Home / Kegiatan Jurusan / Baksos Jurusan Kebidanan 2019

Baksos Jurusan Kebidanan 2019

 

baksos bersamaSebagai salah satu bentuk kepedulian Himpunan Mahasiswa Jurusan  (HMJ) Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mataram terhadap masyarakat sekitar, maka pada hari Minggu, 28 April 2019 seluruh sivitas akademika Jurusan Kebidanan mengadakan acara bakti sosial (Baksos) bertempat di Desa Pesanggrahan, Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan yang berlangsung di desa tersebut merupakan salah program kerja Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan di bidang Kominfo.

praktekKegiatan Baksos ini tak lain memang bertujuan untuk membantu masyarakat sekitar. Baksos tahun ini dikoordinir oleh salah satu Pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan bidang Kominfo  yaitu Ni Luh Putu Jessica Riana Dewi. Tema Baksos kali ini adalah “Melangkah Bersama Mewujudkan Indonesia Sehat”. Kegiatan baksos di antaranya yaitu  pemeriksaan umum, ANC, pemberian obat, PHBS dan trauma healing. Kegiatan pemeriksaan umum, pemberian obat dan ANC diadakan di dalam ruangan Kepala Desa Pesanggrahan, sedangkan untuk PHBS dan trauma healing diadakan di luar ruangan.

periksaPeserta kegiatan pemeriksaan umum dan pemberian obat gratis adalah warga yang berkesempatan hadir pada saat kegiatan dilaksanakan. Jumlah warga berdasarkan data yang menjadi peserta pemeriksaan umum dan pemberian obat adalah sebanyak 125 orang. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh orang tua saja ,melainkan anak-anak dan beberapa Balita. Pemeriksaan umum dikoordinir oleh salah satu dosen tamu di Jurusan Kebidanan yang bekerja di RSUD Lombok Tengah (dr. Wahyu Wirawan Triyono), sedangkan untuk pemberian obat dikoordinir oleh Ibu Fitra Arsy Nur Cory’ah, S.ST,M.Keb bersama-sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kebidanan, HIMA prodi DIII, DIV dan mahasiswa lain di Jurusan Kebidanan. 

pendopoSementara di tempat terpisah peserta pemeriksaan ANC adalah ibu hamil yang ada di Desa Pesanggrahan juga. Peserta ANC hanya sebanyak  3 orang ibu hamil . Pemeriksaan ANC dikoordinir oleh Ibu Nyoman Yuniari, S.ST.Keb dan dilakukan bersama-sama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Kebidanan, HIMA prodi DIII dan DIV serta mahasiswa lain.  Masyarakat begitu antusias dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan baksos. Selain sasaran ibu hamil peserta baksos juga melibatkan anak-anak. Bentuk kegiatan berupa kegiatan PHBS dan Trauma Healing di mana peserta baksos anak-anak yang menjadi peserta kegiatan trauma healing dan PHBS ini yaitu sebanyak  lebih dari 20 anak .

Trauma healing yang dilakukan di luar ruangan ini dirangkaikan dengan kegiatan PHBS membawakan materi  mencuci tangan dan cara menyikat gigi dengan benar . Tujuannya adalah di antaranya agar anak-anak yang ada di desa dapat terhibur dan sekaligus dapat mendapatkan pengalaman yang bermanfaat terutama bagi dirinya sendiri. Yang memberikan materi trauma healing dan PHBS ini adalah perwakilan dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Kebidanan beserta mahasiswa relawan lainnya. Dengan diadakannya acara bakti sosial ini diharapkan dapat membantu dan bermanfaat bagi warga desa lokasi baksos. ”Senyum mereka kiasan kehidupan diri mereka”    (Sumber Rikawati). SW.

631total visits,9visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar