Home / Berita / Expo Campus 2019

Expo Campus 2019

 

lenDalam rangka untuk lebih mengenalkan Poltekkes Kemenkes Mataram kepada lingkungan sekitar dan stake holder yang ada maka pada tanggal 13-15 September 2019 di Poltekkes Mataram (Polkesram) diadakan kegiatan pameran pendidikan (Expo Campus) 2019. Selain sebagai media promosi Polkesram, kegiatan yang baru  pertama kali diselenggarakan ini sekaligus sebagai bagian dari rangkaian menjelang Wisuda mahasiswa TA 2018/2019.

undangan2Kegiatan Expo yang diselenggarakan mulai pukul 08.30 WITA hingga sore hari tersebut mengambil tempat di Jurusan Gizi dan Analis Kesehatan. Tampak hadir pada kegiatan ini antara lain Ketua Organisasi Profesi (OP), Direktur RSUD Prov NTB dan RSUD Kota Mataram, Kepala Puskesmas Babakan, Cakranegara dan Mataram,Lurah Dasan Cermen, Abiantubuh dan Babakan dan masyarakat sekitar. Selain itu yang berasal dari Poltekkes Mataram antara lain Direktur, para Wadir (I, II dan III), Ketua Jurusan, Ka. Prodi D III dan D IV Gizi, seluruh mahasiswa serta para undangan yang berasal dari pelajar SMAN di Kota Mataram.

iswariAcara pembukaan diawali dengan pembacaan doa oleh salah seorang dosen Poltekkes Mataram (Hadi Kusuma Atmaja, SST, M.Kes), yang dilanjutkan dengan sambutan berupa laporan dari Ketua Panitia (Iswari Pauzi, SKM, M.Sc). Dalam laporan singkatnya, ketua yang sehari-hari menjabat sebagai Kapus PP dan Penjamu ini melaporkan bahwa tema dari Expo Campus 2019 adalah Polkesram Bangkit. Arti tema menurut pria yang juga dosen di Analis Kesehatan  ini adalah bahwa Poltekkes Mataram siap meningkatkan mutu pendidikan dan siap bersaing dengan perguruan tinggi lain yang ada di seluruh Indonesia.

Hj Adapun tujuan diselenggarakannya Expo yang pertama adalah mensosialisasikan dan mengiinformasikan tentang keberadaan Polkesram kepada masyarakat NTB. Tujuan yang kedua yaitu mensosialisakan hasil penelitian dosen dan mahasiswa dalam bentuk produk maupun jasa layanan yang berguna untuk pembangunan kesehatan sedangkan tujuan yang ketiga adalah mensosialisasikan hasil-hasil pengabmas yang memunjukkan bahwa Polkesram ikut mendukung program pmerintah dalam hal stunting, Penyakit Menular (PM) dan Penyakit tidak menular (PTM) termasuk penyakit degenaratif lainnya

bidanWaktu pelaksanaan Expo menurut Pak Ayik (sapaan akrabnya) adalah tanggal 13-15 September 2019 dengan direncanakan dihadiri, seluruh sivitas akademika, calon wisudawan dan keluarganya, user, stake holder termasuk siswa-siswa SMA di Kota Mataram serta organisasi profesi. “Kegiatan Expo difokuskan pada sosialisasi hasil penelitian dosen dan mahasiswa, pengabmas, SIPENMARU, sosialisasi hasil Tracer Study serta disertai kegiatan tambahan berupa bazar dan aneka hiburan lainnya”, tambahnya

dirSelanjutnya arahan sekaligus pembukaan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram (H. Awan Dramawan, S.Pd, M.Kes). Dalam sambutan singkatnya Direktur yangberlatar belakang Ilmu Keperawatan ini sangat mengapresiasi usaha yang telah dilakukan oleh seluruh panitia, mahasiswa dan dosen Polkesram. Direktur pada kesempatan ini juga menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada para undangan yang telah berkenan hadir. Tak lupa disampaikan pula ucapan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung acara di antaranya dari Organisasi Profesi (OP), seluruh jurusan yang telah berperan aktif menampilkan karya dosen dan mahasiswanya, pihak sponsor dan tak lupa seluruh panitia yang telah bekerja keras mengkoordinir seluruh acara serta pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.

undangan3Menurutnya, upaya yang dilakukan Polkesram dalam bentuk kegiatan Expo ini agar jangan dilihat sebagai pesaing, namun lebih pada mitra dengan perguruan tinggi yang lain dengan tetap mengedepankan perbaikan SDM yang selalu harus ditingkatkan. Masih menurut P Dir (panggilan akrabnya…) Poltekkes telah memiliki 2 orang dosen dengan kualifikasi S3 (Doktor) dan bahkan sebentar lagi akan datang beberapa orang dosen dengan qualifikasi doktor dalam berbagai disiplin ilmu, yang diharapakan mampu memenuhi tuntutan kebutuhan dosen apalagi jika akan membuka Program S2 terapan. Sementara untuk pembukaan prodi baru seperti Promkes juga sedang diproses untuk pengusulannya segera.

potongPada kesempatan ini Direktur yang telah memasuki periode kedua jabatannya tersebut, berkenan membuka secara resmi kegiatan pameran dengan memotong pita sebagai bentuk simbolis dibukanya pameran/Expo Campus 2019 yang didampingi oleh para Wadir, perwakilan OP dan Ketua Jurusan.

stan giziSeusai pemotongan pita, selanjutnya para undangan diperkenankan melihat stand pameran yang telah tersedia di antaranya stand dari ke empat Jurusan, yaitu Jurusan Gizi, Stand Keperawatan, Stand Kebidanan dan Stand Analis Kesehatan dan stand Bazar makanan minuman yang dikelola oleh mahasiswa.

gendangPada kegiatan Expo kali ini juga dimeriahakan adanya acara hiburan berupa kesenian “Gendang Beleq” dari Narmada, kegiatan life music dengan peralatan akustik serta tak ketinggalan music tradisional kecapi dari P Badrun yang mengiringi disela-sela acara. Menurut seniman yang telah beberapa kali tampil di  sejumlah negara karena kecapinya ini, kecapi merupakan musik tradisonal yang harus tetap dilestarikan sebagai warisan kebudayaan yang luhur dari zaman dahulu sebelum alat musik modern banyak dipergunakan saat ini.

badrunAcara pameran dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dan akan ditutup pada tanggal 15 September 2019, sehingga bagi pengunjung yang tidak berkesempatan hadir pada pagi hari masih memungkinkan untuk datang pada sore hari atau di hari lainnya. Walaupun sederhana namun pameran kali ini semoga mencapai tujuan pendidikan sehingga memberikan manfaat yang sebesar-besarnya. SW

1374total visits,5visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar