Home / KKN Mahasiswa / Pelepasan KKN oleh Gubernur NTB

Pelepasan KKN oleh Gubernur NTB

 

penyerahan panduan KKN TerpaduPoltekkes Kemenkes Mataram mengawali kegiatan di tahun 2019 dengan melaksanakan program tahunannya, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu, yang merupakan salah satu muatan lokal pada kurikulum pembelajaran di Poltekkes Kemenkes Mataram. KKN Terpadu Poltekkes Kemenkes Mataram juga merupakan implementasi salah satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan visi Poltekkes Kemenkes Mataram untuk menjadi penyelenggara terwujudnya tenaga kesehatan yang kompeten, profesional dan berdaya guna di Indonesia. KKN Terpadu 2019

Kegiatan KKN Terpadu tahun ini merupakan kegiatan KKN Terpadu Poltekkes Kemenkes Mataram yang ke XII yang dilaksanakan dengan cakupan wilayah kegiatan paling besar selama ini, yaitu meliputi 10 (sepuluh) Kota/Kabupaten dan 54 (lima puluh empat) Puskesmas di seluruh Provinsi Nusa Tenggara Barat. KKN ini merupakan implementasi Inter Professional Collaboration (IPC) atau keterpaduan antar profesi di Poltekkes Kemenkes Mataram yang memiliki 4 disiplin bidang ilmu (keperawatan, kebidanan, gizi dan analis kesehatan). Sebanyak 582 orang mahasiswa D.III dan D.IV Poltekkes Kemenkes Mataram yang menjadi peserta pada KKN Terpadu kali ini akan secara komprehensif menangani masalah kesehatan penduduk khususnya yang berkaitan dengan tema KKN Poltekkes Kemenkes Mataram tahun ini yaitu “Peningkatan Pelayanan Kesehatan dan Pencegahan Stunting Menuju NTB Gemilang”. 

undanganRangkaian kegiatan KKN Terpadu ini telah dibuka secara resmi oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram, H. Awan Dramawan, S.Pd., M.Kes., pada hari Selasa tanggal 15 Januari 2019 yang sekaligus menjadi awal kegiatan pembekalan mahasiswa KKN Terpadu oleh para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Sebanyak 108 orang DPL terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan pembekalan berlangsung selama tiga hari di mana para peserta KKN Terpadu menyelesaikan pembuatan Planning Of Action (POA) serta merencanakan suatu program unggulan di kelompok masing-masing. Setelah menyelesaikan kegiatan pembekalan, para peserta KKN Terpadu akhirnya pada hari ini dilepas secara resmi di gedung Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram yang bertempat di Dasan Cermen Sandubaya Mataram.

sambutan DirekturPada sambutan Bapak Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram yang akrab dipanggil Pak Haji Awan, beliau menyampaikan bahwa kegiatan KKN ini adalah salah satu upaya Poltekkes Kemenkes Mataram selaku penyelenggara pendidikan kesehatan untuk meningkatkan relevansi penyelenggaraan pendidikan tinggi dengan perkembangan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan sehingga akan memberikan akses positif ke masyarakat terhadap program pendidikan tinggi yang dilaksanakan.

foto bersama Gub NTB dengan sepuluh wakil peserta KKN dari 10 kota_kabSedangkan implikasi yang diharapkan kepada para mahasiswa adalah semakin meningkatnya persepsi yang positif dari mahasiswa tentang relevansi antara kurikulum yang diselenggarakan dalam perkuliahan di dalam kampus dengan realitas kehidupan bermasyarakat, termasuk juga dalam hal penerapan kolaborasi baik yang bersifat antar-profesi maupun yang bersifat interpersonal. Kegiatan pelepasan KKN Terpadu pada hari ini dihadiri sekaligus dilepas secara resmi oleh Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah. Panduan KKN Terpadu Poltekkes Kemenkes Mataram diserahkan secara simbolis oleh Bapak Gubernur didampingi oleh Bapak Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram kepada perwakilan peserta KKN di 10 Kota/Kabupaten.

sambutan Gubernur NTB_Dalam sambutan beliau ketika melepas para peserta KKN, Gubernur NTB yang akrab dipanggil Bang Zul ini menyampaikan pesan penting kepada para peserta agar memanfaatkan kegiatan KKN Terpadu ini sebagai momentum terbaik untuk menimba ilmu pengetahuan karena para peserta akan bertemu langsung dengan masyarakat di luar lingkup kampus. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta KKN untuk bekal ke depannya.

pemukulan gong pelepasan KKN Terpadu oleh Bapak Gubernur NTBKegiatan pelepasan KKN Terpadu ini juga dihadiri oleh tamu undangan dari unsur pimpinan Dinas Kesehatan Provinsi NTB dan seluruh dosen pembimbing lapangan (DPL). Acara berlangsung khidmat namun hangat, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Bapak Gubernur sebagai tanda bahwa para peserta KKN Terpadu telah dilepas “terbang” ke seluruh Provinsi NTB untuk berkarya dengan maksimal sampai akhir periode kegiatan KKN Terpadu yaitu 1 Februari 2019.  Selamat melaksanakan KKN dan semoga sukses kepada putra-putri terbaik Poltekkes Kemenkes Mataram! [unit.pengabmas-admin]

2279total visits,1visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar