Home / Berita / ALD Prodi Ners

ALD Prodi Ners

 

bersamaSeiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi serta dalam rangka memasuki era 4.0 maka semua perguruan tinggi dituntut untuk berbenah dan bersiap untuk dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai. Guna memenuhi tuntutan dimaksud maka setiap perguruan tinggi harus memiliki status akreditasi yang didapatkan melalui proses visitasi. Bagi perguruan tinggi di bidang kesehatan tak terkecuali Poltekkes Kemenkes Mataram akreditasi dilakukan oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Pergurun Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Oleh karena itu dalam rangka untuk mencapai status akeditasi prodi tersebut maka pada tanggal 8-11 Oktober 2020 telah dilaksanakan Assesment Lapangan Daring (ALD) bagi Program Pendidikan Profesi Ners (P3N) Polkesram yang dilaksanakan secara virtual mengingat situasi pademik Covid19 yang mengharuskan tetap dilakukannya kegiatan sesuai protokol kesehatan dengan sangat ketat.

Tim ITProses akreditasi Pendidikan Profesi Ners dimulai dengan penetapan Tim Akreditasi dan Admin SIMAK pada proses akreditasi 5 (Lima) Program Studi di Lingkungan Politeknik Kesehatan Kemenkes Mataram Tahun 2019, melalui SK Nomor: DP.03.04/I/7677/2019. Selanjutnya berkaitan dengan teknik pelaksanaan proses Akreditasi pada situasi pandemik maka diterbitkan Pedoman Pelaksanaan Assesment  Lapangan Daring di Era Pandemi Covid-19 oleh Perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes), melalui SK Nomor:32/SK/K/2020. Di dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan ALD di Program Pendidikan Profesi Ners (P3N) Polkesram tersebut mau tak mau harus dilengkapi dengan adanya tim IT yang solid dan jaringan internet memadai serta perangkat pendukung yang handal.

unnamedKegiatan ALD bagi Program Pendidikan Profesi Ners (P3N) Polkesram dilaksanakan mulai hari Kamis, tanggal 8 Oktober 2020. Bertindak sebagai assessor LAM-PTKes yang ditugaskan untuk melakukan ALD yaitu Ibu Evi Karota Bukit, SKp.,MNS (Universitas Sumatra Utara), DR. Mundakir, S.Kep, Ns.,M.Kes (Universitas Muhammaddiyah Surabaya) dan DR. Ns. Putri Dafrian, S.Kep.,M.Sc (Stikes Syedza Saintika Padang). Visitasi yang dilakukan terutama difokuskan untuk menilai Borang Standar 3A (Prodi) dan Borang Standar 3B (Direktorat/manajemen).

bertigaPada hari pertama Kamis, 8 Oktober 2020 mulai jam 10.00 WITA dilakukan acara Pembukaan ALD yang dilakukan oleh Direktur Poltekkes Kemenkes Mataram. Dalam sambutan singkatnya H. Awan Dramawan, SPd.,M.Kes, mengharapkan agar proses ALD bagi Program Pendidikan Profesi Ners (P3N) Polkesram ini dapat berjalan dengan lancar dan diharapkan agar mampu mendapatkan nilai maksimal yaitu status Akreditasi A. Sambutan kedua disampaikan oleh assesor yang dalam hal ini diwakili oleh ibu Evi Karota Bukit, SKp.,MNs. Menurutnya momentum ini merupakan agenda Assesment Lapangan Daring (ALD) pertama kali  yang dilakukan di Indonesia dan beliau berharap agar  proses ALD yang akan dilakukan dapat berjalan dengan lancar selama empat hari ke depan.

zoomMasih di agenda kegiatan hari pertama ALD ini, disampaikan Borang 3B yang dalam hal ini dipresentasikan oleh Wakil Direktur Poltekkkes Kemenkes Mataram (H.Jubair, SKM.,M.Kes). Wadir yang berasal dari Bima ini menguraikan secara rinci isi Borang 3B dari standar 1 hingga Standar 7. Seusai pemaparan Borang 3B, maka dilanjutkan dengan presentasi Borang Standar 3A secara lengkap oleh Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners/P3N ( Mas’adah, SKep,Ns., M.Kep) dari standar 1 hingga standar 7 yang disusul kemudian dengan klarifikasi dan tanya jawab dengan assessor. Pada kesempatan ini dilakukan klarifikasi dan penyamaan persepsi oleh assessor serta menggali lebih jauh tentang data dukung setiap standar yang telah diuraikan oleh Ka Prodi Profesi Ners serta disepakati tentang mekanisme assesment di hari ke 2.

Selanjutnya pada hari kedua pelaksanaan Assesment Lapangan Daring (ALD), dilaksanakan mulai pukul 08.00 WITA hingga 17.00 WITA. Untuk memudahkan di dalam pengelolaan kegiatan assesment oleh asesor pada proses ALD di Program Studi Pendidikan Profesi Ners/P3N baik standar 3A maupun 3B dilakukan pengaturan ruangan menjadi 3 tempat. Ruang 1 berisi personel yang bertanggung jawab terhadap isi borang 1, 2 dan 4 dengan Assesor LAM-PTKes ibu Evi Karota Bukit, SKp.,MNS.  Selanjutnya ruang 2 diisi personel yang bertanggung jawab terhadap isi borang standar 3 dan borang standar 6 dengan assessor Dr. Ns. Putri Dafrian, S.Kep., MSc, sedangkan ruang 3 diisi oleh personel yang bertanggung jawab terhadap isi standar  5 dan standar 7 dengan assesor LAM-PTKes DR. Mundakir, S.Kep, Ns.,M.Kes.

WiwinDi hari ketiga pelaksanaan ALD dimulai pukul 08.00 WITA hingga pukul 17.00 WITA. Pada hari ketiga ini assessment terhadap data yang terdapat pada standar 3A maupun 3B dilakukan dengan mekanisme wawancara langsung melalui aplikasi zoom terhadap wahana praktek dan stakeholder yang salah satunya berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi NTB (Laila Faulia, SKM.,MPH). Selanjutnya stakeholder dari wahana praktek adalah Kepala Puskesmas Dasan Agung (Irwansyah SKM.,MM). Menurut Ka. Puskesmas yang juga berlatar belakang Ilmu Keperawatan ini pada intinya mahasiswa telah melakukan kegiatan praktek sesuai dengan prosedur administrasi yang benar dan telah mendapatkan bimbingan praktek secara maksimal. Stakeholder berikutnya adalah dari wahana utama yaitu RSUD Prov NTB yang diwakili oleh Ns. Setiyono, S.Kep dan Ketut Parindra, SST. Dalam paparan singkatnya perawat yang sehari-hari bertugas di RSUD Prov NTB ini menjelaskan tentang kesiapan RSUD Prov NTB dalam memberikan pelayanan untuk mahasiswa profesi praktek khususnya di ruang IGD, kesiapan ruangan praktek dan ruang diskusi bagi mahasiswa profesi Ners yang berpraktek di RSUD prov. NTB. 

Selanjutnya untuk paparan singkat di lahan Keperawatan Komunitas maka dilakukan wawancara dengan pembimbing lapangan (Dedy, S. Kep). Beberapa wahana atau lahan yang telah dan akan dipergunakan di antaranya adalah Rumah Sakit Jiwa Mutira Sukma (Ali Mustofa) dan wahana BSLU (Ayanik). Sedangkan untuk wawancara dengan Organisasi Profesi (OP) diwakili oleh salah seorang pengurus PPNI (Lalu Dodi) dan untuk mahasiswa diwakili oleh Risa Erdian. Di samping menggunakan teknik wawancara, para assesor juga mengamati pelaksanaa ALD di Program Studi Pendidikan Profesi Ners/P3N melalui live streaming video di  Laboratorim Gawat Darurat, Lab. Perawatan Anak, Lab.Komunitas, Lab. Maternitas, ruang belajar, ruang dosen, ruang tenaga kependidikan, ruang perpustakaan, ruang tutorial, ruang pertemuan, ruang BEM serta ruang Alumni.

akreditasi NersPada hari keempat atau hari terakhir yakni Minggu, 11 Oktober 2020 mulai jam 08.00 WITA, diawali dengan pembukaan dari assessor DR. Mundakir, SKep, Ns., M.Kes dan Evi Karota Bukit, SKp.,MNS untuk memberikan hasil assessment lapangan yang telah dilakukan dan sekaligus klarifikasi borang 3A maupun 3B dari telaah hasil assessment selama 3 hari proses Assesment Lapangan Daring (ALD) Program Pendidikan Profesi Ners (P3N).

AfatSelanjutnya diberikan waktu kepada Ketua Program Studi untuk menanggapi hasil telaah Borang Akreditasi 3A dan 3B. Setelah dilakukan klarifikasi pada beberapa poin yang dianggap kurang lengkap dan perlu penjelasan tambahan maka akhirnya dicapai kesepakatan untuk selanjutnya dilakukan tanda tangan Berita Acara Borang Penilaian Standar 3A (Borang Akreditasi Program Pendidikan Ners) dan Berita Acara Borang Standar 3B (Borang Akreditasi Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram). Hasil akhir ALD Program Pendidikan Profesi Ners (P3N) akan disampaikan beberapa waktu ke depan setelah dilakukan rapat majelis di LAM PTKes. Semoga semua yang telah diihtiarkan oleh seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Mataram khususnya di Prodi Profesi Ners akan memberikan hasil maksimal sebagaimana harapan kita bersama. Aamiin YRA.. (doc.by : PP&Penjamu/Afat) SW

2891total visits,4visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar