelahiran buah hatinya. Setelah persiapan alat dan bahan yang hendak dipergunakan selanjutnya mahasiswa berkumpul di posko (Kantor desa) untuk selanjutnya bersama- sama menuju lokasi kegiatan. Kelompok dibagi 2 yang terdiri dari para peserta KKN 7 Desa Peteluan Indah. Satu persatu sasaran berdatangan di lokasi dilaksanakannya kegiatan. Setelah melakukan pendaftaran selanjutnya ibu-ibu hamil diperiksa tekanan darah dan pemeriksaan kadar HB-nya. Beberapa ibu tampak ketakutan diambil sebagian darahnya oleh mahasiswa Jurusan Analis Kesehatan, namun akhirnya dapat diatasi dengan berbagai upaya dan bujukan  yang dilakukan mahasiswa.

konselingSetelah diketahui status kesehatan ibu hamil sasaran selanjutnya dilakukan pemeriksaan ANC oleh mahasiswa kebidanan. Pemeriksaan dilakukan di ruangan tertutup dan terpisah dengan tempat berkumpulnya ibu-ibu hamil serta didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Setelah pemeriksaan maka selanjutnya diberikan konsultasi gizi dengan diberikan leaflets hasil anamnesa gizi serta penyuluhan anemia dan KEK.

penyuluhanTak ketinggalan bagi mahsasiwa Jurusan Keperawatan ikut ambil bagian dengan memberikan penyuluhan tentang Manjemen Stress bagi ibu hamil. Topik ini dipilih mengingat berdasarkan Laporan Tahunan Puskesmas 2013 bahwa di wilayah Kecamatan Lingsar tak terkecuali di Desa Peteluan Indah cukup banyak kasus-kasus kejiwaan yang diawali dengan adanya stress. Selain mendapatkan penyuluhan sasaran juga mendapatkan pelatihan senam bagi ibu hamil oleh Mahasiswa Jurusan Kebidanan. Keterampilan praktis ini penting untuk diberikan agar kesehatan ibu hamil tetap terjaga dan siap dalam kondisi prima untuk melakukan persalinan pada saatnya tiba.

penyuluhan 1Berdasarkan data yang diperoleh mahasiswa untuk di Dusun Menjeli didapatkan 9 sasaran ibu hamil dan untuk di Bagek Nunggal sebanyak 14 bumil. Untuk pembimbing (DPL) yang mendampingi para mahasiswa pada kegiatan pagi hari adalah Hj. Suko Asri, S.Kep NS, MM dari Keperawatan, Susilo Wirawan, SKM, MPH dari Jurusan Gizi dan Zaenal Fikri, SKM, M.Sc dari Jurusan Analis Kesehatan. Sedangkan untuk kegiatan sore harinya di Dusun Tanak Tepong pembimbing yang mendampingi mahasiswa adalah Yunita Marliana, SST, M.Kes dari Jurusan Kebidanan dan Suhaema, S.S.iT, MPH dari Jurusan Gizi. Walaupun kecil (barangkali) namun mudah-mudahan kegiatan KKN ke-7 mahasiswa dapat memberikan arti dan manfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Peteluan Indah… (SW)

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar