Home / Kegiatan Jurusan / ALD PRODI D3 Gizi

ALD PRODI D3 Gizi

 

ALD dg mhsSesuai ketentuan regulasi dari Dikti bahwa setiap Program Studi yang berada di sebuah perguruan tinggi harus mendapatkan status akreditasi maka kemarin telah dilaksanakan kegiatan visitasi di Prodi D III Gizi oleh asesor yang berasal dari perkumpulan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

klari direktoratSalah satu tahap dari proses akreditasi ialah melakukan asessment lapangan untuk mendapatkan bukti atau data dukung melalui verifikasi, validasi, klarifikasi data dan informasi yang disajikan. Keseluruhan dokumen tersebut harus termuat dalam dokumen kinerja dan laporan evaluasi diri, serta melakukan penilaian lapangan di program studi yang bersangkutan. Namun sehubungan dengan adanya pandemi COVID-19, maka visitasi dalam rangka asesmen lapangan ke Unit Pengelola Program Studi (UPPS) dan Program Studi (PS) sampai saat ini belum dapat dilakukan. Sementara itu, Perguruan Tinggi sangat menantikan proses dan hasil asesmen akreditasi sebagai bentuk pertanggungjawaban publik di dalam melindungi kepentingan dan hak-hak mahasiswa maupun masyarakat.

yudaBagi perguruan tinggi di bidang kesehatan tak terkecuali Poltekkes Kemenkes Mataram akreditasi dilakukan oleh asesor yang berasal dari LAM-PTKes. Oleh karena itu dalam rangka untuk  mendapatkan kembali status akreditasinya (sebelumnya telah terakrediasi B), maka Prodi D3 Gizi Polkesram melaksanakan re-akreditasi dalam bentuk Assesment Lapangan Daring (ALD). Kegiatan ALD dilakukan secara virtual mengingat situasi pademik Covid19 yang belum sepenuhnya pulih dan berdasarkan protap ALD harus tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. Pelaksanaan Asesmen Lapangan Daring (ALD) tetap mengacu pada Pedoman Asesmen Lapangan sesuai instrumen yang digunakan. Proses wawancara, konfirmasi data dan informasi dilakukan melalui konferensi video serta audio visual.

dirSebagaimana informasi yang telah disampaikan beberapa hari sebelumnya bahwa kegiatan akreditasi dijadwalkan selama 3 hari yaitu pada hari Kamis-Sabtu tanggal 5-7 November 2020. Bertindak sebagai asseor LAM PTKes dalam rangka ALD tersebut adalah sebanyak 2 orang yaitu DR. Ir. Hery Winarsi, MS dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto dan I Rai Ngardita, SKM, M.Kes dari Poltekkes Kemenkes Jayapura. Seluruh kegiatan dilaksanakan secara virtual atau daring yang diawali dengan courtesy call dengan Unit Pengelola (unsur pimpinan di Direktorat) yang dilakukan di Jurusan Gizi. Ikut hadir seluruh unsur pimpinan di Direktorat Poltekkes di antaranya Direktur, para Wadir, Kasubag, Ka Unit dan Ka Urusan. Sedangkan dari Jurusan Gizi semua pengelola, dosen dan karyawan hadir tanpa kecuali.

ALD2Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan pembacaan doa selanjutnya disampaikan sambutan selamat datang dari Direktur dan pengantar dari ketua tim asesor yang dalam hal ini diwakili Asesor I (DR. Ir. Hery Winarsi, MS). Selanjutnya dilakukan presentasi dari PS yang dalam hal ini disampaikan oleh Ka Prodi D III Gizi (Ni Ketut Sri Sulendri, SST, MPH). Materi pemaparan yang menggunakan alokasi 20 menit tersebut lebih spesifik terutama bagi Program Studi D III Gizi saja.  Pemaparan berikutnya adalah dari Unit Pengelola PS  yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Pusat PP dan Penjaminan Mutu (Iswari Pauzi, SKM, M.Sc) serta presentasi Sistem Penjaminan Mutu Internal oleh Koord Unit Penjamu (Ni Putu Karunia Ekayani, SST, M.Kes).

elyKegiatan sesi selanjutnya berupa tanya jawab serta klarifikasi antara asesor dengan PS mupun UPPS. Tanya jawab dibagi menjadi 2 ruangan (room) yaitu untuk Room 1 (pemegang Standar 1-4) dengan assessor I Rai Ngardita, SKM, M.Kes dan Room 2 (pemegang Standar 5-7) dengan assessor  DR. Ir. Hery Winarsi, MS. Demi kelancaran kegiatan ALD ini media daring dalam aplikasi Zoom kendali sepenuhnya dilakukan oleh admin di LAMPT-Kes (Sdr. Adit).

eka 2Pertanyaan maupun klarifikasi yang diajukan oleh asesor tidak hanya dijawab oleh Ka. Prodi melainkan oleh penanggung jawab standar masing-masing baik Borang IIIA (PS) maupun IIIB (UPPS). Di antara pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana implementasi penerapan visi misi, pelaksanaan tata pamong, tata kelola pembiayaan, kepegawaian dan fasilitas yang dimiliki di Prodi D3 Gizi maupun Poltekkes Kemenkes Mataram. Terdapat berbagai masukan tentang Rencana Induk Pengembangan (RIP) baik pada kegiatan penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan sebagainya.

mhsBeberapa data yang tidak sesuai langsung di-cross check dengan dokumen bukti fisik yang tersedia melalui data yang telah tersimpan secara sistematis di aplikasi Google drive. Dalam klarifikasi dokumen dimaksud penanggung jawab standar beserta timnya di dalam menyiapkan dokumen borang juga dibantu oleh mahasiswa serta alumni yang baru melaksanakan kegiatan wisuda beberapa hari lalu. Kerja penanggung jawab standar borang dan timnya sangat terbantu dengan adanya keterlibatan mahasiswa dan alumni terutama di dalam menunjukkan dokumen yang diperlukan (di Google drive dan dokumen fisik).

ITDemikian pula pada saat cek lapangan berupa pengambilan gambar secara langsung (live streaming) para instruktur (di bawah bimbingan Bapak Abdul Salam SKM, M.Kes dan L Khairul Abdi, SKM, M.Kes) di jurusan gizi cukup sigap di dalam men shoot kondisi laboratorium, sarana prasarana yang dimiliki, mulai dari perkantoran, ruang kelas, laboratorium dan sarana prasarana lainnnya secara real time.  Jika masih ditemukan data yang kurang sinkron ataupun data yang tidak lengkap maka asesor memberi kesempatan untuk melengkapi dokumen atau bukti fisik untuk memperbaiki isi borang dan meningkatkan skor penilaian di matriks 6, sebelum dilakukannya penandatanganan berita acara pemeriksaan/visitasi.

hari 2Jadwal berikutnya seusai pemeriksaan bukti fisik dan klarifikasi adalah wawancara tim asesor kepada  dosen D III Gizi, kepada tenaga kependidikan (staf/karyawan), mahasiswa D III Gizi yang dilanjutkan dengan wawancara asesor kepada para alumni dan stake holder. Ditunjuk mewakili alumni di antaranya Muh Johansyah, S.Gz, MPH (Sie Gizi Dikes Prov NTB), Ni Nengah Seri Bagia (Instlasi Gizi RSUD Prov NTB) dan Gita Indah Ramdhani (Puskesmas Tj. Karang). Mewakili stakeholder ditunjuk Luh Suwandeni, SKM dan I Wayan Dharma, SKM (stakeholder Gizi Masyarakat), dan Irna Agustiani, S.Gz, RD, MPH (Stakeholder RS Kota Mataram). Sedangkan untuk pembimbing mahasiswa (CIinical Instructor/CI) ditunjuk Baiq Ery Hartini (Puskesmas Ubung) dan Ni Made Santhiari, SST (RSUD Prov NTB).

klarifikasi2Pada hari ke 3 yaitu Sabtu, 7 November 2020 tim asesor kembali mengklarifikasi hasil assesmen yang dilakukan dan memberikan rekomendasi dari berbagai temuan yang sekiranya dapat diklarifikasi maupun ditambahkan jika masih dirasa kurang. Beberapa unsur penilaian yang sekiranya tidak sesuai dengan maksud yang tertuang dalam berita acara dibahas kembali sampai akhirnya dokumen berita acarapun disepakati dan ditandatangani baik antara asesor dengan Direktur Poltekkes maupun antara asesor dengan Ka. Prodi D III Gizi. Setelah proses klarifikasai dirasa telah cukup akhirnya pada pukul 11.00 WITA dilakukan acara penutupan ALD Prodi D3 Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram. Hasil visitasi akreditasi dalam bentuk berita acara Program Studi (PS) diterima oleh Ka Prodi D III Gizi (Borang III A) dan untuk Unit Pengelola Program Studi (UPPS) diterima Direktur.

tutup 1Hasil akhir ALD Prodi D3 Gizi Poltekkes Kemenkes Mataram akan disampaikan beberapa waktu ke depan setelah dilakukan rapat majelis di tingkat LAM PT Kes. Semoga semua yang telah diusahakan oleh seluruh civitas akademika Poltekkes Kemenkes Mataram khususnya di Prodi D3 Gizi dapat memberikan hasil maksimal (Unggul) sebagaimana harapan kita bersama. Aamiin YRA.. SW

4714total visits,1visits today

 
 

0 Komentar

Anda dapat memberi komentar pertama.

 
 

Beri Komentar