Home / Kegiatan Jurusan / BIAS Jurusan Kebidanan

BIAS Jurusan Kebidanan

 

mhs bidan panitiaSalah satu even terbesar yang diselenggarakan setiap tahun oleh  Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), Himpunan Mahasiswa Prodi (HIMA) D3 dan D4 Kebidanan Politeknik Kesehatan Mataram, yaitu  kegiatan Bulan Ilmiah dan Aksi Seni (BIAS) 2019 Se Pulau Lombok dengan tema “Knowledge and Arts Today For the Future Culture” . Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu SDM, menumbuhkan rasa solidaritas terhadap sesama bagi  mahasiswa dan masyarakat se-Pulau Lombok, mewadahi minat bakat remaja agar dapat disalurkan dengan baik dan benar, menjadi ajang aktualisasi positif bagi pelajar, dan terutama adalah untuk memperkenalkan kampus Poltekkes Kemenkes Mataram khususnya Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram bagi seluruh masyarakat.

kajur bidan dkkKegiatan BIAS se-Pulau Lombok adalah sebuah pagelaran kreatifitas mahasiswa yang memadukan antara berbagai unsur kesenian dan unsur  pendidikan yang digabungkan dalam sebuah pagelaran yang menghibur. Kegiatan BIAS se Pulau Lombok ini dilaksanakan selama lebih dari 1 bulan mulai  tanggal 10  Juli 2019 hingga 18 Agustus 2019 bertempat di Auditorium Poltekkes Kemenkes Mataram dan Aula Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram.  Panitia Penyelanggara BIAS pada tahun ini diketuai oleh Jihadiatul Qorimah yang merupakan mahasiswa tingkat III Prodi DIV Kebidanan dan merupakan salah satu Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan bidang Minat dan Bakat. Rangkaian acara BIAS Jurusan Kebidanan 2019 se Pulau Lombok  dimulai sejak acara pembukaan yaitu pada tanggal 8 Juli 2019 yang bertempat di Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram.

direkturPembukaan BIAS dihadiri oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram yang sekaligus membuka acara BIAS 2019. Tampak hadir pula  pada acara pembukaan diantaranya Wadir 1, 2, dan 3 Poltekkes Kemenkes Mataram, Ketua Jurusan Kebidanan dann Analis Kesehatan, Ketua program studi D3 dan D4 Kebidanan dan beberapa tamu undangan dari institusi lainnya. Di anataranya Stikes Hamzar Lombok Timur, Universitas Muhammadiyah Mataram, Stikes Mataram,Universitas Nahdatul Wathan, Akbid Bakti Kencana dan Universitas Qomarul Huda, serta seluruh dosen Jurusan Kebidanan, organisasi kemahasiswaan lainnya BEM, HMJ Analis Kesehatan, Gizi, Keperawatan dan seluruh sivitas akademika Poltekkes Kemenkes Mataram.

lomba warnaiRangkaian kegiatan lomba yang diadakan berupa  Lomba Mewarnai untuk kategori A (usia 5-6 tahun) dan Kategori B (usia 7-10 tahun). Selain itu ada pula Lomba olah vokal (perorangan/solo) untuk umum, Lomba Cerdas Cermat untuk seluruh mahasiswi kebidanan se-pulau Lombok dan  Lomba penulisan Essay untuk  kelompok siswa SMA dan mahasiswi se-Pulau Lombok. Selain itu ada pula Lomba Fotografi untuk umum,  Lomba Poster untuk  siswa, mahasiswa, dan umum, dan lomba yang terakhir adalah Lomba dance untuk  umum. Panitia mempromosikan kegatan lomba ke beberapa  institusi dan sekolah-sekolah di pulau Lombok. Selain itu dari bagian humas juga mempromosikan melalui media sosial, sehingga banyak dari kalangan mahasiswa, pelajar dan umum yang berminat untuk mengikuti lomba-lomba tersebut.

peserta lomba mewarnaiLomba yang pertama kali diadakan yaitu lomba mewarnai yang diselenggarakan ada tanggal 13 Juli 2019 dan  bertempat di  Aula Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram.  Lomba mewarnai dimulai dari pukul 08.00 WITA  hingga berakhir  12.00 WITA. Lomba berlangsung sangat seru mengingat rata-rata peserta mempunyai bakat yang luar biasa dalam mewarnai. Pada hari itu tim juripun langsung mengumumkan siapa yang berhak menjadi juara lomba mewarnai.

fitra dkkSelanjutnya pada tanggal 24 Juli 2019, diadakan Lomba Poster yang diselenggarakan di Auditorium Poltekkes Kemenkes Mataram. Kegiatan dimulai dari pukul 08.00 WITA hingga 12.00 WITA dan diikuti oleh 6 orang peserta yaitu 3 peserta yang merupakan perwakilan dari Stikes Mataram, 2 peserta perwakilan  dari Universitas Muhammadiyah Mataram, dan I peserta perwakilan dari Poltekkes Kemenkes Mataram. Pada tanggal 3 Agustus 2019 masih dalam rangkaian BIAS, diadakan Lomba Vocal Solo di Auditorium Poltekkes Kemenkes Mataram. Lomba ini diikuti oleh 16 orang peserta dari perwakilan insitusi dan sekolah dengan perincian 1 orang berasal dari Universitas Mataram, 7 orang dari Poltekkes Mataram, 1 orang dari SMAN 4 Mataram, 1 orang dari alumni SMAN 3 Mataram dan 2 orang dari STIKES Hamzar Lombok Timur. Dalam lomba ini masing-masing peserta menyanyikan satu lagu wajib dan lagu daerah. Lagu wajib yang diharuskan dinyanyikan peserta adalah lagu Indonesia Raya dan Berkibarlah Bendera Negeriku, sedangkan untuk lagu daerah yaitu Poto Tano (Sumbawa), Cua Samanda (Bima), Apuse (Papua), Teganang-Tegining (Lombok),  Bungong Jeumpa (Aceh), Ilir-ilir (Jawa  Barat), dan Losong (Sumbawa). Dari Lomba Vocal Solo tersebut meraih juara 1 yaitu peserta yang berasal dari alumni SMAN 3 Mataram (Puri Chrisanti D), juara 2 dari Poltekkes Mataram (Mariha Zaida Putri) serta juara 3  diraih oleh Yuliati Astuti.

panitia 2Masih dalam rangkaian kegiatan yang sama pada tanggal 5 Agustus 2019, diadakan Lomba Cerdas Cermat di Auditorium Poltekkes Kemenkes Mataram. Lomba  diikuti oleh 12 tim dari perwakilan setiap institusi di antaranya 2 tim dari Stikes Mataram, 1 tim dari Universitas Muhammadiyah, 3 tim dari Stikes Hamzar Lombok Timur, 1 tim dari  FIK UNW Mataram, dan 5 tim dari Poltekkes Kemenkes Mataram. Bagi peserta setiap tim harus melewati 3 babak untuk menjadi juara. Babak pertama adalah babak wajib yang dibagi menjadi 4 group, 1 group terdiri 3 tim, dan tim yang bisa lolos ke babak selanjutnya adalah hanya 4 tim dengan nilai tertinggi. Babak kedua adalah babak lempar, yaitu tim harus menjawab pertanyaan, jika tim tidak bisa menjawab maka akan dilemparkan ke tim yang selanjutnya. Di babak lempar ini, tim yang mendapat nilai tertinggi maju ke babak terakhir. Tim yang lolos ke babak terakhir adalah 3 tim. Babak terakhir yaitu babak final atau babak rebutan. Tim yang lolos ke babak final berhak untuk mendapatkan  juara 1,2, atau 3. Hasil keputusan juri menetapkan bahwa tim yang menang dalam Lomba Cerdas Cermat yakni juara 1 adalah tim yang berasal dari Poltekkes Kemenkes Mataram (Rima Septiani Sukma, dkk). Juara II dari tim Stikes Hamzar Lombok Timur (Surini, dkk). Sedangkan juara III adalah yang berasal dari Poltekkes Kemenkes Mataram (I Gusti Ayu Dewi Purwani, dkk).

aksi peserta PT lainLomba berikutnya adalah lomba fotografi untuk tingkat umum,. Lomba fotografi diikuti oleh 13 peserta, dimana karya akan direpost melalui Instagram HMJ Kebidanan Mataram yaitu @hmjkebidananmtr dari tanggal 21-27 juli 2019. Pengumuman juara diumumkan pada tanggal 20 Agustus 2019. Selanjutnya lomba yang digelar berupa lomba penulisan essay yang diadakan melalui media online dengan tema “Program GenRe dalam meningkatkan kesehatan reproduksi remaja”. Pengiriman karya dikirim melalui email HMJ Kebidanan hmjkebidananmataram@gmail.com sampai batas pengumpulan pada tanggal 27 Juli 2019, dan untuk penetapan juara telah diumumkan juri lomba  pada tanggal 6 Agustus 2019.

dance anakPenutupan BIAS se Pulau Lombok Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Mataram dilaksanakan pada hari Minggu, 18 Agustus 2019 dimana di mulai pada pukul 9:35 WITAa, dengan dihadiri oleh Direktur Politeknik Kesehatan Mataram yaitu H Awan Dramawan S.pd. M.Kes dan unsur pimpinan lainnya.  Tampak hadir pula  Ketua Jurusan Kebidanan (Syajaratuddur Faiqah, S.Si.T.,M.Kes) dan Ketua Jurusan Analis Kesehatan (Zainal Fikri,S.KM.,M.Sc), Koordinator Kemahasiswaan Prodi DIV Kebidanan (Fitra Arsy Nur Cory’ah, SST.,M.Keb) dan Prodi DIII Kebidanan (Yuniari, SST.,Keb), serta  tamu undangan dari institusi lainnya. Di antaranya  dari Universitas Muhammadiah Mataram, Stikes Hamzar Lombok Timur, perwakilan sekolah sekolah baik negeri maupun swasta TK, SMP dan SMU yang juara dalam perlombaan, Dance Community serta perwakilan dari masing-masing organisasi kemahasiswaan BEM, HMJ Analis Kesehatan, Gizi dan Keperawatan. Peserta yang hadir yaitu sebanyak  120 orang dengan panitia BIAS.

Dir dan semuaAcara penutupan dimulai pukul 09.35 WITA yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran pada pukul 09.37 WITA oleh salah seorang mahasiswi D III Kebidanan tingkat I atas nama Rahmawati. Seusai pembacaan Al-Quran acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars Poltekkes Mataram pada pukul 09.47 WITA. Setelah itu disajikan hiburan berupa persembahan tari kreasi dari mahasiswi Jurusan Kebidanan.Pada saat acara penutupan BIAS direktur memberikan arahan sekaligus menutup kegiatan BIAS dengan ketukan sebanyak 3 kali yang kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah bagi para juara dan hiburan berikutnya berupa sajian dance (tari modern) dan persembahan dari negeri layang – layang. Mengakhiri acara  kegiatan BIAS dibacakan doa dan dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Harapan  dari Seluruh Panitia Penyelenggara BIAS se Pulau Lombok 2019 Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram, semoga ditahun 2020 acara BIAS bisa diselenggarakan ditingkat Bali-Nusra. (Ketut Ari Wijayanti). Edited by SW

239total visits,1visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar