Home / Kegiatan Jurusan / Hari Gizi Nasional 2020

Hari Gizi Nasional 2020

 

bersamaMenurut arah pembangunan kesehatan di Indonesia saat ini lebih dititikberatkan pada upaya promotif dan preventif yang dinilai dapat memberikan dampak kesehatan yang lebih luas dan lebih efisien dari sisi ekonomi dibandingkan aspek kuratif dan rehabilitatif. Pengembangan sumber daya manusia dalam pembangunan kesehatan yang berkelanjutan mutlak  diperlukan,  yang salah satu komponen utamanya adaIah melalui perbaikan gizi masyarakat khususnya pada remaja. Permasalahan kesehatan dan gizi pada remaja akan mempengaruhi kualitas hidup saat usia produktif dan akan berdampak pada kualitas sumber daya generasi penerus bangsa.

mhs giziIndonesia membutuhkan remaja yang produktif, kreatif, serta kritis demi kemajuan bangsa itu sendiri, dan remaja dapat mencapai produktivitas dan kreativitas yang maksimal serta mempunyai pemikiran yang kritis, apabila mereka dalam kondisi prima. Remaja sehat bukan hanya dilihat dari fisik, tetapi juga kognitif, psikologis, dan sosial. Perkembangan saat remaja, sangat menentukan kualitas hidup seseorang saat dewasa nantinya.

bidanPersoalan remaja tidak dapat diselesaikan oleh bidang kesehatan saja, namun perlu mendapat dukungan dan kontribusidari  lintas program, lintas sektor, organisasi profesi dan semua mitranya. Peringatan HGN tahun 2020 merupakan momentum cukup penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bersama membangun gizi menuju bangsa sehat berprestasi yang antara lain melalui edukasi gizi seimbang dan suplementasi zat gizi mikro pada ibu hamil dan remaja putri. Hal ini dengan harapan dapat lebih mendorong percepatan pencapaian RPJMN tahun 2024 di bidang kesehatan yaitu percepatan penurunan stunting dan wasting.

pengelola poltekUpaya bersama berbagai pemangku kepentingan perlu terus dilakukan sesuai peran dan fungsinya masing-masing dengan mengutamakan komitmen, kampanye, konvergensi program, edukasi, akses pangan bergizi dan monitoring program sehingga sumber daya manusia yang sehat, cerdas dan tangguh yang kita cita-citakan dapat terwujud. Melalui momentum HGN ke-60 tahun 2020 ini diharapkan para pemangku kepentingan, seluruh masyarakat dan unsur pemerintah memiliki komitmen yang tinggi untuk ikut berperan serta bekerja sama dalam meningkatkan perbaikan gizi dan derajat kesehatan melalui tema “Gizi  Optimal Untuk Generasi Milenial”.

benderaBerkaitan berkaitan dengan hal tersebut sekaligus dalam rangkaian kegiatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 60 Hari Jumat, tanggal 27 Januari 2020 hari ini telah dilaksanakan apel bersama di halaman Direktorat Poltekkes Mataram. Upacara bendera di Poltekes Mataram yang dirangkaikan dengan HGN ke 60 tersebut diikdimaksudkan untuk memperkenalkan sekaligus sosialisasi peran ahli gizi dalam menyambut HGN di tingkat Poltekkes Mataram dan di Tingkat Provinsi NTB.

opTampak hadir di lokasi acara Direktur Poltekkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes) dan seluruh civitas akademika  Poltekkes Mataram, Ketua DPD Persagi NTB, Ketua Panitia HGN ke 60, pengurus dan anggota DPC Kab/Kota, perwakilan organisasi Profesi di Prov NTB, ahli gizi dari RSUD Provinsi NTB, RSJ Mutiara Sukma, RSUD Kota Mataram, RSUD Tripat Lombok Barat dan tamu undangan lainnya. Dari Organisasi Profesi yang hadir di antaranya Ketua Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (HAKLI) Prov NTB, Ketua Patelki NTB, Ketua Ikatan Bidan Indosnesia (IBI) NTB dan perwakilan dari Persatuan Perawat Nasional Indoensia (PPNI) Prov NTB

padusKegiatan sengaja dilakukan bertujuan untuk memberikan advokasi dan sosialisasi keberadaan organisasi Persagi baik di tingkat Provinsi maupun Kab/Kota di wilayah Prov. NTB agar lebih dikenal khusunya oleh OP lain dan umumnya bagi seluruh masyarakat di wilayah NTB. Upacara bendera diawali dengan pengibaran bendera Sang Saka merah putih, pembacaan doa, mengheningkan cipta, pembacaan teks Pancasila, UUD 45 dan menyanyikan lagu Mars Poltekkes dan Mars Gizi.

DirekturDalam arahan singkatnya P Haji Dir (demikian Beliau biasa disapa…) mengapresiasi kegiatan yang dikoordinir oleh Jurusan gizi tersebut. Selain itu,  menurut direktur yang berlatar belakang ilmu keperawatan ini, moment kebersamaan ini merupakan awal yang baik untuk melakukan kegiatan serupa terutama bagi profesi lain atau Jurusan yang lain. Senada dengan tema HGN ke 60 tahun ini Direktur yang telah memasuki masa jabatan periode kedua ini menekankan arti pentingnya pembangunan kesehatan yang di masa depan harus sudah dilakukan regenerasi. Saat ini peran itu akan dimiliki oleh generasi milenial (kalangan muda), sehingga gizi yang optimal bagi kelompok umur remaja saat ini menjadi begitu bermakna.

lombaSeusai kegiatan upacara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang lomba dalam menyambut HGN ke 60 di Jurusan Gizi oleh Direktur yang didampingi Ketua Jurusan (I Gde Narda Widiada, STP, M.Si) dan Ibu Kaprodi D4 Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika (Suhaema, S.Si.T, MPH). Lomba lomba yang diselenggarakan di antaranya lomba bola dangdut, lomba lari karung dan juara bagi pendukung (supporter) terheboh… Mengakhiri sesi upacara selanjutnya dilakukan  foto bersama Direktur Poltekkes dengan seluruh peserta upacara.

pitaSetelah upacara berakhir selanjutnya para peserta upacara diarahkan untuk menuju ke Jurusan Gizi guna menyaksikan launching/peresmian kantor sekretariat DPD Persagi Prov NTB yang baru yang berlokasi di salah satu ruangan di Jurusan Gizi. Walaupun acaranya dikemas cukup sederhana namun tampaknya cukup memberikan kesan mendalam karena sesuai dengan yang disampaikan oleh Direktur pada saat apel bahwa bagi Organisasi Profesi (OP) yang lain dipersilakan untuk menggunakan dan menempati sekretariat di Poltekkes Mataram.

staf poltekkesHal ini, tambah direktur yang beristrikan seorang bidan ini justru akan mempermudah para lulusannya (tak terkecuali alumni Poltekkes Mataram)  guna membantu di dalam pengurusan dokumen-dokumen keanggotaan yang keberadaaan dokumen tersebut begitu penting saat ini seperti ; Kartu Tanda Anggota (KTA), Surat Tanda Registrasi (STR), sertifikat Ujian Kompetensi (Ukom), pengurusan SKP seminar dan sebagaianya.

strukturSeusai pemotongan pita yang disaksikan seluruh undangan sebagai tanda diresmikannya kantor baru DPD Persagi Prov NTB, Direktur beserta dengan hadirin meninjau dan melihat-llihat ruangan yang walaupun kecil ukurannya namun tampak asri karena telah didesain oleh Wakil Sekretaris DPD Persagi NTB (M Johansyah, S.Gz, MPH), yang memang memiliki talenta menonjol dengan kreatifitas dan inovasinya untuk mendesain ruangan. Mulai saat ini hingga selanjutnya ke depan segala urusan administrasi yang berkaitan dengan DPD Persagi NTB akan dilayani di sini. DPD Persagi NTB juga telah menempatkan seorang administrator (Umara Nur Rahmi, S.Tr. Gz) yang siap membantu pelayanan bagi anggota Persagi di kantor baru tersebut.  Alumni D4 Gizi Mataram ini siap melayani semua keperluan administrasi bagi anggota DPD Persagi NTB maupun DPC Persagi Kab/Kota di wilayah NTB.

makan bidan 1Setelah cukup beramah tamah di kantor sekretariat baru, selanjutnya Direktur bersama seluruh undangan dipersilakan  menuju ruang Lab Diet untuk menikmati hidangan yang telah disiapkan oleh Jurusan Gizi sebagai tuan rumah kegiatan launching. Sajian lontong sayur beserta dengan lauk pauk yang disajikan cukup menggugah selera walaupun dengan menu praktis dan cukup sederhana.

makan analisBeberapa peserta kembali mengenang tempat ini sebagai tempat praktik diet saat masih menjadi mahasiswa dulu, sementara saat ini datang kembali ke kampus tercinta dengan status telah menjadi seorang alumni dengan karier yang berbeda-beda. Tak lupa untuk mengabadikan peristiwa tersebut foto selfi maupun welfie antar teman maupun lintas angkatan menjadi pilihannya.

makan perawatKegiatan berakhir pukul 09.30 WITA dan sejenak selepas menikmati sarapan pagi para pesertapun kembali pulang ke intitusinya masing-masing untuk melanjutkan aktifitas di hari itu.  Sukses HGN NTB ke 60… Sukses ahli Gizi.. Pinjam istilah Pak Ketua DPD… “SALJU GO UGEMI (Salam Menuju Gizi Optimal untuk Generasi Millenial ).SW

4836total visits,1visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar